Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cingelingAvatar border
TS
cingeling
Kementan: Harga bawang naik itu wajar, anggap untuk THR petani
Kementan: Harga bawang naik itu wajar, anggap untuk THR petani

Kementerian Pertanian (Kementan) menyatakan produksi bawang merah tahun ini akan mencapai surplus. Pasalnya, dari proyeksi dan realisasi produksi yang sudah berjalan, produksi tahun ini diperkirakan 1,1 juta ton, dan konsumsi hanya 950.000 ton.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan kenaikan harga yang terjadi saat ini tidak signifikan, hanya satu persen hingga dua persen. Dirinya meminta masyarakat tidak perlu lebay langsung meminta impor saat harga bawang naik sedikit.

"Saya setiap hari cek ke lapangan harga pagi dan sore. Kami pantau dua kali untuk kami tahu wilayah mana yang terjadi gejolak harga. Jadi kalau ada harga bawang naik 1-2 persen jangan teriak-teriak minta impor, itu wajar anggap untuk THR petani," ujar dia di Kantornya, Jakarta, Selasa (16/6).

Menurutnya, menjelang Ramadan, pasokan bawang merah cukup. "Panen bulan ini 140 ribu ton. Kebutuhan dalam negeri 90 ribu ton. Berarti surplus 50 ribu ton. Juli kita panen 120 ribu ton, kebutuhan 90 ribu ton," jelas dia.

Menteri Amran mengaku kesal dengan keputusan Kementerian Perdagangan untuk mengimpor bawang merah dan cabai. "Minggu lalu, dalam rapat terbatas diputuskan impor bawang dan cabai. Dalam hati kecil saya, bawang cukup. Saya tanyakan dengan dirjen hortikultura, bilang cukup bawang merah Pak. Berat sekali untuk keluarkan rekomendasi (rekomendasi impor ke kementerian perdagangan)," ungkapnya.

Dia mengatakan ketahanan pangan adalah ketahanan negara. Bila kebutuhan pangan selalu dipasok dari impor, maka berdampak pada rentannya ketahanan negara.

"Negara besar kita ini, masa impor-impor terus. Harga naik 1 persen, naik 5 persen impor. Impor itu sama saja dengan memperkaya petani negara lain," tutupnya.

http://www.merdeka.com/uang/menteri-...hr-petani.html

INI KABINET KERJA NGASIH KABARNYA GAK NGENAKIN MULU emoticon-Cape d... (S)
Pengeluaran tambah banyak, siap2 bongkar celengan
Diubah oleh cingeling 16-06-2015 11:22
0
1.2K
17
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.