Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

19.09.1999Avatar border
TS
19.09.1999
Pernah Merasa Jatuh Saat Tidur? Ternyata Ini Penyebabnya


Kamu suka tidur? Sepertinya hampir semua orang suka tidur, dan mereka yang merasa tak suka tidur mungkin hanya berpura-pura. Yap, bisa tidur setelah menjalani aktivitas penuh seharian adalah sebuah anugerah yang luar biasa. Karena ketika kamu tidur, tubuh kamu beristirahat total supaya segar besoknya.

Hanya saja, ada sebuah fenomena unik yang selalu kamu rasakan ketika mulai tidur lelap. Hal itu adalah sebuah rasa kaget atau efek sensasi seolah-olah kamu sedang terjatuh saat tidur. Dalam mimpimu, kamu seakan sedang berjalan lalu kemudian terjatuh dari sebuah gedung yang sangat tinggi atau jurang yang dalam. Nah, pernahkah kamu merasakan fenomena terjatuh dari ketinggian waktu tidur itu?

Kalau kamu pernah merasakannya, jangan sedih karena kamu tak sendiri. Karena hal itu bisa dijelaskan secara logis. Rupanya saat kamu tidur, gelombang otak akan lebih lambat dan gerakan tersentak yang kamu alami itu karena tubuh terlalu lelah sehingga tak melalui tahapan tidur normal. Sehingga gerakan kaget itu adalah sebuah refleks yang sifatnya ingin melindungi.



Waktu kamu tertidur, otot tubuhmu bakal mengendur dan lemas. Otak rupanya menerima tanda tersebut bahwa kamu akan jatuh sehingga otak langsung mengirimkan pesan pada otot untuk mengencang agar tetap tegak yang membuat kamu merasakan efek tersentak dan seolah-olah bermimpi terjatuh. Fenomena unik itu memiliki nama Hypnic Jerk yang terjadi pada tahapan Polisomnografi, sebelum kamu masuk ke tahapan mimpi.

Hypnic Jerk sendiri rupanya terjadi pada mereka yang kurang mendapatkan waktu tidur atau terbangun di saat seharusnya mereka sudah tidur. Tak sedikit mereka yang mengalami Hypnic Jerk biasanya sampai terbangun sesaat sampai kemudian mereka bisa melanjutkan tidur dalam damai.

Nah, jadi jangan keburu takut dulu kalau kamu sering tersentak saat enak-enak tidur ya!

Gitu aja
emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
0
6.7K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.