Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

derrihutomoAvatar border
TS
derrihutomo
HMS Victory, Kapal Perang AKtif Tertua di Dunia
Halo agan2 dan aganwati2 sekalian, perkenalkan, I present you. my first thread on emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-Big Grin

Bayangkan sebuah kapal perang yang dibuat dan mulai berdinas sezaman dengan tahun-tahun awal kesultanan Yogyakarta dan Surakarta. Yang mulai berdinas sejak VOC masih berjaya dan sebelum adanya negara yang bernama Amerika Serikat. Dan kapal itu masih resmi aktif berdinas hari ini!
Yup, dialah HMS Victory, kapal legendaris yang banyak mengalami peristiwa monumental dalam sejarah. Dari atas kapal ini armada kerajaan Inggris meraih kemenangan dan selama-lamanya memupuskan impain Napoleon Bonaparte untuk menjadi penguasa atas Inggris Raya.
Dalam masa hidupnya yang panjang kapal ini telah banyak mengalami banyak hal, mulai dari ikut berpartisipasi dalam men-supress gerakan kemerdekaan Amerika Serikat, membendung dominasi Napoleon Bonaparte, sampai terkena bom musuh dalam Perang Dunia II.

Spoiler for Cutaway HMS Victory:


Dipesan tahun 1758, peletakan lunas tahun 1759 dan mulai berdinas 1765. Kapal memiliki panjang 69 Meter dan berat 3556 Ton. Ia memiliki 104 meriam yang ditempatkan di empat dek. Terdiri dari 30 pucuk meriam 42-pounder pada dek bawah, 28 pucuk meriam 24-pounder di dek tengah, dan 30 pucuk meriam 12 pounder di dek atas, bersama dengan 12 meriam 6-pounder di dek atas bagian belakang dan depan.
Spoiler for Deretan meriam HMS Victory:


Kapal ini paling dikenal karena peranya sebagai kapal bendera Laksamana Horatio Nelson dalam pertempuran Trafalgar (1805) yang menentukan dalam pernag Napoleon, dimana AL Kerajaan Inggris berhasil mengalahkan secara telak AL Prancis dan Spanyol walau harus dibayar dengan terbunuhnya sang Laksamana di atas Victory. Alhasil memupuskan harapan Napoleon untuk menyerbu daratan Inggris untuk selamanya dan menegaskan dominasi Inggris di laut.

Spoiler for HMS Victory in action dalam Pertempuran Trafalgar (1805):



Setelah pertempuran Trafalgar, HMS Victory menjadi kapal bendera bagi banyak laksamana lainnya dan melakukan berbagai ekspedisi.
Tahun 1922 Victory mulai menjalani restorasi dan sejak tahun 1928 menjadi museum dan dibuka untuk turis
Spoiler for HMS Victory di tahun 1922:


.
Tahun 1941, AU Jerman melancarkan serangan udara terhadap VIctory dan mengklaim berhasil menghancurkannya, namun pihak Inggris membantahnya dan Victory hanya mengalami kerusakan. Restorasi terus dilanjutkan dan upaya merestorasi Victory kembali seperti ke keadaan saat pertempuran Trafalgar rampung tahun 2005, tepat 200 tahun setelah pertempuran itu.

Kini HMS Victory masih aktif berdinas sebagai kapal bendera bagi First Sea Lord (Panglima AL Kerajaan) dan juga sebagai kapal museum. Ia adalah kapal tertua di dunia yang masih berdinas.
Spoiler for Kabin Kapten:



Sumber:
Wikipedia
Encyclopedia Britannica
hms-victory.com
culture24.org.uk
prdobson.com
dailymail.co.uk
htka.hu
historum.com

Sekian dari ane, semoga enjoyable dan bermanfaat



emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh derrihutomo 31-05-2015 06:20
0
15.5K
25
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread7.3KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.