- Beranda
- The Lounge
Hubungan Diplomatik 'Tak Resmi' Antara Indonesia-Israel
...
TS
s.rahadian
Hubungan Diplomatik 'Tak Resmi' Antara Indonesia-Israel
Quote:
Hubungan Indonesia–Israel mengacu pada hubungan bilateral dulu dan kini antara Israel dan Indonesia. Kedua negara ini tidak punya hubungan diplomatik resmi, tetapi memiliki hubungan dagang, pariwisata, dan keamanan. Pada tahun 2012, Indonesia sepakat menaikkan status hubungannya dengan Israel dan membuka konsulat di Ramallah yang dipimpin seorang diplomat sederajat duta besar. Diplomat tersebut juga bertugas secara tidak resmi sebagai perwakilan Indonesia saat membina hubungan dengan Israel
Menurut jajak pendapat BBC World Service tahun 2013, 70% responden Indonesia melihat pengaruh Israel secara negatif dan 12% lainnya positif. Pandangan Indonesia terhadap Israel merupakan salah satu pandangan paling negatif di antara negara-negara Asia.
Quote:
OPERATION ALPHA
A-4 Skyhawk TNI AU
Ialah operasi rahasia(meskipun kini bukan rahasia lagi ) yang dilakukan oleh TNI AU dalam pelatihan dan pembelian 34 buah pesawat A-4 Skyhawk milik Israel. Pembelian pesawat tempur ini ditujukan untuk menggantikan pesawat F-86 dan T-33 milik TNI AU yang usianya sudah mulai uzur. Kini, pesawat tersebut telah pensiun dari tugasnya.
Spoiler for Cerita dibalik Operation Alpha:
“Mengecewakan! Rencana terbang yang susah payah kususun rapi langsung dibatalkan pagi-pagi. Aku mendapat perintah untuk menghadap komandan skadron. Yang terpikir, aku tidak lulus latihan terbang di Israel dan pulang ke Indonesia sebagai pilot pesakitan. Semua bayangan buruk musnah sudah. Aku ternyata menerima perintah baru untuk terbang dalam format sama, tetapi berbeda rute. Sebuah peta disodorkan lengkap dengan titik-titik rute. Ada sebuah garis merah yang wajib diterobos masuk dan dalam waktu dua belas menit harus kembali ke luar. Yang membuatku gugup, garis merah itu adalah garis perbatasan antara Israel dan Suriah”
Cerita diatas adalah sepenggal kisah dari seorang pilot yang tergabung dalam operasi alpha, operasi alpha adalah operasi klandestin terbesar yang dilakukan oleh TNI AU, dimana TNI AU melatih pilot dan melakukan pembelian 32 pesawat A-4 Skyhawk dari Israel. Berikut adalah kutipan tentang operasi alpha yang diambil dari buku otobiografi Djoko F Poerwoko “Menari di Angkasa”.
Operasi Alpha
Memasuki tahun 1979, isu tentang bakal dilakukannya pergantian kekuatan pesawat-pesawat tempur TNI AU sudah mulai bergulir. Hal ini sebenarnya wajar saja, mengingat kondisi pesawat tempur F-86 dan T-33 memang sudah tua. Sehingga, kemudian pemerintah harus mencari negara produsen yang bisa menjual pesawatnya dengan segera. Amerika Serikat ternyata bisa memberikan 16 pesawat F-5 E/F Tiger II. Tetapi ini masih belum cukup untuk mengisi kekosongan skadron-skadron tempur Indonesia.
Dari penggalian intelijen, Mabes ABRI ternyata kemudian mendapatkan berita, bahwa Israel bermaksud akan melepaskan armada A-4 yang mereka miliki. Indonesia dan Israel memang tidak memiliki hubungan diplomatik. Tetapi pada sisi lain, pembelian armada pesawat tersebut akhirnya terus diupayakan secara klandestin, oleh karena pasti akan menjadi polemik dalam masyarakat apabila tersiar di media massa.
