Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

alwaysgegeAvatar border
TS
alwaysgege
ANEKA JENIS MARTABAK.....YANG DOYAN MARTABAK MASUUUKKKK...!!
Apakah anda salah satu penggemar makanan berlapis yang sangat lezat yang dinamakan martabak ini? baiklah saya akan berbagi sedikit informasi tentang makanan ini. Martabak adalah sajian yang biasa ditemukan di Arab Saudi (terutama di wilayah Hijaz), Yaman, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Brunei. Bergantung pada lokasinya, nama dan komposisi martabak dapat bervariasi.

Di Indonesia ada dua jenis martabak, yaitu martabak asin yang terbuat dari campuran telur dan daging serta martabak manis (kue terang bulan) yang biasanya diisi cokelat. Berbeda dengan martabak telur, martabak manis adalah sejenis kue atau roti isi selai yang biasa dimakan di saat santai sebagai makanan ringan. Di Malaysia, martabak manis (yang dikenali sebagai Apam Balik) sering dijadikan sebagai hidangan sarapan dengan ditemani segelas teh tarik.


Qta liat jenis-jenis martabak.......jangan ngeces yaaaa......

Martabak terang bulan/ Manis Special


Martabak terang bulan/martabak manis. Konon menurut kisah disebut terang bulan, karena bentuknya bulat seperti bulan purnama. Martabak manis ini dibuat dengan bahan-bahan dasar adonan tepug terigu, gula, telor, dan lain-lain. Dan dicetak dengan cetakan piring seng dengan ukuran kurang lebih 20 cm dan dipasang tangkai pipa besi. Dipanggang dan digoyangkan diatas bara api, arang kayu, maupun kompor minyak. Sering martabak terang bulan ini disebut juga martabak ??goyang?. Isi atau bumbu-bumbunya adalah olesan mentega/margarine, susu, selai pepaya, selai nanas, meises, kacang dan lain-lain.

Resep Martabak Keju Manis Spesial

Resepnya niii gan :
Bahan-bahan Martabak Keju Manis Spesial :

300 gr Tepung Terigu
1/2 sdt Ragi Instant
350 ml Air
4 butir Telur Ayam
1 sdt Baking Soda
1/2 sdt Garam

Bahan Isi Martabak Keju Manis Spesial :

Margarin/Mentega
Susu Kental Manis Putih dan Cokelat
Meisjes
Keju Cheddar parut
Kacang tanah sangrai, cincang

Cara membuat Martabak Keju Manis Spesial :

Aduk rata tepung terigu dan ragi.
Tuangi air sedikit demi sedikit sambil aduk hingga kalis. Diamkan selama 30 menit.
Masukkan telur, soda kue, dan garam. Aduk hingga rata.
Panaskan cetakan martabak manis di atas api sedang. Olesi sedikit margarin.
Tuang adonan ke dalam cetakan. Masak hingga berlubang-lubang permukaannya.
Taburi dengan gula pasir atau susu kental manis. Tutup cetakan, diamkan beberapa saat
hingga matang.
Angkat. Olesi margarin dan beri pilihan Isi sesuai selera. Lipat, potong-potong.
Sajikan.

Martabak Telor


ternyata kata Martabak adalah merupakan bahasa Arab yang memiliki arti "terlipat". Sejarah dari kue Martabak ini sendiri juga cukup menarik untuk disimak, berawal dari seorang pemuda dari Tegal Jawa tengah yang bernama Ahmad bin Abdul Karim berkelana ke kota besar yaitu Semarang untuk berdagang pada tahun 1930. Kemudian beliau bertemu seorang warga India bernama Abdullah bin Hasan al-Malibary yang pandai memasak dan menjadi sahabat.

Suatu ketika Abdullah yang berasal dari India ini diajak kekampung halaman Ahmad dan diperkenalkan dengan saudara perempuannya, dan perkenalan tersebut menghasilkan pernikahan antara keduanya. Abdullah ini juga pandai membuat sebuah masakan yang terbuat dari terigu yang disebut martabak, karena beliau tinggal di Indonesia sehingga membuat kue Martabak yang lebih disesuaikan untuk lidah orang Jawa yang suka memakan sayuran, yaitu martabak yang berisi sayuran yang dicampur dengan bahan lainnya.

Karena makanan ini banyak disukai maka banyak kerabat dan tetangga dari Ahmad sahabatnya dan istrinya yang diajari membuat kue martabak tersebut, bahkan makanan ini juga sering diperkenalkan diberbagai acara diluar kota seperti pasar malam, maupun acara sekatenan di Yogyakarta dan dugderan di Semarang. Dan kini martabak sangat populer di negeri tercinta kita ini dan sudah tersebar.

Uniknya martabak telor yang memiliki rasa yang gurih, sering dijajakan bersama dengan martabak manis oleh para pedagang kaki lima diberbagai kota di Indonesia, padahal kedua makanan tersebut sangat berbeda jauh, atau mungkin hal ini karena namanya yang hampir mirip sehingga para pedagang menjualnya secara bersamaan.

Martabak Bangka


Hok Lo Pan atau Martabak dalam Bahasa Indonesia, adalah Makanan Khas Bangka Belitung. Hok Lo Pan atau Martabak diciptakan oleh orang-orang Hakka ( Khek ) Bangka. Satu-satunya di dunia, makanan orang suku Hakka (khek) yang memakai nama suku Hoklo. Hampir semua orang di kota-kota besar seperti di kota Jakarta mengenal Martabak Bangka, nama aslinya di Bangka adalah Hok Lo Pan (Martabak ). Arti Hurfiah Hok Lo Pan ( Martabak ) adalah Kue Orang Hok Lo

Padahal ini asli kue orang Hakka ( Khek ) Bangka. Sejarahnya adalah benar martabak memang dibuat oleh Imigran Hakka ( Khek ). Murni hasil kreatifitas Hakka ( Khek ) Bangka. Jelas BUKAN kue buatan suku Hok Lo. Kelihatannya ini bagian dari Kelirumologi ala Jaya Suprana.

