Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

NewshuntingAvatar border
TS
Newshunting
[Konsul][HELP] adik ane suka mencuri uang dirumah dan tetangga
Assalamu'alaikum gan/sist serta sesepuh di SF ini.

entah ane harus kemana lagi mencurahkan masalah batin ane ini kalo di H2H deskripsinya "untuk yg suka nulis atau blablabla" semoga aaja ga salah kamar..

jadi begini gan/sist, ane anak prtama dari 3 bersaudara laki2 semua, dan lermasalahan ini tentang adik ane yg ke 3/bontot. saat artikel ini ane tulis umurnya kira2 19 thn, sewaktu dia lahir dia mengidap epilepsi dan menjalani pengobatan yg keras semenjak kami di athena/yunani hingga datang ke Indonesia dan lanjut berobat di RSCM kata dokter dulu andainya sembuh anak ini bakalan cacat tp nyokap ane pantang menyerah dan se iring bertambahnya umur kejang2/epilepsinya hilang total , Alhamdulillah.

masalah pertama datang saat dia masuk TK dia seperti anak yg tidak bisa belajar menulis dan membaca dan kalo di ajarkan dia ngamuk2 semua habis di kelas di acak2 akhirnya dia ga TK, saat sudh cukup umur dia dimasukan ke madrasah yg sedrajat dgn sekolah dasar. ibu ane antar jemput naik sepedah jaraknya jauh bgt kalo ane inget2 jdi sedih, skip skip.. di madrasah klas 1 dia bertahan 1 semester itupun krn ditahan2 oleh ibu ane dipaksa2 harus masuk. mengamum ga mau belajar banting2 meja adalah makanan sehari dikelasnya itu. dan akhirnha sekolahnya menyerah.

kita ciba metode lain blajar private dirumah dan dia ttp ga mau walaupun ga ngamuk2 tp ttp ga ada satupun pelajaran yg bisa dia serap mnulis tak bisa membaca pun ga bsa.. akhirnya saat usia smp kita coba ajarkan ilmu agama dgn menyertakan dia di pengajian2 dimasjid respinnya bagus dia ga ngamuk dan mengikutin proses dengan hikmat dan enjoy. tp.... sekali lagi tak ada 1 pun yg terserap di otaknya. saat disuruh menulis dia ga bsa saat di suruh membaca dia ga bisa..

hingga saat ini dia ga bisa baca tulis, kondisi fisiknya normal tubuhnya ga kurus ga gemuk ga pendek dia bisa bermain berkomunikasi berbicara berlari bawa motor main hp(kecuali sms/chat dia minta bacakan mama). layaknya anak normal, yg tak normalnya adalah dia lebih memilih berteman dengan anak2 usia SD ketimbang se umurannya dia tidak bisa bekerja atau diberikan kepercayaan dan juga suka mencuri sejak usia 15 tahun.

kebiasaannya ini semakin parah seiring bertambahnya usia awalnya mencuri uang mama, papa sampe uang ane uang adik ane uang saudara2 ane. kami sampe malu sama saudara2 tp untung sudara2 ane mengerti kondisinya dan tidak pernh mengucilkan kluarga ane trutama adik ane.

2 bulan kemarin sempat ada rumah kosong yg di bobol dan barang2 yg hilang adalah tabung gas dan koper berisi pakaian2 awalnya ane fikir maling trnyata stlh ane usut sndiri itu adik ane dan dia setelah ane desak dan paksa akhirnya mengaku dan yg kembali hanya tabung gas. lalu 1 bulam stlh tu dia mencuri dompet tetangga ane sampai pagi2 butak tetangga ane datang krumah dan menanyakan dompet stlah kita tanya akhirnua dia ngaku dompetnya dibuang di kebun stlh dicari isinya sudah tak ada dan masalh di selssikan secara kekeluargaan.

dan keadaan perekonomjan kluarga ane sedang anjlog, dan dia masih saja mencuri 10 rb 20 rb sampe 100 rb padahal saat sprti ini uang sgtu sangat2 berarti, dari mulai ane omongin pelan2 dgn nasihat2 sampe ane hilang kesabaran dan memukulinnya membabi buta.. ane udh ga tau harus gimana menghadapi adik ane ini.. dikasih uang jajan stiap hari 5 rb ttp saja mencuri..

sekiranya ada pakar2 dalam bidan ini atau para agan/sist disini punya permasalahan serupa namun sudah dapat jalan kluarnya ane mohon bantuanya, pencerahannya.. apa yg ane harus lakukan?!

maaf kalau artikel inj berantakan karena ane via mobile fitur2nya tdak banyak, sekali lagi ane ucapkan banuak terimakasih kepada agan/sist dan sepuh sf ini yg sudah merespon..
tata604
tata604 memberi reputasi
1
4.1K
13
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & FamilyKASKUS Official
8.8KThread9.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.