Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dirjoslipknotAvatar border
TS
dirjoslipknot
ANTARA JOGJA/JOGYA dan JOGJAKARTA/JOGYAKARTA
Terinspirasi dari ditemukannya kata "JOGYA" dan "JOGYAKARTA" pada kaskus tercinta ini maka ijinkan TS untuk menyampaikan beberapa hal mengenai kata "JOGJA" "JOGYA" "JOGYAKARTA" dan "YOGYAKARTA"



Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Daerah Istimewa setingkat provinsi di Indonesia yang merupakan peleburan Negara Kesultanan Yogyakarta dan Negara Kadipaten Paku Alaman. Daerah Istimewa Yogyakarta yang terletak di bagian selatan Pulau Jawa bagian tengah dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia. Daerah Istimewa yang memiliki luas 3.185,80 km2 ini terdiri atas satu kota dan empat kabupaten, yang terbagi lagi menjadi 78 kecamatan dan 438 desa/kelurahan. Menurut sensus penduduk 2010 memiliki jumlah penduduk 3.452.390 jiwa dengan proporsi 1.705.404 laki-laki dan 1.746.986 perempuan, serta memiliki kepadatan penduduk sebesar 1.084 jiwa per km2[6].
Penyebutan nomenklatur Daerah Istimewa Yogyakarta yang terlalu panjang menyebabkan sering terjadinya penyingkatan nomenklatur menjadi DI Yogyakarta atau DIY. Daerah Istimewa ini sering diidentikkan dengan Kota Yogyakarta sehingga secara kurang tepat sering disebut dengan Jogja, Yogya, Yogyakarta, Jogjakarta.

JOGYA tidak sama dengan JOGJA
JOGYAKARTA tidak sama dengan JOGJAKARTA
Pada tulisan diatas ada perbedaan yang mencolok antara penulisan "JOGYA" dan "JOGJA" atau "JOGYAKARTA" dan "JOGJAKARTA". Yang menjadi pertanyaan adalah MANA YANG BENAR (Secara Penulisan)?.
Yang benar adalah "JOGJA" dan "JOGJAKARTA" menggunakan huruf "J" atau "YOGYA" dan "YOGYAKARTA" menggunakan huruf "Y". Ini dikarenakan huruf "J" mengacu pada ejaan lama yang pengucapannya sama dengan huruf "Y" seperti pada Burhanudin Jusuf Habibie (Dibaca Burhanudin Yusuf Habibi.

Jadi dengan rendah diri TS memohon kepada seluruh warga KASKUSER untuk tidak lagi menulis menggunakan "JOGYA" dan "JOGYAKARTA" tetapi hendaknya menggunakan "JOGJA" "JOGJAKARTA" atau "YOGYA" "YOGYAKARTA"


Spoiler for Sumber:


Spoiler for Mampir Gan:


terima kasih atas cendolnya
1. isademochist
Diubah oleh dirjoslipknot 13-02-2015 12:08
0
4.3K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.