Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hayden.cAvatar border
TS
hayden.c
Indonesia Sampaikan Keinginan Kembali Bergabung ke OPEC pada Hari Ini
Indonesia Sampaikan Keinginan Kembali Bergabung ke OPEC pada Hari Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyampaikan niat kembali bergabungnya Indonesia dalam organisasi negara eksportir minyak dunia (OPEC) dalam pertemuan yang dihelat di Vienna, Austria pada Jumat (5/6/2015).

"Secara khusus, OPEC akan mengadakan rapat pada hari Jumat, 5 Juni 2015 untuk membahas rencana Indonesia ini," kata Sudirman melalui keterangan resminya, Kamis (4/6/2015).

Indonesia secara resmi menyatakan keinginan untuk kembali bergabung dalam OPEC. Hal ini disampaikan melalui pertemuan dengan Sekretaris Jenderal OPEC, Abdalla Salem el-Badri serta kepada beberapa negara utama anggota OPEC.

Saat ini status Indonesia adalah suspended sejak tahun 2009. Anggota-anggota utama OPEC yang sudah ditemui, menyatakan dukungan penuh terhadap keinginan Indonesia untuk bergabung kembali dalam OPEC karena Indonesia merupakan salah satu negara yang berperan dalam pendirian dan pengembangan OPEC.

Aktifnya kembali Indonesia di OPEC dan pertemuan bilateral dengan berbagai negara membuka kembali peluang kerjasama dan dukungan dari negara-negara anggota OPEC dalam penguatan kedaulatan energi. Kesempatan dukungan ini sempat tertunda selama beberapa tahun sejak kita menyatakan ketidakaktifan dalam OPEC," ujar Sudirman.

Selama dua hari, sejak Rabu (3/6/2015) OPEC menyelenggarakan seminar "6th International Seminar OPEC”. Seminar tersebut mengangkat tema "Petroleum: An Engine for Global Development”.

Sudirman hadir dalam seminar tersebut didampingi Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi ESDM I Gusti Ngurah Wiratmaja dan Staf Khusus Menteri Widhyawan Prawiraatmadja.

source
0
976
7
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.