Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

muchs6310Avatar border
TS
muchs6310
Tolong !!! Bantu ane jelasin perintah perintah dasar linux ini
Assalamualikum para sepuhhh, newbi mau nanya, mohon maaf bila ada kesalahan atau thread ane melanggar rules, silahkan laporin ke ane nanti ane edit, atau lapor ke momod biar dihapus saja,

saya disini mau bertanya, sebelumnya udah berusaha nanya ke om gogel tp ga dptin apa yg pas dg masalah yg ane hadapi, langsung aja ni agan/sis yang jago dg dunia linux,

jadi gini, ane kan mau buat website lokal ni, tp kan kodingan website itu kan panjang" dan kalo ane ketik di linuxnya secara langsung kan agak sdkit menyusahkan karena yang ane pake linux versi cli distro debian 5.0 (kalo g salah), nah maka dari itu ane berpikir gimana caranya biar bisa pindahin file dari windows ke linux cli, nah ane kepikiran tuh pake cara ftp gtu, jd di debiannya ane installin service ftp, dengan segala konfigurasinya, dan client nya akhirnya bisa tuh ngapload file" (html/php + css) ke linuxnya, tapi ternyata folder yang di upload itu berada di direktori /home/nama-user-yg-dipakai-buat-login-ftp, jd otomatis ga berjalan kan tuh file program webnya (html/php + css) maka dari itu ane cari tau gimana caranya biar file yg di upload ke debiannya biar bisa langsung masuk ke direktori /var/www, setelah ane cari tau di om gugel dapet dah tuh cara, ane lupa di web apa, yg jls caranya seperti dibawah ini, dan hasilnya work, tp masalahnya ane gatau fungsi dari masing masing perintah tsb!
silahkan simak berikut:

1. apt-get install apache2 php5 dnsmasq elinks dkk <<<<ini ane tau, install paket aplikasi yg dibutuhkan, tp yg bawah ane kaga tau emoticon-Cape d... (S)
ane pilih configurasi ftpnya adalah standalone dari 2 pilihan, yaitu; from inetd atau standalone <<< bedanya from inetd dan standalone apa ???

2. chown -R root:www-data /var/www <<<< ???

3. chmod 777 /var/www <<<ini ane sdkit tau, tp masih butuh penjelasan lebih detail,

4. selanjutnya edit file "nano /etc/shells" edit file shells nya dg menambahkan /bin/false di baris paling akhir file shells <<< /bin/false gunanya buat apa ???

5. useradd web-muchs -d /var/www -s /bin/false <<< ???
passwd web-muchs

itu aja bro, maaf kalo peryantaannya sngat dasar tp ane memang bener bener newbi wlpun bgtu ane mau belajar lagi biar bisa lebih tau ttg linux, dan juga administrator emoticon-Ngakak (S)

fyi: os linux yg ane gunakan adalah debian versi 5.0 (kalu g salah), aplikasi ftp yg digunakan proftpd, client pake os windows 7, dan versi linux cli,


emoticon-Cendol (S) menanti buat yang udah coba bantu jawab, dan share, trimakasih semua
0
2.1K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Linux dan OS Selain Microsoft & Mac
Linux dan OS Selain Microsoft & MacKASKUS Official
4.4KThread2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.