Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kortikalAvatar border
TS
kortikal
[Bubar??] Penyelidik KPK Disoal Hakim, Johan Budi: Berarti Semua Kasus Kami Tidak Sah
Jakarta - Keputusan Hakim Haswandi yang menganggap bahwa KPK tak berwenang mengangkat penyelidik dan penyidik independen akan berbuntut panjang. Menurut Plt Pimpinan KPK, Johan Budi, jika merujuk pada dalil yang dipakai Hakim Haswandi, maka semua kasus yang ditangani KPK bisa dianggap tidak sah."Kalau penyelidik dan penyidik dianggap tidak sah, maka semua kasus yang dilidik dan disidik KPK akan tidak sah?" kata Johan, Selasa (26/5/2015).

Johan berpandangan bahwa putusan Hakim Haswandi sangat membingungkan. Haswandi membatalkan penyidikan kasus pajak PT BCA dengan alasan penyelidikan tidak sah, karena dalam dalilnya, Haswandi menganggap KPK tak berwenang mengangkat penyelidik dan penyidik independen sehingga dia membebaskan Hadi Poernomo dari tuduhan korupsi."Putusan ini membingungkan dan tidak ada kepastian hukum karena dalam putusan praperadilan sebelumnya yang mempersoalkan keabsahan penyidik KPK, hakim memutus bahwa pengangkatan penyidik KPK adalah sah," jelas Johan.

Untuk diketahui, pada praperadilan sebelumnya, yakni kasus Innospec dengan tersangka eks Direktur Pertamina, Suroso Atmo Martoyo, hakim memutuskan bahwa KPK mempunyai kewenangan untuk mengangkat penyelidik dan penyidik independen. Sehingga, putusan hakim Haswandi sangat membingungkan.Oleh karena itu, KPK menyatakan akan mengambil langkah hukum terkait putusan Haswandi yang membebaskan Hadi Poernomo. KPK memastikan akan melakukan upaya perlawanan terhadap putusan Haswandi."Kami akan pelajari dulu salinan putusan lengkap hakim dan kemudian melakukan upaya perlawanan," tegas Johan.

http://m.detik.com/news/read/2015/05/26/174410/2925641/10/

Nah Lo, jdnya gmn, bubar apa gmn emoticon-Big Grin
0
2.4K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.5KThread41.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.