Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zitizen4rAvatar border
TS
zitizen4r
Menhan Ryamizard: Kunci Kemenangan Perang Adalah Semangat, Bukan Alutsista!
Menteri Ryamizard: Kunci Kemenangan Perang Adalah Semangat, Bukan Alutsista!
Sabtu, 13 Juni 2015 , 03:44:00 WIB


RYAMIZARD RYACUDU

RMOL. Alat utama sistem pertahanan (Alutsista) hanya faktor tambahan dalam memenangkan perang. Faktor utama kemenangan perang adalah semangat pantang menyerah.

Hal itu sebagaimana disampaikan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu di depan prajurit Brigade Infanteri 13 Galuh di Nyantong, Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (12/02) malam.

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat ini mencontohkan kemenangan Vietnam dalam melawan Amerika. Lanjut Ryamizard, prajurit Vietnam hanya memiliki semangat pantang menyerah dan hanya memiliki senapan laras pendek, dibandingkan Amerika Serikat yang dipersenjatai dengan peralatan canggih

"Dia (tentara Vietnam) pake senjata pendek, itu semangat. Jadi semangat itu yang memenangkan perang," ujarnya.

Lebih jauh, Ryamizard menambahkan, semangat yang ditunjukkan prajurit Vietnam patut menjadi contoh bagi para prajurit Batalion infanteri 303/SSM. Sebab saat ini TNI belum membutuhkan alutsista yang canggih

"Jadi saya agak kecewa, dengan penambahan alutsista besar-besaran. Ini percuma saja kalau tidak ada semangatnya. Kalau alutsista lengkap, canggih tapi semangat bertempurnya nggak ada, nggak ada gunanya. Orang yang ada semangat nggak ada duanya. Senjata kalian cukup semangat, dan berkelahi tangan kosong," tegasnya.

Tak hanya memberikan wejangan, mantan Pangdam Jaya itu juga berpesan agar prajurit Raider tidak boleh menggunakan kekuatan untuk melawan rakyat. Sebab TNI dan rakyat harus bersatu untuk mengamankan Indonesia

"Tidak boleh berkelahi dengan rakyat, itu malu-maluin. Sama aja kamu melawan anak kecil. Apalagi anak kecilnya kamu keroyok. Saya minta Raider, tidak boleh main keroyokan dan berkelahi. Jangan pernah kalian tempeleng rakyat. Mengalah lah dengan rakyat," tegas Ryamizard.
http://keamanan.rmol.co/read/2015/06...an-Alutsista!-


Menhan: Raider Indonesia Punya Kelebihan Dibanding Negara Lain
Sabtu, 13 Juni 2015 , 00:34:00 WIB




RMOL. Raider adalah pasukan khusus yang berfungsi untuk operasi penyergapan atau penghancuran komando musuh. Selain itu, Raider juga berfungsi untuk mendobrak pertahanan lawan. Atas peran yang vital itu, maka Raider membutuhkan latihan yang spesial dibanding prajurit Infanteri lain.

Begitu kata Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu di hadapan para pasukan yang tengah diistirahatkan, saat mengunjungi Brigade Infanteri 13 Galuh di Nyantong, Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (12/2).

Lebih lanjut, mantan Kepala Staf Angkatan Darat itu bercerita tentang pengalamannya saat berbincang dengan komandan Raider di negara lain. Dalam perbincangan itu, ia berkesimpulan bahwa porsi latihan Indonesia memiliki kelebihan dari porsi latihan Raider negara lain.

"Kalau latihan tembak, latihan sergap dan latihan serbu semua Raider melakukannya, tapi di Indonesia kita latih kesetiaan dan loyalitas untuk rela mati. Kurang apa lagi, sudah profesional tapi juga rela mati," ungkap Ryamizard.

Selain menceritakan pengalamannya, Ryamizard juga berpesan agar pasukan Raider terus berlatih untuk menjadi pasukan yang profesional.

"Saya sangat bangga kepadamu, jangan kecewakaaan kebangganku, karena perbuatan yang tidak terpuji. Berlatih, berlatih, dan berlatih selamanya agar kalian tetap menjadi prajurit yang profesional, kebangagan bangsa Indonesia," tegas Ryamizard yang ditulis dalam sebuah diorama kenang-kenangan.
http://keamanan.rmol.co/read/2015/06...g-Negara-Lain-



Ranger AS kagum lihat aksi Raider TNI AD, langsung minta berguru
Jan 15, 2015

Marinir USA Minta Pulang Saat Latihan Bersama TNI


Merdeka.com – Pengakuan soal ketangguhan Tentara Nasional Indonesia di hadapan militer dunia lainnya seakan tak habis-habis. Merdeka.com sebelumnya mengangkat kisah Kopaska AL ataupun Kopassus. Kini, giliran pasukan khusus milik Angkatan Darat yang berada di bawah naungan Kodam Brawijaya ikut mengundang decak kagum asing.

