Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Audio & Video
  • [Sharing] Optimalkan Foobar2000 dengan VST plugins untuk basic audiophile listener

neomaaanAvatar border
TS
neomaaan
[Sharing] Optimalkan Foobar2000 dengan VST plugins untuk basic audiophile listener
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Permisi om & tante Mimin dan para mastah forum Audio & Video, nubie ijin share tutorial sesuai judul thread di atas.
Moga2 tidak dopost or salah kamar, kalo salah kamar tlg pindahin ya min

Sebelum menuju ke inti thread ini, ane mau sedikit cerita kronologisnya ya gan...
Berawal dari impian ane yg muluk dan setinggi langit namun dengan bujet yg cekak emoticon-Malu (S) , mencoba membangun sistem HTPC namun masih layak dengar untuk menikmati musik.
Singkat kata ya gan, ane beli speaker Microlab X851 format 5.1 channel, terus ane colok ke kompi dgn soundcard onbrot realtek.... Jreeeeng.... ancuuuuur totaaal buat dengerin musik gan... emoticon-Hammer (S)
ane mmg bukan audiophile entusiast gan, tapi pernah merasakan alunan musik dgn speaker format 2.0, wah pokoknya beda jauh gan. speaker baru ane dgn satelite yg allrange terlau dominan dgn mid nya, high nya tenggelam ditambah sub yg juga terlalu dominan dgn low nya emoticon-Cape d... (S) . wah ini bener2 speaker buat movie dan gamers. secara ane kalo dengerin musik (ini selera ane ya gan) suka mid yg open tapi tidak over, high yg krispi cring cring, dengan low yang tidak terlalu dominan.
Dari awal memang ane sudah salah sih gan, wong speaker multimedia kok mimpinya muluk2 bisa buat dengerin musik, tapi ane gak kurang akal gan,ane berpikir gimana caranya memaksimalkan yang ada agar bisa sesuai dengan selera kita. (alaaah... bilang aja dana cekak gan...hehehe) emoticon-Malu (S)
Singkat kata lagi ya gan... ane menemukan cara, yaitu musik player Foobar2000 di combine dgn VST plugins.

Sedikit pengertian VST ya gan,
Quote:


OK gan lets get start....
Alat2 yang dibutuhkan ya gan:
Quote:


langkah-langkahnya gan, ane bikin simple aja ya:

1. foobar2000(tkp)
instal foobar2000 sbg musik player, agan2 kaskuser pasti udah tahulah cara instalnya. kaskuser gitu looh... hehe emoticon-Hammer (S)

2. vst adapter (tkp)
sedot add on components dari link diatas ya gan. lalu instal components tsb.
klik-> File - Preferences - Components - Install... (browse foo_vst_0903.zip dimana agan naruh hasil downlod file tsb)
Spoiler for Preference components:
bisa agan lihat gbr diatas, pada Installed components nomor 2 dari bawah namanya VST 2.4 adapter dgn modul foo_vst. dan dibawah Components (yg di highlit biru) muncul sub menu VST plug-ins. Nah disitulah nanti agan2 meletakan plugins effect VST nya... next....

3. vst plugins(googling aja gan dgn keyword free vst plugins)
sebagai contoh ane mau pake vst plugins nya Terry West - ReLife
plugins ini termasuk realtime plugin gan, artinya hasil efeknya bisa didengarkan langsung. ini ane gunakan utk memunculkan "valley's and peaks" pada lagu dgn bitrate rendah, spt mp3 128kbps. Biasanya utk para audiophile yg entusiast, bila mendengarkan lagu dgn bitrate tsb kupingnya akan "fatique". untungnya ane bukan audiophile enthusiast, jadi masih banyak koleksi mp3 di kompi ane...emoticon-Malu (S) hehehe...
biar gambar yang berbicara gan:
Spoiler for valey & peak:

ok gan, setelah agan downlod plugins nya Terry West terus di extract zip tsb ya, lalu kita integrasikan ke foobarnya.
klik VST plug-ins - Add... (browse ReLife.dll ditempat agan extract zip nya) lalu klik Ok dan restart foobar.
hasilnya lihat gambar, plugins ReLife sudah berhasil kita masukan ke foobar
Spoiler for ReLife vst plugins:

untuk mengaktifkan vst ReLife tsb agar menjadi DSP aktif,
klik File - Preferences - pilih DSP Manager. cari ReLife pada kolom bidang Available DSPs lalu klik tombol panah kiri agar Relife tsb masuk ke kolom bidang Active DSPs
Spoiler for Active DSP:

Kemudian kita setting plugins Relife dari menu View - DSP - ReLife
Spoiler for View ReLife:

akan muncul window spt dibawah:
Spoiler for ReLife setting:
nah... disinilah seni nya gan, kita bisa mengatur segala sesuatunya disesuaikan selera kita atau lebih tepatnya disesuaikan dgn soundcard dan speaker kita, sehingga akan menghasilkan suara yang cocok dengan selera kuping kita.
Itu satu contoh dari ane gan, agan2 bisa menggunakan vst plugins yang bertebaran di internet dan banyak yang gratis pula. oiya gan, add on components vst adapter menurut empunya si Yegor Petrov ini, kita bisa memakai 10 vst plugins scr bersamaan di foobar2000.
ane sendiri pakai 7 plugins, agar speaker ane bisa mengeluarkan mid yang open tapi tidak terlalu dominan, high yg krispi renyah dan low yg pas menurut selera kuping ane gan.
ane pake ReLife, otiumFX BassLane, RS Twisted Tube, RubyTube, Nova67P, MHORSE P3, dan MASQUARADE XTRA. yang semuanya free alias gratis... maklum gan, dana cekak ini....emoticon-Malu (S)hehehe.... liat gambar gan:
Spoiler for Koleksi VST:

Pengalaman ane dgn kombinasi 7 plugins vst tsb, remetan gitar Trace Bundy ft. Sungha Jung pada track With or Without You di album Paint It Acoustic... berasa banget remetan senar gitarnya gan, sempet kaget juga oh ternyata ada remetan senar gitarnya tho... emoticon-Bingung (S)

Satu lagi gan, meskipun kita pakai os yang 64bit, utk vst plugins kita pakai yg 32bit secara foobar2000 masih menggunakan 32bit.

Demikian sharing dari nubie gan, semoga bermanfaat, bila ada salah2 kata, ane mohon maaf ya gan. Untuk para mastah ... saran dan kritiknya ane tampung.
Thanks kaskus, thanks kaskuser dan orang2 yg tidak bisa ane sebutin satu2 untuk terlaksananya tutorial singkat dan tidak berbobot ini.emoticon-Malu (S)

Wa'alaikum salam wr. wb. emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-Kiss (S)
Diubah oleh neomaaan 17-06-2015 17:50
0
12.6K
23
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Audio & Video
Audio & VideoKASKUS Official
9.8KThread5.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.