Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kawawakaAvatar border
TS
kawawaka
8 Oleh-oleh khas China yang Harus Anda Beli
China dikenal wisatawan sebagai surganya belanja suvenir unik dan punya filosofi kehidupan nenek moyang. Kalau bingung mau beli apa, ada 8 benda yang bisa taveler pilih untuk dibawa pulang ke Tanah Air sebagai oleh-oleh.

Kain sutera, keramik antik, lukisan, batu giok hingga obat tradisional asli buatan China adalah benda-benda yang paling sering diburu pelancong. Nah, berikut ini 8 oleh-oleh khas China yang dikumpulkan detikTravel dari tourbeijing.com

1. Kain Sutra


China memang jagonya penghasil kain sutera yang punya kualitas paling top di dunia. Traveler selalu tak mau ketinggalan membeli kain sutera sedari dulu. Tak dapat dielak, traveler sangat suka kehalusan, variasi serta warna dari kain sutera yang menggoda untuk dibeli. Produk kain sutra terbaik berasal dari Kota Dandong, Suzhou, Hangzhou dan Sichuan.

Biasanya pelancong paling suka membeli kain sutera yang sudah dibuat menjadi gaun cantik Chi Pao asli China. Kalau Anda tak menginginkan gaun, Anda juga bisa membeli kain sutera yang masih utuh dengan viariasi yang lebih menarik. Aksesoris lain seperti syal sutera juga bisa dibawa pulang sebagai buah tangan.

2. Keramik antik


Kalau Anda seorang kolektor barang antik, China-lah negaranya. Keramik merupakan buah tangan antik khas China yang punya nilai sejarah panjang. Keramik China telah menjadi salah satu karya seni yang paling awal diperkenalkan kepada dunia lewat Jalur Sutera dari masa ke masa. Banyak keramik bermotif lawas yang menggambarkan budaya dan kehidupan tradisional orang Tiongkok yang dijual di pasaran.

Hati-hati juga dalam membeli keramik antik. Ada sebagian toko yang menjual keramik bergaransi. Kalau traveler ingin jalan-jalan ke pusatnya keramik kuno di China, langkahkan kaki ke Kota Jingdezhen. Selain bisa membeli keramik unik nan antik, Anda pun dapat mempelajari asal-usul keramik, kehidupan orang Tiongkok zaman dulu sampai budaya lain Tiongkok yang masih melekat sampai kini.

3. Lukisan China

Banyak yang menganggap kalau karya seni buatan China mengandung artian khusus. Selama berabad-abad, perkembangan dunia lukis khas China sering menggambarkan perubahan waktu dan kehidupan sosial, kebanyakan adalah cat air.

Ada dua teknik yang dipakai untuk menghasilkan lukisan yang apik, yakni Gong Bi dan Shui Mo. Kedua pun menimbulkan perbedaan filosofi. Traveler tinggal pilih saja sesuai selera dan harganya pun bermacam-macam.

4. Batu giok

Bagi pelancong wanita, kalau pulang dari China pasti ingin membawa pulang batu giok atau batu jade yang cantik. Ya, dalam filosofi budaya Tiongkok batu giok sendiri melambangkan kecantikan, kemuliaan, keteguhan, kesempurnaan, kekuatan dan keabadian. Batu ini sudah menjadi maskot orang Tiongkok sejak lebih dari 4.000 tahun silam.

Batu giok biasanya dijadikan manik-manik perhiasan cincin, kalung, gelang, bros sampai hiasan dinding dan meja. Ada empat batu giok yang kualitasnya baik, seperti Giok Hetian, Giok Xiu, Giok Dushan dan Turquoise. Mau?

6. Kerajinan tangan

Setiap negara pasti punya identitas yang dituangkan dalam miniatur kerajinan tangan yang beragam. China pun demikian, tak cuma keramik yang menjadi buah tangan populer. Kerajinan tangan buatan China juga sering diburu pelancong. Di samping harganya murah, bentuk dan ragam kerajinan tangan yang simpel mudah dimasukkan ke dalam ransel atau koper. Tapi ada pula kerajinan tangan asli China seperti patung punya nilai religius yang tinggi.

Traveler bisa mudah membeli kerajinan tangan China di pasar oleh-oleh yang tersebar di semua kota. Kerajinan tangan kesukaan pelancong antara lain ukiran, kain bordir, kerajinan kertas, gambar panel kayu, lampion, tembikar, dan lain-lain.

7. Teh

Meski sudah berganti-ganti dinasti, tradisi meminum teh di China sudah menjadi keharusan semua orang yang tinggal di sana, termasuk traveler yang sedang berlibur. Produk teh China beraneka ragam dan ada pula yang berkhasiat untuk kesehatan. Ada lima kategori teh China yang populer seperti teh hitam, teh hijau, teh wangi, teh bata dan teh oolong.

Nah, China punya 10 jenis teh berkualitas baik yang tumbuh di beberapa area. Antara lain teh hijau Longjing, teh hijau Biluochun, teh hijau Maofeng, teh oolong Tieguanyin, teh hijau Yinzheng, teh hitam Qi Men Hong, teh hijau Maojian, teh hijau Liu an Gua pian, teh hijau Duyun Maojian dan teh hitam Pu-erh. Traveler wajib membawa pulang teh khas Negeri Panda yang rasanya luar biasa enak.

8. Obat tradisional China

Obat-obatan tradisional China juga jadi salah oleh-oleh yang suka dibeli pelancong. Sebab racikan-racikan herbal alami dalam pengobatan tradisional China paling dikenal ampuh seantero jagad. Sejak dinasti pertama yang berkuasa di Tiongkok, tabib-tabib selalu memanfatkan tumbuhan akar alami seperti jahe, gingseng, bunga krisan, ketimun China, Camellia, Cayenne, dan masih banyak lagi.

Obat-obatan China paling terkenal dihasilkan oleh industri yang berkembang, namanya Beijing Tongrentang. Traveler pun dapat membeli di pasaran, tapi tetap teliti sebelum membelinya, ya. Banyak beredar obat China palsu!

[url]http://travel.detik..com/read/2014/01/16/132525/2468824/1520/8-oleh-oleh-khas-china-yang-harus-anda-beli?880006fa[/url]

=====

buat onta fansboy pastinya alergi sama barang barang iniemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
silahkan beli air kencing onta buat oleh olehemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0
5.6K
27
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.