Mengapa ini bisa terjadi? Menurut analisa BUKJAM ada 2 sebab. Pertama, menggunakan kata Hok Lo maka gengsi dari kue tersebut lebih tinggi. Kedua, kue ini jenis baru. Belum ada di Tiongkok maupun di Bangka Belitung, Indonesia Bukan juga kue Hakka( Khek ) dan tidak pernah dimakan oleh orang Hakka ( Khek ) sebelumnya. Jadi asumsi tidak mungkin kue orang Hakka ( Khek ). Karena kedekatan suku Hakka (Khek) dan suku Hok Lo, Nah, jika bukan Hakka ( Khek ) maka Hakka ( Khek ) Bangka menduga mungkin ini jenis kue Hok Lo.

Hok Lo Pan ( Martabak ) adalah kue yang sangat sederhana. Membuatnya pun sepertinya mudah. Hanya 12 Menit menunggu Hok Lo Pan ( Martabak ) pun Jadi. Menggunakan tepung terigu, diolesi dengan mentega, ditaburi coklat butir campur kacang tanah dan wijen, atau Keju parut campur wijen, kemudian diberikan susu kental manis, selesai. Ringkasnya seperti itu. Kini, isi dalam Hok Lo Pan ( Martabak ) beragam, ada pisang, strawberry, blueberry, dll. Aslinya hanya wijen saja. Lengkapnya lihat di tulisan mengenai proses pembuatan Hok Lo Pan ( Martabak )

Kelirumologi Hok Lo Pan( Martabak ) yang kedua adalah Hok Lo Pan ( Martabak ) di Semarang dikenal dengan sebutan kue bandung. Padahal jelas-jelas ini bukan kue bandung. Ini adalah kue orang Hakka ( Khek ) Bangka. Mengapa Hok Lo Pan ( Martabak ) di semarang dinamakan kue bandung? Hal ini ada sejarahnya. Sejarahnya adalah bahwa kue tersebut dibuat oleh orang Bangka yang menetap di Semarang dan diberi nama kue bandung. Yakni oleh Keluarga Cen (Pinyin : Zeng), generasi ke-4 dari leluhur yang bernama Cen Khian Sam (Pinyin : Zeng Quan San). Seorang imigran Hakka ( Khek ) dari Moi Yan Pararel dengan itu ada pula Mie Bandung di lokasi jalan Gajah Mada Semarang, dan di Tanjung Duren, Jakarta Barat, Indonesia.

Hok Lo Pan ( Martabak ) sangat sesuai dengan lidah orang Indonesia. Rasanya gurih, manis dan juicy. Sekali anda makan dijamin tidak cukup 1 potong saja. Pasti tambah lagi. Selain di Bangka Belitung, Hok Lo Pan ( Martabak ) ini sangat mudah ditemui diberbagai kota di seluruh Indonesia, seperti di Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Jogjakarta, Surabaya, Bali, Makassar, Balikpapan.

Di Pangkal Pinang ( Pinkong ), Bangka, Indonesia. Anda bisa beli Hok Lo Pan (Martabak) A Cauw. Lokasi di dekat simpang sekolah swadaya. Menurut Ini yang paling enak, namun bila lokasi anda jauh dari sana. Belilah di tempat sekitar. Di Tanjung Duren, Jakarta anda bisa beli Martabak Sinar Bulan, seberang Fuji Digital Image. Martabak Sinar Bulan adalah martabak yang paling lama di Tanjung Duren, selain Martabak A Hiung (A Hiung Gepeng) yang sudah tutup. Atau Martabak A Fong, seberang SS Photo. Semua martabak diatas dibuat oleh orang Bangka, dijamin asli dan halal. Harga Rp20.000-35.000/loyang. Beli Martabak yang dibuat oleh orang asli Bangka, itu baru martabak asli. Tips beli martabak lihat di tulisan berikutnya. Selamat mencoba..An Ho Sit Woo…

Martabak Aceh



Martabak Aceh adalah makanan Aceh yang dibuat seperti bentuk martabak. Makanan ini sekilas terlihat mirip dengan telur dadar biasa. Pembuatannya sedikit berbeda dari martabak telur pada umumnya, karena kocokan telur membungkus kulit martabaknya.

Pembuatan martabak ini diawali dengan menggoreng kulit martabaknya terlebih dahulu dan dibentuk segi empat, mirip dengan pembuatan roti canai. Kemudian kulit martabak dilumuri dengan kocokan telur yang telah dicampur dengan rajangan bawang merah dan daun bawang. Tahap berikutnya, kulit martabak digoreng seperti layaknya membuat dadar atau omelet, dengan kulit martabak yang berbentuk roti canai segi empat tadi sebagai intinya. Sebagai pelengkap rasa, martabak Aceh disajikan dengan acar bawang dan cabe rawit.

Martabak Aceh cukup terkenal di luar Aceh bahkan di luar daerah Aceh martabak ini dimodifikasikan dengan menggunakan gulai daging yang berbumbu kari.

Martabak Mesir



Martabak India



Martabak Mie



............................................................SEKIAN GAN ! .............................................................
riwidy
riwidy memberi reputasi
1
22.5K
161
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.