• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Heboh! Perusahaan Kelas Dunia Curangi Kompetitor dan Tipu Konsumen Selama 14 Tahun!

g.e.mAvatar border
TS
g.e.m
Heboh! Perusahaan Kelas Dunia Curangi Kompetitor dan Tipu Konsumen Selama 14 Tahun!
Hello gan, ketemu lagi ama ane emoticon-Kiss

Kali ini, ane lagi pengen bahas mengenai berita yang lagi hangat nih sekarang ini mengenai perusahaan prosessor yang besar dan mendunia yaitu Intel. Seperti yang agan semua tau, Intel adalah perusahaan global yang tak diragukan kualitas produknya, dimana mereka memproduksi prosessor di berbagai perangkat mulai dari PC, Notebook, Netbook, bahkan tablet dan smartphone.

Sayangnya, ada beberapa berita miring yang tengah mendera perusahaan besar ini yang tentunya dapat menjatuhkan kredibilitas mereka di mata konsumen setianya dan masyarakat luas. Menurut yang ane baca sih di berbagai sumber berita, dijelaskan kalo Intel terbukti memanipulasi skor benchmark Pentium 4 pada awal 2000an yang tentunya merugikan kompetitor intel seperti AMD dan merugikan konsumen Intel yang terlanjur membeli produk Pentium 4, karena disinyalir kemampuan Pentium 4 yang dibangga-banggakan dengan performanya yang mampu mengalahkan prosessor Athlon AMD kala itu ternyata hanya “bohong” belaka alias hasil manipulasi.



Pada artikel yang terdapat di ExtremeTech.com bahkan ditemukan kecurigaan adanya pengembangan compiler untuk benchmark yang seharusnya netral, tapi malah cenderung terlihat kesengajaan dimana pengembangannya lebih memihak pada produk keluaran Intel. Padahal pada pengujian di artikel tersebut prosessor Athlon keluaran AMD sebenarnya sangat kompetitif bila dibandingkan dengan Intel namun terlihat jadi jauh lebih lemah karena compiler yang “tidak netral” tersebut.

Oleh karena kebohongan Intel yang terungkap di pengadilan itulah, menurut artikel di JagatReview.com dan TheVerge.com kini Intel diwajibkan untuk membayar denda sebesar $15 per konsumen yang bila merasa dirugikan dengan “penipuan” hasil benchmark Pentium 4 bisa langsung melakukan klaim tanpa diperlukan adanya nota pembelian. Intel juga diwajibkan untuk mendonasikan sebesar 4 juta dollar untuk kepentingan edukasi demi menebus kesalahannya itu. Namun ane ga tau juga sih apakah klaim $15 ini berlaku juga untuk para konsumen Intel di Indonesia atau tidak, kalau soal ini sih mungkin agan-agan bisa tanya langsung ya ke Fanpage Intel Indonesia emoticon-Malu

Ada lagi berita lain dari CHIP dan Detik.com mengenai “kecurangan” kedua yang dilakukan Intel, dimana Intel didenda US$ 1,44 miliar oleh pengadilan Tinggi Uni Eropa karena terbukti mencurangi AMD dan melanggar regulasi anti trust Uni Eropa dalam kasus “anti kompetisi” di Eropa. Tahun 2009 Komisi Persaingan Usaha Uni Eropa mengatakan kalau Intel berupaya merintangi pesaingnya AMD dengan sengaja memberikan potongan harga chip x86 kepada para pembuat PC yakni Dell, HP, NEC dan Lenovo agar mereka hanya menggunakan chip x86 Intel pada produknya dan menunda penggunaan chip x86 buatan AMD emoticon-No Hope Dell, HP dan para produsen lain juga diminta untuk membatasi akses penjualan produk AMD. (Mungkin ini yang menyebabkan produk AMD dulu terbilang susah banget dicari emoticon-Mewek )



Intel juga katanya terbukti membayar jaringan ritel Media Saturn Holding dari Jerman agar mereka hanya menyediakan komputer yang menggunakan chip Intel.

Neelie Kroes, komisioner Uni Eropa mengatakan bahwa dengan bukti kecurangan tersebut, Intel telah melukai konsumen Eropa dengan berupaya membuat kompetitor berada di luar pasar selama bertahun-tahun. “Hal ini merupakan pelanggaran pada regulasi anti trust Uni Eropa yang tidak bisa ditoleransi”, ujarnya.

Nah, gimana pendapat agan mengenai kasus Intel yang melakukan manipulasi benchmark dan mencurangi kompetitornya ini? Kalo dipikir-pikir kok tega ya gan Intel menipu konsumennya sendiri dan menjatuhkan saingan dengan cara yang illegal? emoticon-Mewek padahal seharusnya sebagai perusahaan besar, terpercaya dan punya nama baik, ga layak kan kalo Intel melakukan hal seperti itu? Jujur ane sih kurang respek sama perusahaan yang berbuat curang menghalalkan segala cara demi mendapatkan keuntungan atau mengalahkan saingan dengan cara-cara tidak fair emoticon-Cape d...

Ya, disini ane bukannya fitnah ya, ane cuma mau ngomong fakta aja berdasar berita yang ane kumpulin dari media –media terpercaya. Ane cuma merasa tergelitik ingin mengemukakan pendapat ane mengenai kasus ini, karena menurut ane hal yang Intel lakukan adalah salah. Apalagi Intel adalah perusahaan besar, dengan image perusahaan yang bagus, terpercaya, yang harusnya bisa jadi panutan bisnis-bisnis kecil meniru kesuksesannya. Jujur ane sih kecewa banget gan begitu mengetahui kalo mereka meraih keuntungan dengan cara merugikan orang lain. Kalau emang mereka percaya diri dengan kualitas produk yang mereka hasilkan, seharusnya tak perlu melakukan upaya illegal dengan mensabotase produk kompetitor atau menipu konsumennya sendiri emoticon-Sorry

Dari kasus ini bisa kita ambil pelajaran bahwa buat perusahaan di luar sana baik yang besar maupun yang kecil, berbisnislah dengan JUJUR! Karena karma pasti berlaku, sekecil apapun perbuatannya, pasti agan akan merasakan buah yang agan tanam di masa lalu, cepat atau lambat.

Kira-kira inilah sekelumit unek-unek ane mengenai kasus ini. Kalo agan ga sependapat silakan berkomentar di thread ane, tapi usahakan jangan pake emosi atau kata-kata yang ga mengenakkan ya gan, mari berdebat secara sehat emoticon-Cool

Bagi yang sependapat dengan ane dan mau kasih cendol ane ga nolak ko gan emoticon-Ngakak ane ucapin makasih banyak buat agan-agan yang udah berbaik hati ama ane.

Oh iya berikut sumber-sumber berita yang ane dapatkan, biar ga dibilang hoax:

Intel Diwajibkan Membayar Denda Atas Informasi yang Salah
Intel paying up after allegedly 'manipulating' benchmarks 15 years ago
Intel finally agrees to pay $15 to Pentium 4 owners over AMD Athlon benchmarking shenanigans
Curangi AMD, Intel Didenda US$ 1,44 Miliar
Curangi AMD, Intel Dihukum Rp17 Triliun

Akhir kata, ane ucapkan sampai jumpa di thread ane selanjutnya emoticon-Kiss
0
49.6K
368
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.