Menuju Arizona
Kerahasiaan tingkat tinggi sudah terlihat dari tata cara pemberangkatan personel. Saat kami semua sudah siap untuk berangkat, tidak seorang pun tahu, kemana mereka harus pergi. Operasi Alpha dimulai dengan memberangkatkan para teknisi Skadron Udara 11. Setelah tujuh gelombang teknisi, maka berangkatlah rombongan terakhir yang terdiri dari sepuluh penerbang untuk belajar mengoperasikan pesawat.
Sebagai tim terakhir, kami mendapat pembekalan secara langsung di Mabes TNI AU. Awalnya hanya mengetahui bahwa para penerbang akan berangkat ke Amerika Serikat untuk belajar terbang disana. Informasi lain-lain masih sangat kabur.
Setelah mengurus segala macam surat-surat dan beragam kelengkapan berbau “Amerika”, akhirnya kami berangkat menuju Singapura, dengan menggunakan flight garuda dari Bandara Halim Perdanakusuma.
Kami mendarat pada senja hari di Bandara Paya Lebar, Singapura, langsung diantar menuju hotel Shangrila. Dihotel tersebut ternyata telah menunggu beberapa petugas intel dari Mabes ABRI, berikut sejumlah orang yang masih asing dan sama sekali tidak saling dikenalkan. Kami akhirnya mulai menemukan jawaban bahwa arah sebenarnya tujuan kami bukan ke Amerika Serikat melainkan ke Israel. Sebuah negara yang belum terbayangkan keadaannya dan mungkin paling dibenci oleh masyarakat Indonesia.
Saat itu salah satu perwira BIA (Badan Intelojen ABRI, BAIS sekarang) yang telah menunggu segera mengambil semua paspor yang kami miliki dan mereka ganti dengan Surat Perintah Laksana Paspor (SPLP). Keterkejutanku semakin bertambah dengan kehadiran Mayjen Benny Moerdani, waktu itu kepala BIA, mengajak rombongan kami makan malam. Dalam kesempatan tersebut beliau dengan wajah dingin dan kalimat lugas, tanpa basa-basi langsung saja mengatakan, ” Misi ini adalah misi rahasia, maka yang merasa ragu-ragu, silahkan kembali sekarang juga. Kalau misi ini gagal, negara tidak akan pernah mengakui kewarganegaraan kalian. Namun, kami tetap akan mengusahakan kalian semua bisa kembali dengan jalan lain. Misi ini hanya akan dianggap berhasil apabila sang merpati telah hinggap…”
Mendengar ucapan beliau, perasaanku langsung bergetar. Wah, ini sudah menyangkut operasi rahasia beneran mirip James Bond. Bahkan sekalanya lebih besar. Bagaimana mungkin membawa satu armada pesawat tempur masuk ke Indonesia tanpa diketahui orang? Rasa terkejut semakin besar, oleh karena kami bersepuluh kemudian langsung berganti identitas yang mesti kuhapal diluar kepala saat itu juga.
Setelah acara makan malam, kami harus segera bergegas menuju Bandara Paya lebar dan terbang menuju Frankfurt dengan menggunakan Boeing 747 Lufthansa. Mulai sekarang, kami tidak boleh bertegur sapa, duduk saling terpisah, namun masih dalam batas jarak pandang.
Begitu mendarat di Bandara Frankfurt, kami harus berganti pesawat lagi untuk menuju Bandara Ben Gurion di Tel Aviv, Israel. Semakin aneh perjalanan, baru berdiri bengong karena masih jet lag, tiba-tiba seseorang langsung menyodorkan boarding pass untuk penerbangan ke Tel Aviv pada penerbangan berikutnya. Sampai di Bandara Ben Gurion, sesudah terbang sekitar empat jam, aku pun turun bersama para penumpang lain dan teman-temanku. Saling pandang dan cuma melirik saja, harus kemana jalan, mengikuti arus penumpang lain menuju pintu keluar.
Tetapi tanpa terduga, kami malah mendapat perlakuan tidak menyenangkan, sebagai bagian dari operasi intelijen. Kami langsung ditangkap dan digiring petugas keamanan bandara. hanya pasrah, oleh karena memang tidak tahu skenario apalagi yang harus dijalankan, yang ada hanya manu dengan hati berdebar.
