Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lenovolontongAvatar border
TS
lenovolontong
Tilang Lalu Lintas
Pagi ini kena tilang gan, gara-gara melanggar marka jalan. Ceritanya ane mau mendahului angkot yang jalan macem siput di kiri, eeeh...., kok pas depan ane ada polantas kena semprit deeeh emoticon-Cape d... (S) (fyi, ane naik motor gan). Oke, ane akhirnya nego damai ama polantas-nya pake alasan "titip tilang" emoticon-Big Grin Sampai disini semua udah beres. tapi sepanjang perjalanan ane jadi mikir gini gan. Bukan polantasnya yang emang doyan disogok, tapi pelanggar lalin juga yang mau nyogok karena gak mau repot, jadi tidak ada unsur paksaan disini.
Ane sempet merenung di kantor, kenapa ane mau nyogok, bahkan dengan sukarela. Ane nanya temen-temen kantor semua juga bilang hal yang sama kok, bahkan sama seeorang yang tahun '98 dulu ikutan teriak-teriak "berantas KKN" dia juga bilang hal yang sama, mending damai daripada repot ke pengadilan.

Setelah ane konsultasi ama mbah gugel, ane jadi tau kenapa sistem tilang di Indonesia ini tidak berjalan dengan baik!!! Alasannya adalah REMPONG!!!!!
Bayangkan untuk mengurus sebuah tilang di PN, ane harus antre yang kagak tau berapa lama, harus ngedepin calo-calo di PN, dan proses peradilan yang kaga sampai 5 menit. Belum lagi ane harus merelakan SIM ane ditahan dan ngambilnya antre lagi emoticon-Nohope
Memang sih ada yang namanya titip tilang, tapi hal itu jarang disosialisasikan jadinya banyak yang kaga tau dan kaga ngerti.

Ane kasih saran aja sih, sapa tau ada polisi yang ngaskus juga dan kebetulan ngelliat trit ane. Kenapa nggak pake sistem tilang kaya punya Amerika aja? Jadi setiap pelanggaran akan dicatat nomor SIM-nya terus dikasih surat untuk membayar di ATM terdekat. Denda tilang tercantum dengan jelas di belakang surat tilang itu, jadi bukannya kita-kita kaga mau bayar denda, toh kita juga bayar uang damai juga yang kadang nilainya lebih besar ketimbang denda sebenarnya.

Sekian trt ane, tengkiu
0
1.5K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.