Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pendaki langitAvatar border
TS
pendaki langit
5 Cara Membedakan Beras Plastik dan Beras Asli
Bersumber dari
dedadu.com



Tanah Air kembali heboh karena kasus beras plastik yang marak dan menjadi buah bibir. Penyebaran beras plastik ini sangat berbahaya bagi warga yang secara tidak sengaja memakannya. Coba kamu bayangkan, sendainya ada 2 kg plastik yang ada di perut kamu!

Nah, kali ini dedadu akan membantu kamu untuk melakukan identifikasi sederhana dalam membedakan beras plastik dan beras asli.

1) Guratan Beras

Beras yang asli memiliki bekas guratan sebagai akibat dari proses penyekaman padi. Sedangkan beras palsu yang terbuat dari plastik tidak memilikinya dan cenderung tampak mulus, bahkan terlalu bersih.

2) Warna putih

Coba perhatikan ujung dari beras putih milik kamu, apakah ada warna putihnya? Jika ada, maka selamatlah jatah makanmu kali ini. Warna putih tersebut ternyata warna alami yang menunjukkan karbohidrat pada beras asli.

3) Rendamlah

Ketika direndam, otomatis beras yang asli akan menjadi sedikit lebih lembek karena menyerap air. Selain itu, warna rendaman akan sedikit buram dan berwarna keputiha. Bagaimana dengan beras plastik? Tentu saja hal ini tidak akan terjadi.

4) Wangi

Kandungan H2O dalam beras asli merupakan sumber pewangi alami setiap kamu menanak nasi. Nah, jika beras yang sedang kamu masak beraroma sangit itu artinya beras tersebut tidak memancarkan H20 yang menunjukkan kalo beras kamu itu palsu.

5) Bakaaaarrr

Kata Norman Kamaru, ketika dibakar, beras yang asli hanya akan terlihat gosong. Sebaliknya, beras palsu yang terbuat dari plastik akan meleleh.
0
1.3K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.