Pada Oktober 2014, Resimen 2nd Stryker Pasukan Khusus Ranger, Angkatan Darat Amerika Serikat (US Army) menggelar latihan di Indonesia. Mereka berlatih bersama dengan Pasukan Khusus TNI Angkatan Darat, Batalion Infanteri 411/Raider.

Latihan yang digelar di Hutan Asembagus, Situbondo, Jawa Timur, itu digelar sebulan penuh. Seperti dilansir military.com (2/10/2014), para tentara AS sengaja datang jauh-jauh untuk mempelajari taktik perang daerah tropis.

Tak disangka, latihan survival di tengah hutan Jatim itu sangat mengerikan. Dari pengakuan Pratu Juan Gonzalez (20 tahun), persiapan mereka di Negeri Paman Sam jadi kurang gahar.

Sebelum berangkat satu kompi pasukan Ranger ini dilatih bertahan hidup di Pegunungan Fort Irwin, California sebulan penuh. Itu saja sudah berat sekali.

“Latihan yang mengerikan di kampung halaman tidak menggambarkan apa yang saya alami di Jawa Timur. Ada beberapa hal yang belum saya dapat. Misalnya bagaimana bila tiba-tiba berhadapan ular,” kata Gonzalez yang berasal dari Kota Chicago ini.

Dan dalam momen itulah, aksi-aksi pasukan Raider TNI AD begitu memesona bagi Gonzalez. Rekan yang baru dia kenal ini mengajarkan bagaimana bertahan hidup di hutan tropis yang serba lembab sehingga menguras energi. Termasuk membunuh dan menyantap hewan buas, contohnya ular.

“Saya sangat takut ular. Saya tidak mau melakukannya lagi,” kata anggota regu penembak ini sambil tergelak.

Dari segi ketahanan fisik, walau berasal dari iklim yang berbeda, Pasukan Ranger AS mengakui hebatnya Raider dalam menghemat tenaga. Banyak tips didapatkan para infanteri asing ini, misalnya metode bertempur di hutan hujan yang mengandalkan gerak cepat.

Sersan Jeffrey Baldwin salah satu yang merasakan manfaat latihan bersama ini. Dia mengaku tak segan-segan berguru pada pasukan Raider karena efektivitas tempur TNI AD dalam situasi lingkungan mahakeras.

“Saya sangat kagum dengan pasukan Indonesia. Saya banyak mendapatkan ilmu baru,” ujarnya.

Di luar itu, Ranger AS merasa betah berlatih sebulan di Situbondo karena tentara Indonesia sangat ramah. Mereka jadi kawan yang bisa diandalkan untuk bertahan hidup.

Selama 30 hari, dua pasukan beda negara ini hidup bersama. Mereka harus mencari bahan makanan alami, menangkap hewan, serta bertahan dari cuaca yang berubah-ubah di hutan.

“Kami benar-benar saling terikat satu sama lain selama pelatihan. Kenangan itu sangat membekas,” kata Gonzalez.

Sekadar informasi, US Ranger yang berlatih di Jatim itu dikirim dari Joint Base Lewis-Mchord. Divisi tersebut adalah yang paling banyak dikirim bertempur di Afghanistan dan Irak, karena dianggap punya pengetahuan taktis terlengkap menghadapi perang gerilya kota maupun hutan.

Sepanjang perang delapan tahun di Irak, anggota divisi Stryker yang tewas ‘cuma’ 42 prajurit. Batalion inilah pasukan yang paling akhir ditarik dari medan tempur di Timur Tengah.

Sementara Infanteri Raider adalah satuan tempur khusus untuk pertempuran darat. Dibentuk sejak Oktober 1945, pasukan dengan motto “Cepat, Senyap, dan Tepat” ini tercatat berjasa memadamkan pemberontakan APRA, PRRI/Permesta, serta menumpas DI/TII.

Dalam operasi militer di Aceh selama 2001-2003, pasukan Raider-lah yang bertanggung jawab menewaskan Panglima GAM Tengku Ishak Daud.
http://www.merdeka.com/dunia/ranger-...a-berguru.html

-----------------------------

Pokoknya selama anggota TNI itu giat berlatih secara professional di baraknya saja atau paling jauh menimba ilmu perang di negara lain, dan kagak keluar-keluar memasuki ranah pekerjaan sipil, pastilah TNI ditakuti banyak negara. TNI zaman ORBA dulu, alutsistanya terkenal canggih-canggih, tapi karena banyak anggota TNI yang berkarya dan menjabat di ranah sipil, akhirnya lamban dan perut perwiranya banyak yang gendut-gendut pada masa itu. Makanya gampang rontok ketika ada 'people power' yang dipelopori mahasiswa 1998 itu, padahal, sudah berkuasa 32 tahun lamannya


emoticon-Angkat Beer
0
9.8K
137
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.