Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zitizen4rAvatar border
TS
zitizen4r
Awal Puasa Ramadhan 1436H Dimulai Serentak pada Kamis 18 Juni 2015
Awal puasa Ramadhan 1436 H dimulai serentak pada 18 Juni 2015
Rabu, 03 Juni 2015 21:35 WIB

LENSAINDONESIA.COM: Muhammadiyah menetapkan awal dimulainya puasa tahun ini atau 1 Ramadhan 1436 Hijiriah jatuh pada Kamis 18 Juni 2015. Hal itu disampaikan Ketua Pengurus Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin, yang yakin masyarakat Indonesia bisa serentak melaksanakan 1 Ramadhan di waktu yang bersamaan.

“Pada 17 Juni, kita sama-sama mengawali Sholat Tarawih, sehingga puasa akan jatuh pada 18 Juni,” terang Din Syamsuddin, Rabu (3/6/2015).(Baca juga: NU Jatim sebut awal Ramadan dan Idul Fitri 2015 berpotensi sama)

Menurut Din Syamsuddin yang juga Ketua MUI, kesamaan waktu penentuan puasa tahun ini sudah sesuai dengan maklumat pendekatan hisab yang sudah disebarkan ke beberapa organisasi Islam lainnya. “Sudah diprediksi bahwa ijtima yang terjadi tanggal 16 Juni itu setelah matahari terbenam. Maka 17 Juni sudah mulai tarawih,” ungkapnya.

Din Syamsuddin juga menambahkan, jika awal puasa digelar serentak maka besar kemungkinan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri juga akan terjadi serentak, bahkan hingga 2023 mendatang. “karena itulah kami meminta masyarakat untuk bisa serentak menjalankan puasa di waktu yang bersamaan,” jelasnya.

Muhammadiyah juga sudah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 2015 atau 1 Syawal 1436 Hijriyah jatuh pada Jumat (17/7/2015, sebab ijtima jelang Syawal 1436 Hijriah terjadi pada Kamis (16/7/2015).
http://www.lensaindonesia.com/2015/0...juni-2015.html


LAPAN: Penetapan tanggal jatuhnya awal bulan Ramadhan 2015, 18 Juni

Penetapan tanggal jatuhnya awal bulan Ramadhan 2015 18 Juni. Menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) serta beberapa situs referensi almanak, Ramadan tahun 2015 akan ditetapkan jatuh pada hari Kamis, 18 Juni dan akan berlangsung selama 29 hari hingga jatuhnya hari Raya Idul Fitri pada hari Jum'at, 17 Juli 2015. Adapun awal puasa tahun ini akan terjadi keseragaman antara Muhammadiyah dan NU yang jatuh di tanggal yang sama.

Menurut penuturan ketua Lapan, Thomas DJamalludin, kemungkinan jatuhnya awal puasa Ramadhan dan Idul Fitri untuk tahun 2015 hingga tahun 2022 di Indonesia akan sama dan seragam. Sedangkan untuk Idul Adha, keseragaman akan terjadi mulai tahun 2016 hingga tahun 2022.

Badan Lapan memprediksi bahwa dalam kurun waktu tujuh tahun kedepan akan terjadi keseragaman dalam penentuan awal puasa dan juga Idul Fitri karena disebabkan oleh posisi bulan yang berada cukup tinggi.

Adapun untuk menentukan kapan dimulainya bulan Ramadhan tergantung dari posisi hilal yakni penampakan bulan sabit muda yang terlihat pertama kali setelah terjadinya ijtimak (konjungsi) sesudah maghrib. Alasan mengapa hilal hanya bisa nampak saat petang atau magrib adalah dikarenakan bentuk bulan sabit muda yang masih sangat tipis serta cahaya yang sangat redup. Cahaya redup ini dapat tertutup oleh cahaya matahari yang jauh lebih terang yang menyebabkan hilal menjadi tidak terlihat.

Awal Puasa Ramadhan 1436H Dimulai Serentak pada Kamis 18 Juni 2015
Ilustrasi: pengamatan hilal untuk mengetahui awal Ramadhan

Apabila hilal terlihat, maka waktu setempat telah memasuki bulan baru dalam kalender Hijriah, sedangkan apabila belum ada tanda-tanda hilal atau bahkan masih belum nampak, maka penetapan awal bulan mulai ditentukan setelah magrib di hari berikutnya.

Perbedaan pandangan dalam menentukan kapan jatuhnya awal puasa ataupun Idul Adha memang kerap terjadi di Indonesia dikarenakan perbedaan dalam metode observasi hilal, yaitu dengan menggunakan metode hisab dan juga rukyat.

Ilmu hisab merupakan sebuah ilmu untuk menentukan posisi bulan dengan menggunakan perhitungan-perhitungan astronomis yang dilakukan secara matematis guna menentukan kapan dimulainya awal bulan yang terdapat pada kalender Hijriyah.

Ilmu rukyat adalah kegiatan pengamatan hilal secara langsung. Aktivitas ini mencakup pengamatan bulan sabit muda yang tampak pertama kalinya setelang konjungsi. Adapun pengamatan tersebut dilakukan dengan berbagai macam cara, bisa dengan melihat langsung tanpa alat bantu atau bisa dengan bantuan alat optik seperti teleskop.
http://www.berjibaku.com/2015/03/tan...i-18-juni.html

PENJELASAN TENTANG HASIL HISAB BULAN RAMADAN, SYAWAL, DAN ZULHIJAH 1436 H (2015 M)

Referensi dari Sumber-sumber di luar Negeri:
Quote:


-----------------------------------

Selamat menunaikan ibadah puasa. Maaf lahir batin kepa agan semuanya!

emoticon-I Love Kaskus (S)
0
4.4K
30
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.