Tamat riwayatku kini. Kubayangkan, betapa hebatnya agen rahasi Mossad yang dapat dengan cepat mengendus penumpang gelap tanpa paspor, berusaha menyelundup masuk ke negaranya.Meski dengan sopan si Mossad memperlakukan kita, tetap saja kami berpikir buruk. Kami semua akan langsung dideportasi atau dihukum mati minimal dipenjara seumur hidup. Sebab tidak ada bukti, siapa memberi perintah datang ke Israel. Sampai diruang bawah tanah, persaan kami tenang setelah melihat para perwira BIA yang dilibatkan dalam Operasi Alpha. Kemudian baru aku tahu, kami memang sengaja diskenariokan untuk ditangkap dan justru bisa lewat jalur khusus, guna menghindari public show apabila harus ke luar lewat jalur umum.
Kami langsung menerima brifing singkat mengenai berbagai hal yang harus diperhatikan selama berada di Israel. Yang tidak enak adalah kegiatan sesudahnya yaitu sweeping segala macam barang bawaan yang berlabel made in Indonesia. Kami juga diajarkan untuk menghapal sejumlah kalimat bahasa Ibrani, Ani tayas mis Singapore yang artinya aku penerbang dari Singapura. Ada sapaan boken tof berarti selamat pagi dan shallom sebagai sapaan saat bertemu dengan kawan.
Eliat, pangkalan udara rahasia
Semalam tidur dihotel, kami kemudian diangkut dalam satu mobil van menuju arah selatan menyusuri Laut Mati. Setelah dua hari perjalanan, kami sampai dikota Eliat. Perjalanan dilanjutkan kembali ditengah padang pasir, setelah melewati beberapa pos jaga, akhirnya van masuk ke sebuah pangkalan tempur besar diwilayah barat kota Eliat. Di Israel, pangkalan tidak pernah memiliki nama pasti. Nama pangkalan hanya berupa angka dan bisa berubah. Bisa saja nama pangkalan itu adalah base number nine di hari tertentu, namun esoknya bisa diganti dengan angka lain. Sesuai kesepakatan bersama, kami menyebut tempat ini dengan Arizona, oleh karena dalam skenario awal kami memang disebutkan akan berlatih terbang di Amerika.
Total waktu rencana pelatihan selama empat bulan. Selama itu para penerbang melaksanan kegiatan pelatihan, dari ground school hingga bina terbang, agar mampu mengendalikan pesawat A-4 Skyhawk. Latihan terbang diawali dengan general flying sebanyak dua jam, ditemani instruktur israel. Setelah itu, kami semua sudah boleh terbang solo. latihan kemudian dilanjutkan dengan pelajaran yang lebih tinggi tingkat kesulitannya. kali ini kami harus mampu mengoperasikan pesawat A-4 sebagai alat perang.
Selama di Eliat, walau terjadi berbagai macam masalah, namun tidak sampai mengganggu kelancaran latihan. Masalah utama tentunya bahasa, sebab tidak semua penerbang Israeli Air Force (IAF) bisa berbahasa Inggris, sedangkan kami tidak diajari berbahasa Ibrani secara detail. Masalah lain adalah telalu ketatnya pengawasan yang diberlakukan kepada para penerbang. Bahkan kami semua selalu dikawani satu flight pesawat tempur selama berlatih.
Pelajaran terbang yang efektif. Misalnya terbang formasi tidak perlu jam khusus tetapi digabung latihan lain seperti saat terbang navigasi atau air to air. sehingga dengan jam yang hanya diberikan sebanyak 20 jam/20 sorti, kami semua dapat mengoperasikan A-4 sebagai alutsista. Dalam siklus ini pula, aku pernah menembus sistem radar Suriah dengan instruktur ku.
Latihan terbang kami berakhir tanggal 20 Mei 1980 dengan dihadiri oleh beberapa pejabat militer Indonesia yang semuanya hadir dengan berpakaian sipil. Kami mendapat brevet penerbang tempur A-4 Skyhawk dari IAF. Rasanya bangga, oleh karena kami dididik penerbang paling jago didunia. Namun kegembiraaan selesai pendidikan segera berubah sedih, oleh karena brevet dan ijasah langsung dibakar didepan mata kami oleh para perwira BIA yang bertindak sebagai perwira penghubung. kami dikumpulkan di depan mess dan barang-barang kami disita dan segera dibakar. Termasuk brevet, peta navigasi, catatan pelajaran selama dipangkalan ini. Mereka hanya berpesan, tidak ada bekas atau bukti kalau kalian pernah kesini. Maka hapalkan saja dikepala, semua pelajaran yang pernah diperoleh.
