Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yokonoAvatar border
TS
yokono
Pagar Nusa NU Serukan NKRI Harga Mati di Tengah Rapat Akbar HTI
Pagar Nusa NU Serukan NKRI Harga Mati di Tengah Rapat Akbar HTI


TRIBUNJABAR/LAISA KHOERUN NISSA
Sejumlah massa dari Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Kota Bandung turut melakukan aksi di tengah Rapat dan Pawai Akbar (RPA) Hizbut Tahrir Indonesia di kawasan Lapangan Gasibu, Kamis (14/5).

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Di tengah Rapat dan Pawai Akbar (RPA) Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), massa dari ‎​Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Kota Bandung turut menggelar aksi. Mereka menyerukan agar masyarakat menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Korlap Pagar Nusa Saefudin Z.H, menuturkan Musyawarah Nasional Alim Ulama NU memandang Islam sebagau agama yang mewajibkan umatnya untuk membentuk sebuah pemerintahan dan menegakan hukum agar tidak terjadi chaos. Namun, katanya, Islam tidak menunjuk satu bentuk negara dan sistem pemerintahan tertentu.
"Bagi Islam, negara dan pemerintahan dianggap sah bukan karena bentuknya, tetapi sunstansinya. Dengan kata lain, Islam mengukur keabsahan bentuk sebuah negara sejauhmana negara secara konstitusional dan pemerintah sebagai penyelenggara negara melindungi dan menjamin warganya mengamalkan ajaran agamanya," katanya, Kamis (14/5).
Ia menambahkan berdasarkan khazanah sumber hukum dan sejarah Islam, agama Islam memberi wewenang penuh kepada umatnya untuk mengatur dan merancang sistem pemerintahan sesuai kondisi zaman, tempat dan kesiapan pranatanya.
"Dengan demikian, memperjuangkan tegaknya nilai-nilai substansif ajaran Islam seperti keadilan, kesejahteraan dan kemakmuran dalam sebuah bentuk apapun negara jauh lebih penting daripada memperjuangkan tegaknya simbol-simbol negara Islam yang bersifat partikular," ujarnya.
Oleh karena itu, pihaknya meminta pemerintah dan umat Islam untuk menangkal setiap jalan dan upaya munculnya gerakan yang mengancam NKRI. Menurutnya, saat ini pemerintah tidak tegas terhadap keberadaan ormas yang secara terang-terangan mengajarkan khilafah dan tidak mengakui asas Pancasila di Indonesia.
"Ormas tak berasas Pancasila menginginkan NKRI diganti Khilafah. Padahal wacana tersebut bertentangan dengan Undang-Undang," katanya.
Pantauan Tribun, sejumlah massa dari Pencak Silat NU Pagar Nusa Bandung ini dikawal ketat oleh aparat kepolisian untuk menghindari bentrokan dengan massa HTI. Kedua pihak saling melempar orasi dimana satu pihak mendukung adanya khilafah, sementara pihak lain mengutarakan pentingnya menjaga NKRI. (isa)

http://jabar.tribunnews.com/2015/05/...pat-akbar-hti/

setuju.. kalo bisa pihak polisi juga jangan beri ijin perihal pawai" mereka.. karena jelas makar
Diubah oleh yokono 14-05-2015 16:45
nona212
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan nona212 memberi reputasi
2
18.5K
208
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.4KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.