Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

MyOwnIdAvatar border
TS
MyOwnId
[Salah Jokowi?] Ilmuwan Menyebut Suara Misterius di Langit dengan Istilah 'The Hum'
[Salah Jokowi?] Ilmuwan Menyebut Suara Misterius di Langit dengan Istilah 'The Hum'

Jakarta - Masyarakat dunia sedang digemparkan oleh suara misterius bak bunyi terompet dari langit Amerika dan Eropa. Ternyata fenomena ini bukanlah yang baru. Para ilmuwan menyebut peristiwa itu dengan istilah 'The Hum' dan telah berlangsung sejak tahun 1970-an silam.

Seperti dilansir dari blog [url=http://www.enigma.blogspot.com,]www.enigma.blogspot.com,[/url] Senin (25/5/2015), 'The Hum' yang diartitan sebagai dengungan itu merupakan suara berfrekuensi rendah yang dapat terdengar oleh sebagian orang di sebagian wilayah. Frekuensi suara ini hanya berkisar sekitar 10 hertz, jauh di bawah batas minimal frekuensi pendengaran manusia, yaitu 20 hertz. Di sebagian wilayah, suara ini bisa terdengar lebih keras dibanding tempat lain.

"Selama ini mungkin kita hanya mengenal istilah Taos Hum, yaitu fenomena dengungan yang dilaporkan di kota Taos, New Mexico. Namun sesungguhnya fenomena serupa juga terjadi di banyak tempat. Bristol di Inggris, Bay Ridge di New York, Vancouver di Kanada, Auckland di Selandia Baru dan Kokomo di Indiana juga menjadi rumah bagi fenomena misterius ini," kata Sam yang juga penulis buku Enigma 2 itu dalam blognya.

Sam memberi arahan untuk memahami pengertian suara dengungan misterius itu. Ketika pintu dan jendela tertutup, dan semua peralatan elektronik mati, maka berdiam dirilah sejenak. Tiba-tiba semua suara terasa menjadi lenyap dan kemudian suara berdengung aneh mulai terdengar di telinga.

"Mungkin anda pernah mengalaminya dan bertanya : Suara apakah yang barusan terdengar ? Itulah fenomena yang disebut 'The Earth's Hum' atau dengungan bumi," ujarnya.

Sam mengatakan, para ilmuwan yang meneliti fenomena itu awalnya segera mengkaitkannya dengan Tinnitus. Tinnitus yang dalam definisi medis berarti persepsi suara yang tercipta di dalam telinga manusia ketika tidak ada suara eksternal yang masuk yang biasanya diakibatkan oleh infeksi di telinga. Jadi seseorang mendengar suara tersebut ketika terjadi kelainan di telinganya.

"Namun teori ini tidak dapat menjelaskan mengapa suara dengungan hanya terdengar di wilayah geografis tertentu," pungkasnya.

Penjelasan mengapa suara dengungan hanya terdengar di wilayah geografis tertentu akan dibahas pada artikel selanjutnya.

http://news.detik.com/read/2015/05/2...stilah-the-hum

Lagi rame sekarang
Eh, kejadiannya Kerekam dari tahun 1970-an, sebelum tahun tersebut juga bisa jadi udah ada, Nasbung harus pake celana lagi emoticon-Big Grin

bahkan artikelnya diupdate dari 2 tahun kemaren, dan hampir mirip kaya beras dinegara lain udah rame lama tapi kenapa harus rame sekarang, tanya kenapa emoticon-Big Grin

Wikipedia
Quote:
0
3.8K
20
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.