Wing day di Amerika
Selesai pendidikan di Israel, kami tidak langsung pulang ke Indonesia, namun diterbangkan dulu ke New York. semalam di New York, kemudian diajak ke Buffalo Hill di dekat air terjun Niagara. Ternyata kami sengaja dikirim kesana untuk bisa melupakan kenangan tentang Israel. kami diberi uang saku yang cukup banyak menurut hitungan seorang Letnan Satu.Aku juga dibelikan kamera merek Olympus F-1 lengkap dengan filmnya dan diwajibkan mengambil foto-foto dan mengirim surat atau kartu pos ke Indonesia, untuk menguatkan alibi bahwa kami semua benar-benar menjalani pendidikan terbang di AS.Akhirnya selama ada objek yang menunjukkan tanda medan atau bau AS, pasti langsung dipakai sebagai background foto. Tidak terkecuali pintu gerbang hotel, nama toko bahkan sampai tong sampah bila ada tulisan United State of America pasti dijadikan sasaran foto.
Aku dibawa lagi ke New York, para penerbang kemudian diberikan program tur keliling AS selama dua minggu, mencoba tidur di sepuluh hotel yang berbeda dan mencoba semua sarana transportasi dari pesawat terbang hingga kapal.
D Yuma, Arizona, kami telah diskenariokan masuk latihan di pangkalan US Marine Corps (USMC), Yuma Air Station. Tiga hari dipangkalan tersebut, kami dibekali dengan pengetahuan penerbangan A-4 USMC, area latihan dan mengenal instrukturnya. Kami juga wajib berfoto, seakan-akan baru diwisuda sebagai penerbang A-4, skaligus menerima ijasah versi USMC. Ini sebagai penguat kamuflase intelijen, bahwa kami memang dididik di AS.
Sang Merpati Hinggap
Tanggal 4 Mei 1980, persis sehari sebelum pesawat C-5 Galaxy USAF mendarat di Lanud Iswahyudi, Madiun, mengangkut F-5 E/F Tiger II, paket A-4 Skyhawk gelombang pertama, terdiri dua pesawat single seater dan dua double seater tiba di Tanjung Priok. Pesawat-pesawat tersebut diangkut dengan kapal laut langsung dari Israel, dibalut memakai plastik pembungkus, cocoon berlabel F-5. Dengan demikian, seakan-akan satu paket proyek kiriman pesawat terbang namun diangkut dengan media transportasi berbeda.
Nantinya, ketika sudah kembali lagi di Madiun, kepada atasan pun kukatakan bahwa pelatihan A-4 di Amerika. Sebagai bukti kuperlihatkan setumpuk fotoku selama berada di Amerika. Ingin melihat foto New York, aku punya. Mau melihat foto Akademe AU di Colorado, aku punya. Karena percaya, atasanku di Wing-300 malah sempat berkata, “Saya kira tadinya kamu belajar A-4 di Israel, enggak tahunya malah di Amerika. Kalau begitu isu tersebut enggak benar ya?”
Gelombang demi gelombang pesawat A-4 akhirnya datang ke Indonesia setiap lima minggu, lalu semuanya lengkap sekitar bulan September 1980.
Berprestasi Tapi Harus Menutup Diri
Saat F-5 datang ke Indonesia, ternyata masih belum dilengkapi dengan persenjataan. Sedangkan A-4 justru sudah dipersenjatai dan langsung bisa digunakan dalam tugas-tugas operasional. Sehingga apa saja kegiatan TNI AU baik operasi maupun latihan selalu identik dengan F-5, walau kadang-kadang yang melakukannya adalah pesawat A-4.
