- Beranda
- The Online Business
[share] 5 tips bersaing dengan online shop besar
...
TS
misterbeken
[share] 5 tips bersaing dengan online shop besar
Quote:
Secara head-to-head, memang tidak mudah bagi online shop kecil untuk bisa bersaing dengan online shop raksasa seperti Amazon, eBay, dan yang lainnya. Tapi jangan khawatir, ada 5 tips dibawah ini yang mungkin bisa kamu coba agar tetap bisa bersaing dengan Amazon dan kompetitor besar lainnya.
1. Fokus pada layanan pelanggan
Keberhasilan sebuah bisnis biasanya berawal dari layanan pelanggan yang baik. Jika kita ingin bisa bersaing dengan para kompetitor, maka fokuslah dengan memberikan layanan pelanggan ‘ekstra’ dibandingkan kompetitor. Syarat pertama adalah layanan pelanggan harus mudah diakses, bisa melalui telepon, chatting, dan email. Selain itu kita bisa menawarkan bantuan pembeli untuk membantu menemukan barang-barang yang mereka cari, serta berikan informasi lengkap tentang produk yang mereka pilih.
2. Harus gesit
Kita harus bisa lebih gesit dibandingkan kompetitor dalam menyesuaikan pengalaman belanja berdasarkan feedback dari para pembeli. Caranya adalah dengan merubah bermacam-macam produk di situs dan mengoptimalkannya berdasarkan masukan dari pelanggan, A/B testing, dan pelacakan riwayat mana saja yang bekerja mana yang tidak. Online shop kecil bisa menggunakan cara ini sebagai keunggulan kompetitif, terutama pada tahap awal bisnis.
3. Kualitas yang lebih baik
Retailers tradisional biasanya mengandalkan kualitas barang-barang white-label yang sama atau lebih baik untuk mendapatkan lebih banyak pendapatan. Online shop kecil bisa menggunakan strategi ini untuk menawarkan produk-produk yang berkualitas lebih baik dibandingkan produk lain yang tersedia di pasaran. “Kualitas lebih baik” bisa berarti material yang lebih baik, tidak berbahaya untuk lingkungan, lebih inovatif, dll. Kualitas yang lebih baik juga harus sebanding dengan harganya yang kompetitif atau fiturnya yang unik. Sehingga harga yang kita patok benar-benar tepat.
4. Tingkatkan loyalitas
Retailers kecil harus tahu dan mengenal siapa pelanggannya untuk membangun hubungan baik dengan mereka. Kita juga bisa memanfaatkan pelanggan untuk membantu promosi mulut ke mulut dengan menawarkan beberapa insentif yang menarik. Kita bisa menggunakan sistem poin atau voucher untuk setiap pembelian yang bisa ditukarkan dengan item tertentu. Strategi lainnya adalah bisa dengan menawarkan insentif berdasarkan musim atau pembeli di wilayah geografis tertentu. Teknik ini sering sulit diterapkan oleh retailer-retailer besar.
5. Jalin hubungan baik dengan vendor
Vendor yang notabennya sebagai penyedia barang-barang, kemasan, dan pengiriman untuk para retailers juga menjalankan bisnisnya. Biasanya vendor sering berada dalam situasi yang sulit jika bekerjasama dengan retailer besar untuk menawarkan harga margin yang rendah. Tapi sebaliknya, vendor akan lebih senang bekerja dengan retailers yang menghargai bisnisnya dan memberikan margin yang sesuai. Oleh karena itu, kita harus bisa menjalin hubungan baik dengan para vendor.
Itulah 5 tips sederhana bagi online shop kecil untuk bersaing dengan online shop raksasa. Semoga bermanfaat.
1. Fokus pada layanan pelanggan
Keberhasilan sebuah bisnis biasanya berawal dari layanan pelanggan yang baik. Jika kita ingin bisa bersaing dengan para kompetitor, maka fokuslah dengan memberikan layanan pelanggan ‘ekstra’ dibandingkan kompetitor. Syarat pertama adalah layanan pelanggan harus mudah diakses, bisa melalui telepon, chatting, dan email. Selain itu kita bisa menawarkan bantuan pembeli untuk membantu menemukan barang-barang yang mereka cari, serta berikan informasi lengkap tentang produk yang mereka pilih.
2. Harus gesit
Kita harus bisa lebih gesit dibandingkan kompetitor dalam menyesuaikan pengalaman belanja berdasarkan feedback dari para pembeli. Caranya adalah dengan merubah bermacam-macam produk di situs dan mengoptimalkannya berdasarkan masukan dari pelanggan, A/B testing, dan pelacakan riwayat mana saja yang bekerja mana yang tidak. Online shop kecil bisa menggunakan cara ini sebagai keunggulan kompetitif, terutama pada tahap awal bisnis.
3. Kualitas yang lebih baik
Retailers tradisional biasanya mengandalkan kualitas barang-barang white-label yang sama atau lebih baik untuk mendapatkan lebih banyak pendapatan. Online shop kecil bisa menggunakan strategi ini untuk menawarkan produk-produk yang berkualitas lebih baik dibandingkan produk lain yang tersedia di pasaran. “Kualitas lebih baik” bisa berarti material yang lebih baik, tidak berbahaya untuk lingkungan, lebih inovatif, dll. Kualitas yang lebih baik juga harus sebanding dengan harganya yang kompetitif atau fiturnya yang unik. Sehingga harga yang kita patok benar-benar tepat.
4. Tingkatkan loyalitas
Retailers kecil harus tahu dan mengenal siapa pelanggannya untuk membangun hubungan baik dengan mereka. Kita juga bisa memanfaatkan pelanggan untuk membantu promosi mulut ke mulut dengan menawarkan beberapa insentif yang menarik. Kita bisa menggunakan sistem poin atau voucher untuk setiap pembelian yang bisa ditukarkan dengan item tertentu. Strategi lainnya adalah bisa dengan menawarkan insentif berdasarkan musim atau pembeli di wilayah geografis tertentu. Teknik ini sering sulit diterapkan oleh retailer-retailer besar.
5. Jalin hubungan baik dengan vendor
Vendor yang notabennya sebagai penyedia barang-barang, kemasan, dan pengiriman untuk para retailers juga menjalankan bisnisnya. Biasanya vendor sering berada dalam situasi yang sulit jika bekerjasama dengan retailer besar untuk menawarkan harga margin yang rendah. Tapi sebaliknya, vendor akan lebih senang bekerja dengan retailers yang menghargai bisnisnya dan memberikan margin yang sesuai. Oleh karena itu, kita harus bisa menjalin hubungan baik dengan para vendor.
Itulah 5 tips sederhana bagi online shop kecil untuk bersaing dengan online shop raksasa. Semoga bermanfaat.
Spoiler for sumur:
0
1.2K
Kutip
4
Balasan
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Online Business
25.3KThread•3.3KAnggota
Urutkan
Terlama
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru