Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

n0nabeAvatar border
TS
n0nabe
Kecewa dengan Tindak Lanjut Sanggahan Transaksi Kartu Kredit UOB
Saya adalah pemegang kartu kredit UOB Lady’s Card sejak bulan November 2014.
Pada pertengahan bulan November 2014 saya menerima kartu kredit UOB dan mengaktifkannya. Selang beberapa hari dari tanggal aktivasi, tepatnya tanggal 17 November 2014 pk 02.08 - pk 03.09 saya kaget menerima notifikasi sms adanya transaksi dari Amazon.com sebanyak 6 transaksi dengan total nilai transasksi sebesar Rp. 3.648.346,-
Padahal sejak pertama kali aktivasi saya belum penah menggunakan kartu UOB saya untuk transaksi apapun. Setelah menerima sms notifikasi tersebut, saya langsung menelepon call center dan melakukan complain.
Complain saya ditanggapi dan saya disuruh mengirimkan surat sanggahan dengan format yang ditetapkan oleh UOB. Keesokan harinya pada tanggal 18 November 2014 saya mengirimkan surat sangahan transaksi.
UOB menindaklanjuti laporan saya dan melakukan investigasi. Selama proses investigasi, tagihan transaksi di Amazon.com tidak ditagihkan.
Selang dari peristiwa tersebut, kartu UOB lama saya diblokir dan akhir November 2014 saya mendapatkan kartu baru.
Selama menggunakan kartu baru saya tidak pernah bermasalah dengan transaksi saya dan selalu membayar penuh tagihan tepat waktu. Semenjak kejadian tersebut saya kira kasus tersebut telah selesai karena saya tidak pernah mendapatkan konfirmasi lagi dari pihak UOB.

Namun betapa kagetnya ketika saya menerima tagihan pada 26 Mei 2015, disitu tercantum tagihan 2 transaksi dari Amazon.com dengan nilai total sebesar Rp. 926.243,- yang terjadi pada bulan November 2014
Saat itu juga saya menelepon UOB dan menyampaikan keberatan saya, saya menyanggah transaksi tersebut dengan alasan (1) Saya tidak penah melakukan transaksi online apapun menggunakan kartu UOB (2) Transaksi tersebut terjadi pada kartu UOB yang baru diaktivasi Saya mengajukan agar tagihan saya tidak ditagihkan (direversal) dan dilakukan investigasi ulang karena saya tidak ingin hal ini memepengaruhi BI checking saya mengingat jatuh tempo pembayaran pada tanggal 4 Juni 2015. Saya juga menanyakan kenapa 2 transaksi tersebut ditagihkan kepada saya. Hampir setiap hari saya menghubungi call center UOB untuk menayakan tindak lanjut complain saya.

Pada tanggal 1 Juni 2015, pihak UOB (bag Fraud Management) meghubungi saya dan menyampaikan bahwa dari 6 transaksi yang saya sanggah pada bulan November 2014, 2 transaksi dibebankan kepada nasabah dengan alasan transaksi tersebut terbukti dilakukan oleh nasabah. Namun sebelum billing bulan Mei keluar saya tidak pernah menerima hasil investigasi yang dilakukan atas transaksi Amazon pada bulan November 2014 baik secara tertulis maupun lisan. Saya baru tahu sejak saya menerima biliing tersebut dan pihak UOB baru menjelaskan setelah saya mengajukan complain terlebih dahulu.

Namun sayang, sepertinya pihak UOB belum menindaklanjuti complain saya
Saya berkali-kali menelepon call center untuk menanyakan status laporan saya yang katanya akan ditindaklanjuti bagian Risk Management.

Pada tanggal 5 Juni 2015 ada panggilan tak terjawab di ponsel saya dari UOB, kemudian saya menghubungi call center UOB agar ditelepon kembali, dan mereka menerima laporan saya dan akan menghubungi kembali. Namun, saya tidak dihubungi kembali hingga pada hari Senin 8 Juni 2015, saya menelepon call center dan menanyakan tindak lanjut laporan saya. Alangkah terkejutnya saya mendengar jawaban petugas CS yang mengatakan bahwa hasil investigasi sudah final dan tagihan tersebut tetap dibebankan kepada saya serta tidak dapat diinvestigasi ulang karena hasil investigasi terbukti transaksi menggunakan kartu kredit UOB saya. Saya tetap mengajukan sanggahan transaksi dan investigasi ulang serta meminta bukti / salinan laporan hasil investigasi sebelumnya dikirim via email. Dan hingga saat surat ini dibuat saya juga belum menerima email tersebut

Jujur saya teramat sangat kecewa dengan manajemen Bank UOB. Saya sebagai nasabah merasa sangat dirugikan. Selain dirugikan secara finansial, saya merasa sangat dirugikan karena nasabah tidak diperlakukan selayaknya nasabah, padahal saya selalu membayar tagihan tepat waktu. Saya merasa pihak UOB belum menindaklanjuti complain saya secara optimal, karena sejak saya melakukan complain pada 26 Mei 2015 hingga saat ini (kurang lebih sudah 2 minggu), belum ada solusinya meskipun saya hampir setiap hari menanyakan status complain ke call center.

Melalui surat pembaca ini, saya mengharapkan kepada manajemen Bank UOB agar: (1) Memberikan salinan laporan dan menjelaskan hasil investigasi terkait kasus yang saya laporkan sejelas-jelasnya dengan tidak menghilangkan informasi-informasi yang telah saya sampaikan dalam hal penyelesaian kasus ini (2) Segera menyelesaikan kasus ini secepatnya dan transparan, karena penjelasan yang disampaikan hanya dari call center berbelit-belit dan sangat tidak memuaskan. Saya tetap menyangah transaksi di amazon.com tersebut yang dibebankan kepada saya dan tidak akan membayar sepeserpun untuk transaksi yang tidak saya lakukan.

Dikarenakan munculnya kasus seperti ini, saya berpikir seribu kali untuk meneruskan fasilitas kartu kredit dari Bank UOB.

Jakarta, 10 Juni 2015

Media R
085791860860
medik47@gmail.com
0
5.3K
9
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat PembacaKASKUS Official
13KThread2KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.