Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tekunsAvatar border
TS
tekuns
||Be Aware|| Ciri Panggilan Tes Perusahaan Penipu
||Be Aware|| Ciri Panggilan Tes Perusahaan Penipu


Beberapa waktu yang lalu dua teman saya menyampaikan kabar yang sama dimana yang satunya katanya dipanggil tes dan yang satunya adiknya dipanggil tes. Keduanya memang sedang mencari pekerjaan. Kabar yang disampaikan cukup jangkal, dimana yang satu menyampaikan jika dipanggil tes di Kalimantan namun harus segera memesan tiket di agent travel yang sudah di tunjuk dan menyampaian akan diganti setelah sampai disana. Pihak perusahaan menyampaikan bahwa harus segera mengambil keputusan.

Modus yang digunakan oleh yang melakukan penipuan ini adalah sebagai berikut.


1. Memakai nama perusahaan besar, seperti pertamina, PLN, atau Freeport ada juga yang beberapa perusahaan tambang yang di catut. Faktanya perusahaan besar biasanya memiliki recruitment center sendiri secara online misalnya saja pertamina memiliki http://recruitment.pertamina.comdan tidak ada recruitment yang diluar itu. Begitu juga misalnya dengan PLN memiliki web resmi untuk pengumuman tes dan kelulusan http://www.pln.co.id dan misalnya Freeport memiliki http://ptfi.co.id/id/career. ini hanyalah contoh kecil dari web resmi yang dimiliki perusahaan dalam melakukan recruitment. Biasanya mereka melakukan pengumuman langsung di web resminya.

Bagaimana melakukan cek bahwa informasi perusahaan yang di catut tersebut tidak melakukan recruitment? Mereka menggunakan alamat web yang tidak sesuai dengan web resmi diatas. Misalnya dengan pln-indonesia.com atau yang lainnya.

2. Media yang digunakan untuk melakukan operasi ini adalah mereka biasanya melalui email dan sms. Modusnya adalah dengan melakukan email dan sms terkadang juga menggunkan telepon. Untuk yang email, penipu berusaha untuk menyakinkan calon korban dengan email yang sedemikian mirip dengan email asli dari perusahaan. Kalaupun sms juga menggunakan sms yang biasa dilakukan oleh team recruitment.

Bagaimana membedakan email dan sms yang palsu ini? Email yang dikirimkan walaupun kontennya sama persis, namun cek alamat pengirim email tersebut. Biasanya menggunakan pengirimin menggunakan email gratis seperti @gmail.com atau @yahoo.com. kalaupun menggunakan extension yang menggunakan nama mirip perusahaan biasanya tidak sesuai dengan web resminya, misalnya @pln-indonesia.com atau yang lainnya. Cek selalu untuk pengirimnya ya. Sedangkan kalau sms biasanya jarang sekali perusahaan besar untuk melakukan undangan tes. Kalaupun ada, dibagian bawahnya akan ada untuk cek di web resminya misalnya cek status lamaran anda di [url]http://recruitment.pertamina.com.[/url]

3. Telepon langsung, modus ini misalnya dengan melakukan telpon langsung bahwa menyampaikan kalau telah mengirimkan email atau sms dan minta untuk segera di tindaklanjuti. Telepon dilakukan dengan menggunakan telepon misalnya 021 blabla. Tetapi jika di cek di internet ternyata nomor telepon tersebut tidak sama dengan dengan yang resmi.

4. Pola yang dilakukan adalah dengan sms, email atau telepon kalau menyampaikan bahwa anda sebagai salah satu kandidat yang dipanggil untuk tes. Setelah anda merespon, maka mereka akan melakukan aksinya. Biasanya mereka melakukan aksi pada hari jumat sore dan menyampaikan kalau tesnya hari senin. Sehingga kalau anda melakukan croscek ke nomor telepon atau email ke perusahaan yang aslinya lebih lambat direspon karena mereka libur. Penipu menyampaikan alamat untuk tes, bisa juga menggunakan alamat asli tempat tes bisa juga sembarang alamat yang dicantumkan. Oleh karena itu cek di internet alamat resmi dari kantor perusahaan tersebut. Kemudian penipu menyampaikan bahwa, anda akan tes senin dan untuk ke tempat tes, maka penipu menyampaikan kalau dilakukan pembelian tiket pesawat terlebih dahulu terhadap travel agent yang sudah ditunjuk. Padahal ini saya kelompok. Mereka menyampaikan bahwa setelah tes maka akan dilakukan penggantian. Disinilah penipu akan mendapatkan keuntungannya yakni memaksa kandidat untuk membeli tiket, yang padahal tidak dibelikan oleh travel agent tersebut.

