Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

balolateaAvatar border
TS
balolatea
Mentan Pulang, Truk-truk Operasi Pasar Bawang Merah Bulog 'Hilang'
Mentan Pulang, Truk-truk Operasi Pasar Bawang Merah Bulog 'Hilang'
Jakarta -Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman begitu bersemangat menggelar operasi pasar (OP) bawang merah bersama Perum Bulog di Pasar Kramat Jati siang ini. Namun setelah sang menteri pulang, 7 truk milik Perum Bulog 'menghilang' dari lokasi pasar.

GM Unit Pasar Induk Kramat Jati Muhammad Salam mengatakan bawang-bawang operasi pasar Perum Bulog kemungkinan tak bisa diserap oleh para pedagang karena harganya dinilai terlalu tinggi. Harga bawang merah yang ditawarkan Bulog sebesar Rp 17.000-19.500/Kg, dianggap kemahalan bagi pedagang grosir di Kramat Jati.

"Kayaknya nggak laku bawangnya, kita kan jual di pasar induk, bukan di pasar biasa, jadi mereka pedagang minta harga segitu dengan harga segitu kurang pas. Nggak ketemu harga pasnya. Truknya sudah kembali ke Bulog," kata Salam kepada detikFinance Sabtu (13/6/2015)

Ia mengatakan saat ini di Pasar Induk, untuk bawang super dijual Rp 24.000/Kg, sedangkan bawang yang masih basah sekitar Rp 12.000/Kg.

"Tapi kalau bawang yang tadi saya kira harga Rp 17.000 sudah cocok, tapi saya nggak tahu kenapa nggak laku," katanya.

Sementara itu menurut pengakuan pedagang, setelah Mentan Amran tiba di lokasi Pasar Induk Kramat Jati 10.30 WIB, dan meninggalkan pasar sekitar pukul 11.00 WIB. Tak lama berselang 40 menit, sekitar pukul 11.40 WIB truk-truk operasi pasar bawang merah milik Perum Bulog satu per satu meninggalkan Pasar Induk Kramat Jati.

"Nggak ada yang beli tadi. Orang saya lihatin nggak ada yang beli sama sekali. Yang beli cuma satu yang pengecer dari Bogor tadi. Habis itu nggak lama langsung pada pindah truknya, kemungkinan sih keluar karena nggak ada yang beli," kata seorang pedagang bernama Roy

Roy menilai harga bawang merah operasi pasar Bulog harganya terlalu mahal. Menurutnya bila harganya dijual Rp 13.000-14.000 maka akan cepat laku. Menurutnya dengan Bulog menjual harga Rp 17.000/kg sudah sangat mahal, ia menilai harga maksimal yang dijual Bulog harusnya Rp 15.000/Kg.

"Ini kan yang mau beli kalau di sini grosiran semua, kalau mau belinya Rp 13.000. 14.000 mungkin ada. Belum ada yang beli dari tadi saya lihat. Sebentar setelah menterinya pulang, karena nggak ada apa-apa langsung pada hilang truknya," katanya.

Sehari lalu, Mentan Amran ke Brebes melakukan panen raya bawang merah. Amran juga sempat menawar dan membeli bawang dari Brebes dengan harga Rp 14.000/kg langsung dari petani untuk keperluan operasi pasar hari ini.

sumber
------------------------------------------------

Lagi-lagi menteri yg satu ini kerja tanpa mikir emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)

emoticon-Cape d... (S)
0
5.5K
62
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.