Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

daphbasketballAvatar border
TS
daphbasketball
YANG LAGI GALAU, YANG LAGI GAGAL, BACA INI !!!
Dalam hidup, kegagalan adalah sebuah keniscayaan. Entah itu dalam mencari pasangan, pekerjaan, membangun usaha, atau dalam hal lainnya. Namun kita tidak boleh berlama-lama meratapi hal itu. Apalagi sampai frustasi. Tentunya tidak mudah memang untuk mengatasi itu semua. Perlu jiwa dan mental yang kuat untuk terus bertahan memperjuangkan impian-impian kita.

Terus, apa yang harus kita lakukan untuk terus mengasah jiwa dan mental kita agar senantiasa bangkit dan kuat dlm memperjuangkan impian2 kita ?

Cekidot gan.
Saat mewujudkan business dreams atau impian kita yang lain, kita akan berkenalan dgn Prinsip 3R, yaitu : resourcefulness, resiliensi, dan result.

1. Resourcefulness
Resourcefulness adlh panjang akal. Street smart. Kecerdasan jalanan yg ditempa oleh pengalaman nyata dan real. Resourcefulness adlh tau kemana dan bgm harus belajar ilmu seo misalnya, saat anda mau memulai bisnis online. Resourcefulness adlh orang yg selalu hadir dg solusi dan menjalankan dgn tuntas. Bukan yg sedkt2 tanya dan bingung dan tulalit. "Saya mau bisnis tapi bisnis apa ya?" Ini contoh pertanyaan dari orang yg tidak panjang akal. Resourcefulness-nya amat mengkhawatirkan. Atau "saya mau bisnis, tapi bgm caranya ya?" Ini lagi contoh pertanyaan dari orang yg tdk punya resourcefulness. Pertanyaan yg menyebalkan.

2. Resiliensi
Resiliensi adlh ketangguhan mental untk terus melangkah. Resiliensi adlh saat anda bangun 7 kali saat menghadapi 6 kegagalan. Studi2 ttg elemen kunci kesuksesan selalu menempatkan "resiliensi" sbg peringkat pertama karakter yg diperlukan untk sukses. Kegagalan bisnis acap hadir menyergap. Hanya yg punya resiliensi, yg bisa terus bertahan dan melangkah maju. Lalu bgm daya resiliensi bisa ditumbuhkan? Bgm ketangguhan mental untk berkelit dari sergapan kegagalan bisa diracik? Temuan studi yg surprising : salah satu cara ampuh untk menumbuhkan resiliensi adalah.....dgn rajin olahraga. Studi menemukan orang yg rajin olahraga (min 4x seminggu, 30 menit) cenderung lbh tangguh saat menghadapi kegagalan demi kegagalan. Maka benar pepatah lama bilang : "mensana in corpore sano". Dlm tubuh yg sehat, terdapat jiwa yg kuat. So true. Maka mulai minggu depan, yuk rajin berolahraga. Move, walk, run, bike, swim, move, move. Sbb tekun berolahraga (exercise) bukan saja membuat tubuhmu sehat. Diam2 itu akan membuat sel2 otakmu mekar, dan ketangguhan mentalmu naik. Studi2 perilaku jg menunjukkan daya resiliensi menguap dg mudah saat kita tdk selektif membaca berita2/informasi negatif. Maka batasi dg bijak asupan berita/informasi2 negatif yg kita terima, baik dari tv, media dan socmed (sonya, 2007). Sbb, sonya menulis : berita2 negatif di tv/media adlh salah satu alat ampuh untk menghancurkan resiliensi dan daya optimisme kita. Sebab semakin sering anda menonton televisi, semakin tidak obyektif anda dlm menatap kehidupan (seligman study, 2005). Berita2 negatif di media > menghadirkan pesimisme > memicu energi negatif > diam2 menghancurkan daya resiliensi dlm otak audiens-nya.

3. Result
Elemen 3R yg terakhir setelah Resourcefulness dan Resiliensi, adlah Result. Show me the results. Eksekusi thd your dream business hanya akan cantik saat ia bisa membawa hasil nyata, results yg impactful. Result adlh anak tangga yg akan membuat impian bisnismu berpijak ke bumi. Menjelma menjadi kenyataan indah yg layak di-selebrasi-kan. Results adlh jejak yg akan membuat kucuran keringat yg selama ini engkau tebarkan tdk terasa sbg kesia2an belaka. Tanpa results, engkau hanya bergerak ditempat. Tanpa real results, impian2 bisnismu hanya akan menjadi fatamorgana. Resourcefulness + resiliensi = big and positive results. Inilah persamaan yg akan membawamu menjd great entrepreneurs. Rumus 3R tadi yg akan membuat visualisasi ttg bisnis impianmu bisa menjelma menjadi fakta. Bukan fiksi. Kenyataan, bukan ilusi.

Oke deh sekian trit ane kali ini. Mohon maaf klo ada kesalahan. Mudah-mudahan bermanfaat. #mariBerbagi
Tulisan ini bersumber dari kultwitnya @Strategi_Bisnis yg ane baca beberapa waktu yg lalu.
0
2.1K
20
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.