Sebagai gambaran memang ada jenis perusahaan yang memberikan pelayanan untuk kandidat tes gratis tiket pesawatnya atau diganti setelah kita membeli. Beberapa kali saya pernah mendapatkan fasilitas ini ketika tes di beberapa perusahan tambang. Namun biasanya mereka menyampaikan ketika menelepon kita bahwa nanti akan ada penggantian tiket, namun yang perlu di garis bawahi adalah tidak mengkhususkan kita membeli di travel agent yang ditunjuknya.

Bagaimana tips agar tidak tertipu dan bisa mengetahui ciri panggilan tes perusahaan penipu ini? Saya akan merangkum untuk menyampaikan ini:

1. Pertama cek perusahaan yang di catut ketika memanggil anda, baik nomor telepon, alamat kantor dan juga web resminya.

2. Cek web resmi recruitment perusahaan ini, karena ada perusahaan yang hanya melakukan recruitment di melalui web resminya karena banyaknya modus penipuan seperti ini.

3. Jika menyampaikan untuk membeli di travel agent tertentu, biasanya ini merupakan modusnya untuk mendapatkan uang dari anda.

4. Jangan sembarangan mengirimkan lamaran anda ke lowongan pekerjaan yang tidak jelas baik di web penyedia layanan lowongan kerja atau di web-web lain.


Bagaimana mereka kok tetap mendapatkan korban selama ini? Mereka menyasar orang yang sedang mencari pekerjaan dan dengan memainkan emosinya misalnya harus cepat-cepat dan sebagainya untuk mengelabuinya. Orang yang sedang mencari pekerjaan dan mendapatkan panggilan kerja pasti senang, orang yang sedang senang inilah yang dia permainkan karena biasanya daya kritisnya berkurang.

Bagaimana mereka mendapatkan nomor atau alamat email? Mereka bisa saja beli di black market yang biasa menjual identitas seseorang. Bahkan konon nomor kartu kredit saja diperdagangkan. Bisa juga mereka mengumpulkan nomor telepon dan email dari lowongan kerja palsu yang mereka posting di web-web tertentu. Oleh karena itu berhati-hatilah.

Update 17/01/2014 Waktu siang hari saya menemukan iklan lowongan kerja yang menipu di iklan baris detik.com penampakannya sebagai berikut.

||Be Aware|| Ciri Panggilan Tes Perusahaan Penipu
||Be Aware|| Ciri Panggilan Tes Perusahaan Penipu


Analisa Pertama, kemungkinan kecil PT. Vale Indonesia mengiklankan lowongannya di iklan baris detik.com, jika akan ada posisi yang lowong kemungkinan di media pengiklan yang mainstream seperti jobstreet.com atau sudah memiliki web resmi untuk recruitmentnya. Setelah saya cek untuk recruitment centernya menggunakan http://jobs.experd.com/valeindonesiaKedua, kemudian perhatikan untuk alamat email yang digunakanan, kemungkinan kecil sekali ini email resmi dari Vale Indonesia menggunakannya karena web resminya bukan seperti yang di tuliskan. Sebagai informasi untuk web resmi yang ada di Indonesia Vale Indonesia menggunakan alamat http://www.vale.com/indonesia dan untuk email resmi recruitmentnya adalah pti_recruiting@vale.com. Ketiga, Alamat telepon yang dicantumkan tidak sesuai dengan nomor telepon resmi dari Vale Indonesia berdasarkan informasi yang saya dapatkan di web resminya. Tetap berhati-hati apabila melamar pekerjaan, teliti terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk datang ke perusahaan yang memanggil.

Sumber Asli : http://www.tekun.info/ciri-panggilan...sahaan-penipu/
Diubah oleh tekuns 11-04-2015 09:30
0
3.9K
10
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Dunia Kerja & Profesi
Dunia Kerja & ProfesiKASKUS Official
37KThread8.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.