deniswiseAvatar border
TS
deniswise
Konflik Telukjambe, Petani Karawang Alami Teror dan Intimidasi


Jakarta, HanTer - Warga pemilik lahan sengketa di tiga desa Kecamatan Telukjambe Barat Kabupaten Karawang kembali mengalami intimidasi dari puluhan penjaga tanah yang dikerahkan PT Sumber Air Mas Pratama (SAMP)-- anak usaha PT Agung Podomoro Land (APLN). Selain para preman berbaju sekuriti itu, APLN juga mengerahkan anggota ormas kepemudaan.

Belasan warga pemilik tanah yang hendak melakukan aktivitas tanam pohon pisang di lahan miliknya tersebut dihadang oleh puluhan preman sewaan APLN.

"Warga dihadang saat hendak menanam anakan pohon pisang di tahan milik mereka di Jalan Konsorsium, Desa Wanasari, Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang," ujar Karja, salah satu warga pemilik tanah, Selasa (10/3/2015).

Intimidasi para preman bayaran APLN bukan baru kali ini terjadi. Pada saat penanaman sebelumnya pun warga sempat mengalami perlakuan serupa.

Kalah dalam jumlah dan juga tidak ingin bentrok fisik, warga pemilik lahan mengurungkan niat untuk menanam akibat tindakan intimidatif dari centeng sewaan PT SAMP/APLN.

Warga tersebut rencananya akan melakukan aktivitas penanaman lanjutan yang ketujuh kalinya di atas lahan seluas satu hektar. Seperti diberitakan, PT SAMP/APLN telah mencaplok tanah masyarakat seluas 350 Ha di Telukjambe melalui proses hukum yang sarat rekayasa dan konspirasi.

Meski sering mengalami intimidasi, warga menegaskan tidak akan mundur dalam perlawanan terhadap "teroris agraria" Agung Podomoro Land. Alasannya, warga tidak pernah menjual tanah mereka kepada siapa pun.

"Ini hak kami sejak puluhan tahun silam. Kami akan terus memperjuangkan hak atas tanah kami, karena kami tidak pernah menjualnya," tandas Udam Mutakin, salah satu pemilik lahan.

sumber

buset banyak amat sampe 350 ha
0
2K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.7KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.