Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mreindonesiaAvatar border
TS
mreindonesia
Cek Dosa Keuangan Para Lajang Nih, Kamu Termasuk Gak?
Hayo ngaku tiap bulan sering gak ngerasa dompet bolong mulu? Jangan nyengir aja, coba cek dosa-dosa keuangan kamu tiap bulannya nih, barangkali ini yang membuat dompetmu bolong, hihihi :

Gak punya dana cadangan/tabungan darurat

Biarpun masih lajang bukan berarti kamu bisa hidup seenaknya tanpa merencanakan masa depan. Dana cadangan/tabungan darurat itu gak hanya diwajibkan buat yang sudah menikah atau punya tanggungan. Justru sejak masih lajang, kamu harus mulai merencanakan dana cadangan/tabungan darurat. Ini penting jika seandainya kamu mengalami PHK atau bisnis kamu di ambang bangkrut. Besarnya tabungan darurat/dana cadangan minimal 6 kali biaya hidup per bulan.

Ogah banget hidup susah

Dikit-dikit makan di resto mewah, ke salon kudu yang berkelas, barang harus bermerk. Waduh, gimana kamu mau bebas finansial dan merasakan nikmatnya kebebasan hidup yang sebenarnya kalau gak belajar hidup susah lebih dulu. Bersusah-susah dulu bersenang-senang kemudian. Jangan terbalik. Mulai deh biasakan hidup hemat, kalau bisa makan di kantin, atau bawa bekal dari rumah saat makan siang kenapa gak? Jangan sering jajan di luar deh, buat cemilan di rumah saja, selain hemat, lebih sehat juga kan. Pangkas pengeluaran yang tidak penting dan tidak kamu butuhkan, misalnya saja berlangganan televisi dengan banyak channel yang sebenarnya pun jarang kamu tonton. Apalagi kalau kamu jarang nonton televisi, buat apa, pemborosan itu namanya.

Hobi ke mall

Kalau hanya sekali-kali sih gak masalah, hitung-hitung melepas penat setelah lelah beraktivitas, tetapi juga jangan keseringan. Coba saja jika dalam satu kali ke mall kamu menghabiskan 300 ribu, dan kamu rutin ke mall seminggu dua kali, berapa banyak uang yang melayang hanya untuk ke mall. Saran saya, coba batasi untuk ke mall cukup dua kali seminggu dan bawa uang secukupnya saja misalnya 150-200 ribu. Bila perlu ke mall cukup sebulan sekali saja, hehehe. Saya termasuk yang tidak suka shopping ke mall. Biasanya ke mall hanya untuk nonton saja atau beli buku, itupun hanya sebulan sekali.

Anti bawa uang tunai

Guys, bawa uang tunai bisa memangkas jumlah belanja kamu loh. Gak percaya? Nih dari sisi psikologis, efeknya lebih terasa membayar dengan uang tunai karena kamu akan merasakan peristiwa perpisahan dengan uang secara fisik dibandingkan kalau kamu bayar dengan kartu debit, kartu kredit, pay-pal atau layanan e-money lainnya. Emang sih efek gak ngenakinnya kalo pas lagi apes malah kepalak sama preman.

Gimana ada gak nih kebiasaan buruk ini di kamu? Saya sarankan sih jika kamu sulit menyisihkan uang untuk ditabung, rencanakan untuk punya rekening tabungan berjangka yang auto debet. Di mana setiap bulannya dari rekening kamu yang menjadi sumber utama akan dipotong sesuai kesepakatan dengan bank ke dalam rekening tabungan berjangka kamu secara otomatis. Rencanakan juga rekening itu untuk diambil dalam tempo kira-kira 1 s/d 2 tahun.

Jika tabungan kamu sudah cukup tak ada salahnya loh mencoba untuk berinvestasi entah itu emas, saham, reksa dana ataupun properti. Kalau kamu masih ragu, coba belajar lewat simulator permainan Smart Money Games. Lewat simulator ini, kamu akan tahu dengan berinvestasi kamu akan merasakan bebas finansial dan #KebebasanHidup yang sebenarnya.


Spoiler for Smart Money Games:




Ingin Bermain perencanaan keuangan Smart Money Games? Hubungi PT Mitra Rencana Edukasi 0213856722
0
1.8K
5
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Perencanaan Keuangan
Perencanaan KeuanganKASKUS Official
9.2KThread5.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.