A-4 tetaplah A-4 dan samasekali bukan F-5. Kondisi serba rahasia bagi armada A-4 bertahan samapi perayaan HUT ABRI tanggal 5 Oktober 1980, dimana fly pass pesawat tempur ikut mewarnai acara tersebut. Pesawat A-4 tampil bersama-sama F-5 dimana untuk pertama kalinya pesawat A-4 dipublikasikan dalam event besar. Setelah ini, sedikit demi demi sedikit mulailah keberadaan A-4 dibuka secara jelas. Tidak ada lag tabir yang sengaja dipakai untuk menutupi keberadaan pesawat A-4 di mata rakyat Indonesia.
Sebagai informasi tambahan, hingga saat ini bahkan setelah A-4 digrounded pada tahun 2004, Mabes TNI AU tidak pernah mengakui operasi alpha pernah terjadi.
Sumber:
Poerwoko, Djoko F. Menari di Angkasa. Kata hasta pustaka. Jakarta. 2007
Quote:
KERJASAMA INDONESIA-ISRAEL DIBIDANG MEDIS
Spoiler for Beritanya (Bahasa Inggris):
Representatives from Indonesia, Israel sign medical agreement
Muhammad Nafik, The Jakarta Post, Jakarta | National | Fri, November 07 2008, 10:54 AM
Indonesian delegates signed a medical cooperation agreement with Israel's national emergency medical service Magen David Adom (MDA) and the American-Israel Joint Distribution Committee in Tel Aviv last week.
The US$200,000 agreement involved Sudibyo Markus, deputy chairman of Muhammadiyah, which, with some 30 million members, is Indonesia's second largest Muslim organization.
The Indonesian delegation was led by Prof. Aryono Pusponegoro from the University of Indonesia, who chairs both the 118 Emergency Ambulance Service Foundation and the Indonesian College of Surgeons.
"I was invited there (to Tel Aviv) to sign the agreement only as a witness. It was Pak Aryono who was directly engaged in the cooperation," Sudibyo told The Jakarta Post on Thursday.
"There was no a memorandum of understanding between Muhammadiyah and Magen David Adom," he stressed.
However, Sudibyo said Aryono currently serves as an health advisor to Muhammadiyah.
"Muhammadiyah is interested in such a program," Sudibyo added.
The Muhammadiyah runs dozens of clinics, hospitals, orphanages, schools and universities across Indonesia, which are recognized by the government as well as international organizations.
Sudibyo said the accord, signed with MDA chairman Noam Yifrach on Oct. 30, was a cooperation between Israel and Indonesia regarding humanitarian emergency health services.
The visit was also intended to promote an "interfaith" dialog between the Jewish state and the world's largest Muslim nation, he added.
He said the visit would not have happened if the MDA had not been recognized as an equal member of the International Committee of the Red Cross two years ago.
The agreement was preceded by a week-long MDA course on the "management of multi-casualty incidents", something that the two countries sadly share a need for. A group of 23 leading Indonesian health system professionals attended the course.
Yifrach and the MDA coordinator of the Red Cross and Red Crescent, David Abadi, came to Jakarta in September to finalize plans for the Indonesian doctors to take part in the training.
Both Yifrach and Abadi held meetings in Jakarta during the visit, The Jerusalem Post reported.
Sudibyo said the cooperation was made as Israel is home to the world's leading experts in medical emergencies.
"I was interested in going there to learn about its medical emergency services system," he said. "In India it takes some 30 minutes for an ambulance to bring a victim to hospital, while in Israel it takes a maximum of 10 minutes,"he added.
"It's easier to order a pizza in Indonesia than an ambulance," Aryono was quoted by The Jerusalem Post as saying to the laughter of his colleagues. The dismal paramedic units he alluded to face severe financial difficulties and were hit hard by the tsunami that devastated Southeast Asia in 2004.
"People don't know what a paramedic is in Indonesia. "But after this trip, they will," he continued.
The accord will lead to the training of Indonesian medics and paramedics in Israel and at home.
Sudibyo said the Indonesian doctors who were trained in Tel Aviv would pass their knowledge on to other paramedics upon returning home.
The recent exchange visits between Indonesia and Israel are rare events, since the two countries have no diplomatic ties.
"When there are people-to-people interactions, and personal relationships being built, things start happening," Aryono said.
"This is how you make peace. As soon as politics comes into it and politicians get involved the whole thing falls apart," Yifrach was quoted as saying.
