Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nsjm.csAvatar border
TS
nsjm.cs
6 TIPS SUKSES MENGHADAPI PENDADARAN/SIDANG SKRIPSI
Bagaimana sih sidang skripsi atau pendadaran itu?
6 TIPS SUKSES MENGHADAPI PENDADARAN/SIDANG SKRIPSI

Pendadaran / sidang skripsi adalah ujian hasil karya penelitian/skripsi/tugas akhir untuk menempuh gelar pendidikan disuatu perguruan tinggi.
Banyak diantara temen-temen kita yang merasa ketakutan dalam menghadapi ujian pendadaran ,
6 TIPS SUKSES MENGHADAPI PENDADARAN/SIDANG SKRIPSI

Ada yang membayangkan pendadaran itu suatu hal yang menakutkan dan seperti tragedy pembantaian yang akan dialami, selain itu merasa cemas,gunda gulana alias galau detik-detik ujian , merasa tidak siap materi maupun mental, bahkan banyak temen-temen mahasiswa yang baru mulai skripsi atau sudah ditengah perjalan sudah membayangkan hal yang lebih mengerikan hehehe[emo],
Okey, untuk itu saya punya beberapa tips sukses menghadapi sidang skripsi/atau pendadaran.berikut tipsnya [emoticon-Ngakak (S)] :

  1. Sugesti bahwa pendadaran itu mengerikan, ITU SALAH!!!

    Sugesti yang bersal dari fikiran yang membuat kepercayaan diri menurun ini yang perlu untuk dirubah, kebanyakan dari mahasiswa merasa cemas ketika mendengar istilah PENDADARAN, padahal itu hanya sugesti dari fikran dan asumsi, mungkin diantra temen-temen ada yang mengalami temen seperjuangan telah ujian duluan lalu dibantai dan merasa bahwa dia telah dibantai oleh dosen penguji. Faktanya itu belum tentu benar, mengapa demikian?
    Karena bisa saja teman seperjuangan itu awal nya belum siap dan merasa ciut mental terlebih dahulu, yang pasti belum baca postingan saya heheheemoticon-Ngakak (S) .
    Jadi mulai sekarang buatlah sugesti baru yang merubah istilah pendadaran itu adalah hal yang bukan mengerikan tapi hanya sebatas Tanya jawab antara penguji dan mahasiswa. Apa yang anda buat itu lah yang anda pertanggung jawabkan, jadi buat fikiran anda lebih positif untuk berfikir realistis bukan dari “katanya-katanya”.

  2. Survei Lapangan / TKP dan Tanya Langsung Ke Dosen

    Jika masih bingung tentang pendadaran, silahkan dating langsung saksikan temn2 yang lagi pendadaran jadi tau situasi didalam itu seperti apa, min. ikut temen yang lagi sidang pra pendadaran bagi kampusnya yang ada 2 ujian sidang pendadaran. Tapi jaangan jadikan ciut mental jika temen anda sedang ditanya dan tidak bisa menjawab munkin saja temen anda belum siap pedadaran. Yang kedua adalah Tanya langsung ke dosen yang biasa nguji, kalau perlu Tanya langsung kedosen yang killer. Jadi tau kira2 apa yang perlu dipersiapkan.[emo]
    Jadi mulai sekarang berfikir positif dan realistis.

  3. Kuasi Materi dan Mantapkan Kepercayaan Diri

    Masalah krusial yang sering dialami kenapa mahasiswa sering mengatakan bahwa pendadaran mengerikan itu karena tidak siap untuk ujian.khusus point ini untuk temen-temen yang kurang matang menguasai materi karena terdesak waktu yang mepet , ya, ente tau lah maksud ane hehehe.emoticon-Ngakak (S)
    Jadi bagaimana caranya supaya menguasai materi dengan singkat dan tetap sukses saat pendadaran? Nah, kunci utama pertanyaan adalah dari hasil yang temen2 sampaikan[presentasikan], jadi buat lah presentasi yang baik, ambil point yang utama yang ingin disampaikan dan focus dengan apayang ingin dipelajari, dan buat lah daftar pertanyaan dan buat daftar jawaban dan yang paling penting jawablah perntanyaan yang tidak menimbulkan pertanyaan baru.
    Bagi temen-temen yang merasa cukup percaya diri, lebih baik jangan terlalu Pede karena itu juga berbahaya , solusinya tetap optimis tapi selalu focus.

  4. SIMULASI PENDADARAN DENGAN TEMAN

    Minta bantuan lah ke[ada temen yang expert atau minimal kritis untuk SIMULASI PENDADARAN,
    Buatlah serius , focus dan mintalah prediksi pertanyaan yang mungkin keluar.
    Berdasarkan survei dari lembaga bimbingan dan konsultasi skripsi NsJM[Nusa Jaya Mandiri] dibidang konsultasi dan bimbingan Skripsi/TA menyatakan bahwa 70 % mahasiswa yang telah mengikuti SIMULASI PENDADARAN merasakan kepercayaan diri yang baik dan dapat mempertimbangkan dengan baik bagaimana menghadapi ujian jika terdapat kesulitan atau masalah saat ujian nanti. Dan diantara mereka merasakan rilex/tenang setelah mengikuti ujian dan dari hasil testimoni , temen-temen yang telah melakukan simulasi terlebih dahulu hasil yang didapatkan memuaskan baik itu yang menguasi materi mapun yang sama sekali minim materi.

  5. Evaluasi Diri Dan Tetap Optimis

    Setelah melakukan simulasi pendadaran temen-temen silahkan evaluasi diri untuk mengoreksi diri kira2 apa yang kurang,gak butuh waktu lama untuk evaluasi ko. Cukup tenang saja dan berfikir, kalau masih kesulitan silahkan Tanya sama temen kekurangan anda apa.

  6. Berserah Diri Kepada Yang Maha Kuasa Dan Minta Doa Orang Tua.

    Kalau Tips yang terakhir ini berdasarkan saran dari tetua terdahulu,[emo], mereka mengatakan mintalah doa kepada kedua orang tua, berilah sedekah kepada yang wajib menerima sambal minta doa dengan catatan dengan tulus.lalu pasrahkan kepada yang maha kuasa bahwa nada siap untuk ujian dengan hasil yang baik.


[Hasil Yang Besar Didapatkan Dengan Usaha Yang Besar, dan Hasil Yang Kecil didapatkan dari usaha yang kecil pula], jadi jangan pesimis. Anda sudah berusaha sekuat tenaga untuk Tugas Akhir yang membanggakan jadi harus semangat dan optimis.
Sekian dulu Tips dari saya, semoga bermanfaat dan saya doakan bagi temen-temen yang sedang menghadapi SIDANG SKRIPSI semoga lancer dan mendapatkan hasil yang memuaskan.tetap semangat anda pasti bisa [].
Dan saya minta maaf jika ada kata2 saya yang kurang berkenan,
Jika temen-temen pengen konsultasi atau sharing silahkan PM saya ya.emoticon-Ngakak (S)
emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh nsjm.cs 11-04-2015 20:05
0
14.5K
11
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.