iluvberryAvatar border
TS
iluvberry
[FR] Newbie trip ke SG 5D6N 9-14 Mei 2015 (Berhasil tanpa beli simcard - wifi only)
Selamat datang di thread FR pertama ane, gan… emoticon-Kiss (S)
Maaf masih berantakan dan ga menarik karena udah banyak yg bikin thread FR ke SG juga (dan ane tetep aja bikin.. hahaha) emoticon-Ngakak (S)

Perjalanan ane ke SG pertama kali ini terasa mudah, karena ane terbantu banget ama thread “[Kumpulan Tanya-Jawab] All About Singapore – Part 1”, jadi ane pengen terima kasih ama agan pedagangsby, agan arif.rahman, agan david_newcastle, agan ~shinsengumi~, agan jeteholicz, agan dhika setyawan, agan dudubi, agan cak.lontong, sist terrupi dan agan-agan suhu yang lain yg jawab pertanyaan2 ane di thread itu.

Persiapan :
Semua bermula dari iklan AirAsia bulan Desember 2014 di Koran Solopos ada rute baru SOC-SIN dengan tiket murah 199K (belum termasuk ini-itu), jadilah browsing2 cari tanggal yang perjalanan SIN-SOC nya juga murah, dan dapatlah di Senin,11 Mei 2015 berangkat (Rp.389.000,-)dan Kamis,14 Mei 2015 pulang (Rp.504.000,-).

Ane beli tiket PP itu buat 4 orang (ane, pacar ane, temen ane dan hubby bulenya) @Rp.893.000,- waktu itu tgl 10 Des ’14, airport tax indo belum include, dan ane beli tiket sebelum kecelakaan AA QZ815. Singkat cerita 30 Jan ’15 ane dikabarin Air Asia klo penerbangan ane yg 11 Mei ’15 diundur ke 12 Mei ’15, ane coba hubungi CS AA dan dikasih pilihan laen (persis kyk yg dialamin agan cak lontong FR agan cak.lontong ) Dan hasil berunding sama temen2, akhirnya kita pilih extend Singapore trip ini jadi 6D5N tanpa tambahan biaya tiket, berangkat Sabtu, 9 Mei 2015 dan pulang Kamis, 14 Mei 2015 biar puas sekalian.. hehehe.. emoticon-Big Grin
Oya, pas ane web cek in, ane diingetin AA buat bayar airport tax SOC @Rp.100.000,-

Untuk penginapan, malam pertama kami bakal tidur di changi biar hemat dan berasa backpackernya, 2 malam berikutnya nginep di hostel, dan 2 malam terakhir di apartemen temen. Karena yg perlu kami bayar hanya 2 malam di hostel, dari beberapa pilihan, ane tertarik sama Shophouse The Social Hostel Bugis, dan ane booking hostelnya dari indo, waktu itu ane booking via jasa agodanya agan terrupi, pilih 4 bed di 12 mix dorm @Rp.200.000,-/malam. Review hostel ini nanti ane upload tersendiri.

Pengeluaran Persiapan :
- Tiket AA include airport tax SOC = Rp.1.986.000,-
- Hostel 2 malam = Rp.800.000,-
Total Persiapan (2 orang) = Rp.2.786.000,-


DAY #1 (Changi)
Sabtu, 9 Mei 2015
Perjalanan dari bandara Adi Soemarmo Solo on time dan cuaca cerah, imigrasi Solo sama sekali ga buka tas2 kami (kami ga bawa bagasi waktu berangkat) pkl 15.40 wib take off dan landing dengan mulus di Changi T1 pkl.06.50 pm (waktu Singapore).
Karena bakal bermalam panjang di Changi, kami turun pesawat langsung isi minum di depan toilet.
Setelah ngelewatin 1x security check kami langsung cari skytrain ke T2, dengan mengandalkan denah bandara changi yg ane udah download sebelumnya di HP, kami explore taman2 yg ada di T2, dari mulai Enchanted Garden, Orchid Garden, dan naik ke level 3 menuju Sun Flower Garden deket movie theater, sekalian pake fasilitas PC dan internet gratis yg dijatah 20 menit/login buat ngabarin keluarga di rumah.

Spoiler for Pics:


Berhubung 2 pria itu udah kelaparan, ane dan temen cewek ane mengurungkan niat buat ke Butterfly Garden di T3, dan ngikut beli makan di Subway, habisnya 11,70 sgd buat berdua (selama di SG, khusus biaya makan ane gabung sama pacar) Dan mulai dari di Subway inilah, ane ngikutin saran agan arif.rahman, ane selalu self-service buat beresin sampah makanan dan balikin tray ke tempatnya.

Spoiler for Tempat taruh tray kotor:


Habis makan, kami turun ke Level 2, minta password wifi ke bagian informasi, dikasih password yg valid sampai 8 jam setelah diaktifin. Oya, sejak di Changi ini ane selalu kasih rate pelayanan yg ane dapatkan, baik itu di toilet maupun cs informasi, taman2, dll… karena mereka senang dan berterima kasih klo kita kasih rate. Ane pun selalu kasih rate excellent karena mengingat pelayanan di indo yg ane dapatkan seringnya jauh dibawah ekspektasi ane..

Spoiler for Rate Toilet:


Puas explore T2, kami balik ke T1 buat keluar imigrasi pkl.09.00 pm, ane memutuskan keluar imigrasi nya tetep dari terminal tempat pesawat AA kami landing, karena mengingat ada pengalaman agan lain di thread sebelah, klo dia sempet ditolak waktu keluar dari imigrasi terminal lain yg ga sesuai maskapainya.
Sebelum imigrasi ane sempetin ambil beberapa peta SG dan panduan bandara di tempat brosur2.
Melewati imigrasi lancar tanpa ditanya apapun (mungkin mbak india petugasnya udah capek karena udah malam), lalu kami naik ke level 3 T1 public area buat liat kinetic rain yg terkenal itu… habis itu kami naik skytrain ke T3 public area buat nyari spot tidur.

Kenapa ke T3 public area? Karena kami ga pengen dibangunin petugas subuh2 buat digiring keluar imigrasi, dan karena area T3 ini lebih sepi dibanding T1 maupun T2, dan yang jadi incaran ane buat tidur adalah aviation gallery T3 yg tenang dan berkarpet (mengingat pengalaman sista difftytaon 2014). Tapi TETOT, ternyata ane belum beruntung, setelah nyampe ke lokasi, ternyata aviation gallery T3 lagi ditutup karena renovasi… huaaa… emoticon-Hammer (S)dan spot yang tampak nyaman di dekat situ malah dipake buat sepasang co-ce yg lagi “PDA” pula… hadeeeh… emoticon-Hammer (S)
Jadilah akhirnya kami memutuskan gelar lapak, buka bekal pop mie isi air panas di nursery room, aktifin wifi lg setelah minta di informasi, cuci muka + sikat gigi di toilet dan ngemper di karpet dekat counter cek in T3, dan banyak juga backpacker lainnya yg ngemper di sekitaran situ..

Spoiler for Aviation Gallery T3 yg ditutup karena renovasi:


Total Day #1 :
- Makan malam di Subway (2 orang) = 11,70 sgd
Diubah oleh iluvberry 21-05-2015 03:12
tata604
tata604 memberi reputasi
1
10.5K
80
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cerita Pejalan Mancanegara
Cerita Pejalan MancanegaraKASKUS Official
840Thread2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.