Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

alfatihhhAvatar border
TS
alfatihhh
JALUR MUDIK BARU LEBARAN TOL CIKAPALI (CIKAMPEK-PALIMANAN)
emoticon-Hot News WELCOME TO MY 12TH THREADemoticon-I Love Indonesia

JALUR MUDIK BARU LEBARAN TOL CIKAPALI (CIKAMPEK-PALIMANAN)

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memuji kinerja ‎‎PT Lintas Marga Sedaya (LMS), anak usaha PT Saratoga Investama Tbk (SRTG) selaku investor Jalan Tol Cikampek-Palimanan (Cikapali).

Pujian ini disampaikan setelah Basuki mencoba sendiri kondisi jalan tol sepanjang 116,75 km‎ ini dan membandingkannya dengan kondisi terakhir ketika dirinya pertama kali menyambangi lokasi ini.

"Kita ingat, dua bulan lalu jalan sebagian besar masih berupa tanah. Sekarang sudah dibeton banyak dan banyak juga yang sudah jadi jalan. Saya rasa, speed ini patut kita beri apresiasi," tutur dia di lokasi proyek, Sabtu (4/4/2015)

Selain perkembangan pengerjaan yang cukup cepat, Basuki juga memuji kualitas jalan yang pengerjaan konstruksinya dipercakan ke pada PT Nusa Raya Cipta Tbk dan PT Karaba Griya Mandiri ini. Menurutnya, dari tingkat kerataan maupun kekesatan jalan ini cukup baik. Jalan tidak licin meskipun kendaraan dipacu dengan kecepatan tinggi.

"Ruas jalan yang sudah jadi dilewati sangat nyaman. Tadi saya kecepatan 140 km/jam sangat nyaman. Saya pikir IRI (International Roughness Index/tingkat kekesatan jalan)-nya di bawah 2, dan itu sangat baik," tutur dia.

Sementara, Wakil Direktur LMS Hudaya Arryanto dalam kesempatan yang sama melaporkan bahwa perkembangan pekerjaan jalan tol ini telah mencapai 93%.

Pekerjaan tinggal menyisakan 5 km jalan berbentuk tanah dan 20 km jalan yang tinggal menunggu pembetonan, sementara sisanya 91 km sudah dalam bentuk jalan sempurna dan bisa dilalui.

Sementara, untuk konektifitas, dari 99 jembatan yang ada di sepanjang jalan tol ini, hanya tinggal 9 buah jembatan saja yang belum tersambung.

"Dengan kecepatan ini, akhir Mei sudah bisa selesai. Juni sudah bisa dilalui, nanti Pak Menteri mengecek lagi sudah jadi," janjinya.

Blusukan kali ini, Menteri Basuki masih setia menggunakan mobil dinasnya Toyota Fortuner Warna Hitam yang dipakainya sejak ia masih menjabat sebagai Direktur Jenderal di Kementerian PUPR.

Basuki merupakan menteri karir yang mengawali kerja di pemerintahan sebagai staf Pegawai Negeri Sipil (PNS) biasa hingga menjadi menteri seperti saat ini.

Berangkat dari Cikampek sekitar pukul 10.00 WIB, rombongan yang terdiri dari puluhan mobil tiba di ujung jalan tol yang terletak di Palimanan, Jawa Barat, sekitar pukul 15.00 WIB.

Rombongan sempat beristirahat di Kadipaten Palimanan sekitar 1,5 jam untuk solat dan makan. Dengan kata lain, total perjalanan hanya memakan waktu 3,5 jam untuk menempuh jarak 116,75 km.

"Kalau sudah 100% jalan, kecepatan bisa dipacu maksimal, waktu tempuh bisa lebih singkat lagi," pungkas dia.

JALUR MUDIK BARU LEBARAN TOL CIKAPALI (CIKAMPEK-PALIMANAN)

Sumber : www.detik.com
0
6K
31
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.2KThread11.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.