"I believe this could lead to a process of eventual diplomatic relations between the two countries," he added.
- See more at: http://www.thejakartapost.com/news/2....iwgx2zaq.dpuf
Muhammad Nafik, The Jakarta Post, Jakarta | National | Fri, November 07 2008, 10:54 AM
Indonesian delegates signed a medical cooperation agreement with Israel's national emergency medical service Magen David Adom (MDA) and the American-Israel Joint Distribution Committee in Tel Aviv last week.
The US$200,000 agreement involved Sudibyo Markus, deputy chairman of Muhammadiyah, which, with some 30 million members, is Indonesia's second largest Muslim organization.
The Indonesian delegation was led by Prof. Aryono Pusponegoro from the University of Indonesia, who chairs both the 118 Emergency Ambulance Service Foundation and the Indonesian College of Surgeons.
"I was invited there (to Tel Aviv) to sign the agreement only as a witness. It was Pak Aryono who was directly engaged in the cooperation," Sudibyo told The Jakarta Post on Thursday.
"There was no a memorandum of understanding between Muhammadiyah and Magen David Adom," he stressed.
However, Sudibyo said Aryono currently serves as an health advisor to Muhammadiyah.
"Muhammadiyah is interested in such a program," Sudibyo added.
The Muhammadiyah runs dozens of clinics, hospitals, orphanages, schools and universities across Indonesia, which are recognized by the government as well as international organizations.
Sudibyo said the accord, signed with MDA chairman Noam Yifrach on Oct. 30, was a cooperation between Israel and Indonesia regarding humanitarian emergency health services.
The visit was also intended to promote an "interfaith" dialog between the Jewish state and the world's largest Muslim nation, he added.
He said the visit would not have happened if the MDA had not been recognized as an equal member of the International Committee of the Red Cross two years ago.
The agreement was preceded by a week-long MDA course on the "management of multi-casualty incidents", something that the two countries sadly share a need for. A group of 23 leading Indonesian health system professionals attended the course.
Yifrach and the MDA coordinator of the Red Cross and Red Crescent, David Abadi, came to Jakarta in September to finalize plans for the Indonesian doctors to take part in the training.
Both Yifrach and Abadi held meetings in Jakarta during the visit, The Jerusalem Post reported.
Sudibyo said the cooperation was made as Israel is home to the world's leading experts in medical emergencies.
"I was interested in going there to learn about its medical emergency services system," he said. "In India it takes some 30 minutes for an ambulance to bring a victim to hospital, while in Israel it takes a maximum of 10 minutes,"he added.
"It's easier to order a pizza in Indonesia than an ambulance," Aryono was quoted by The Jerusalem Post as saying to the laughter of his colleagues. The dismal paramedic units he alluded to face severe financial difficulties and were hit hard by the tsunami that devastated Southeast Asia in 2004.
"People don't know what a paramedic is in Indonesia. "But after this trip, they will," he continued.
The accord will lead to the training of Indonesian medics and paramedics in Israel and at home.
Sudibyo said the Indonesian doctors who were trained in Tel Aviv would pass their knowledge on to other paramedics upon returning home.
The recent exchange visits between Indonesia and Israel are rare events, since the two countries have no diplomatic ties.
"When there are people-to-people interactions, and personal relationships being built, things start happening," Aryono said.
"This is how you make peace. As soon as politics comes into it and politicians get involved the whole thing falls apart," Yifrach was quoted as saying.
"I believe this could lead to a process of eventual diplomatic relations between the two countries," he added.
- See more at: http://www.thejakartapost.com/news/2....iwgx2zaq.dpuf
Bold :
- Pembelian peralatan medis dari Israel beserta pelatihannya, dengan harga US$ 200,000
- Pelatihan petugas medis Indonesia di Israel
- Untuk membawa orang sakit ke rumah sakit terdekat dengan ambulan, hanya membutuhkan waktu selama 10 menit
Dari berita diatas, Israel memiliki teknologi dibidang medis yang maju. Untuk itulah, tidak salah Indonesia melakukan kerjasama dibidang medis dengan Israel (pendapat pribadi )
Dilanjut di bawah . . .
0
4.9K
Kutip
34
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
924.4KThread•88.3KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya