bayu.indraAvatar border
TS
MOD
bayu.indra
The 12 Principles of Animation - n simulation
buat agan n sis yang mau lihat tuts yg lainnya silahkan gan n sis ...
3DS Max - Graphite Modeling Tools - Selection Tab
3DS Max - Graphite Modeling Tools - Freeform Tab
3DS Max Shortcuts
Maya Shortcuts
Blender Shortcuts


BAYU Animation Online Class - 3DS Max 2013 n Maya 2013
The 12 Principles of Animation - Disney Studio

beberapa prinsip dari animasi di develop di Disney Studio sekitar tahun 1930'an gan ... prinsip prinsip ini sengaja dibuat sebagai acuan supaya animasi animasi yg terutama character animation bisa lebih realistik dan entertain ... alaupun awalnya dibuat untuk 2D cel animation, pada akhirnya juga bisa dipergunakan sebagai prinsip prinsip dasar dalam 3D animation ...

gan ... waktu di Disney Studio di develop sama Ollie Johnston dan Frank Thomas ...



01. Squash and stretch
sesuatu yang palingbanyak digunakan ... entah dengan simple tools atau dengan tools yg sangat advance ...
kenapa ... ? karena semua object mempunyai volume ... yangggg ... keras atau lebut nya pasti ada kadar nya ... kenyal istilahnya ...
dari situ juga bisa kita lihat seberapa berat object itu seharus nya atau seberapa berat object itu kita mau ...

misal bola karet dengan bola besi pasti beda ... !!

02. Anticipation

buat ane yaaa ... setiap adegan itu penonton nyahhhh ... harus dikasih tau, bukan blak blak gitu gan ... tapi penonton harus di prepare ... jadi kalau kaget ... kaget beneran ... biar penonton menduga duga ( bukan memberitahu ya gan ... di prepare !!)

semisal mau loncat ya gan n sis ... ada ancang ancang nyahhh ... ya nga ??

03. Staging

yang ini nih ... jangan sampai salah ... !!!
biasanya di pakai pertama tama di stage teather ... gunanya supaya penonton nga salah fokus gan ... istilahnya Ollie n Frank jangan sampai penonton salah lihat gan n sis ... salah fokus ... kacau !!

biasanya ya gan kalau di teather tu ... lampu di gelapin tus pakai lampu sorot ke satu aktor ajahhh ... maksudnya supaya dia aja yang dilihat ... fokus nya di dia ajahhh ... kalau di animasi bisa apa aja gan ... lighting, color, camera angle, DOF, apa aja ... yg penting yg mau kita kasih lihat nga bakal salah ... itu aja ...

04. Straight Ahead Action and Pose to Pose

sesuatu yg berhubungan antar perpindahan adegan ... komposisi ...
Straight Ahead Action seperti object moving out frame untuk adegan selanjutnya ...
Pose to Pose ini sebaliknya suatu adegan baru yg tiba tiba in frame ...

05. Follow Through and Overlapping Action

Follow Through ... biasanya di gunakan supaya gerakan lebih realistik, misal ketika badan berputar maka tangan, kepala juga ikut berputar ...
Overlapping Action ... kalau ini yg sifat membantu menjadi lebih realistik tapi dengan gerakan yg berlawanan ...

06. Slow In and Slow Out

gerakan manusia secara alami ... melambat ... bertambah cepat ... biasa digunakan untuk perpindahan pose to pose ... dr lari ke jalan, pasti ada perlambatannya, begitu juga ketika berhenti ... atau sebaliknya ...

07. Arc
seperti gerakan tulang ketika tangan bergerak, tidak terasa tapi sebenarnya mereka berputar ...
atau lemparan batu ... ada curve arc nya ...

08. Secondary Action
sesuatu yg bukan yg utama tapi pasti membuat lebih hidup ...

seperti object jatuh lalu berdebu ... atau ketika berjalan tangan mengayun ...

09. Timing
simple nya begini ... misal kalau kita mau buat object bergerak cepat maka kita hanya memerlukan frame yg sedikit ... ketika lambat maka kita memerlukan lebih banyak frame ...

10. Exaggeration
biasa di gunakan supaya kelihatan lebih cartoon, di lebih lebihkan ...

misal kalau mau lari character nya kaki nya berputar dahulu baru dengan cepatnya melesat ... atau ketika jatuh kadang sering teriam dulu, lalu beberapa saat kemudian baru terjatuh ...

11. Solid drawing
lebih yang sifat nya ruang ... ( three-dimensional space ) berat ... volume ...
three-dimensional shapes, anatomy, weight, balance, light and shadow ...

12. Appeal
lebih penampilan character nya ....

karisma ... simpatik ... empati ... seram ... galak ... sedih dan lainnya ...



Bouncing Ball Simulation



pertama sudah pasti agan n sis harus buat sphere ... kasih radius 25, segment nya 16 aja gan ...
lalu drag ke atas (Zaxis) sama dengan radius nya 25 ...

untuk animate ... pastiin kalau kita ada di frame 0 gan n sis ... lalu aktifin tombol Auto Key ... pindahkan ke frame 5, lalu drag ke atas (Zaxis) 50, lalu pindahkan ke frame 10, dan drag kembali objectnya ke 25 (Zaxis) lalu non aktifkan tombol Auto Key ... supaya drag position nya bisa lebih presisi bisa gunakan Transform Type In menu gan ...



setelah itu di di curve editor, select z position, lalu di curve editor ke menu curves pilih apply ease curve.
pilih loop supaya gerakan naik turun nya bisa berulang ulang ... repeating.



yang paling penting untuk diperhatikan itu bagaimana bentuk curve nya di curve editor, sehingga gerakannya bisa melambat ketika di atas, dan melenting ketika jatuh mengenai ground ... biasanya kita sebut Timing ... Slow In and Slow Out ...

habis itu gan n sis ... kita masih harus ngerjain squash n stretch nyaa ... simple aja gan n sis tool nyaa ... pakai scale aja ... tapiii ... yg ketiga yahhh ... namanya Scale n Squash (click n hold aja gan, ilih option yg ketiga) ...



tapi kalau di scale gitu aja bakalan naik body nya ... kenapa ?? soalnya pivot nya masih di tengah, jadiiii ... perlu diturunin !!
sesuai gambarnya ya gan n sis ... kita ke hierarchy tab, buka sub tab pivot, aktifin effect pivot only ... baru geser pivot nya ...

habis itu scale down sedikit (sekitar 80%), trus click auto key pindahin ke frame 2 scale balik deh gan ke 100% ... nah di frame 8 scale ke 100% lagi, di frame 10 baru scale down lagi (ke 80% lagi) ... nah stretch n squash nya jalan deh tu gan ...



belum selesi gan ... lanjut dilooping dulu ... sama aja seperti animate jumping nya ... setelah itu di di curve editor, select z scale, lalu di curve editor ke menu curves pilih apply ease curve. pilih loop supaya gerakan naik turun nya bisa berulang ulang ... repeating.




emoticon-I Love IndonesiaMAJU TERUS ANIMASI INDONESIA emoticon-I Love Indonesia






0
7.2K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Animasi
AnimasiKASKUS Official
2.5KThread957Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.