Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BukulawasdotComAvatar border
TS
BukulawasdotCom
7 Hal ini dapat menyelamatkan Laptop Anda
Kerusakan laptop yang paling umum terjadi pada Mainboard, Harddisk dan LCD Display/layar. Mainboard rusak 90% karena komponen vitalnya (chipset, processor, VGA) mengalami overheat karena kotornya heatsink. Kerusakan harddisk dapat terjadi karena benturan atau laptop yg sering macet karena panas berlebih pada mainboard & dimatikan paksa. Kerusakan LCD biasanya karena terpapar panas dari keyboard (saat laptop ditutup) dan tekanan fisik.
Berikut ini 5 Tips sederhana yang akan menyelamatkan laptop kita dari kerusakan, sekaligus mencegah pengeluaran yang membengkak jika diputuskan untuk melakukan perbaikan vital ataupun harus membeli laptop baru.

  1. Lakukan perawatan rutin setiap minimal 1 tahun sekali dengan membersihkan semua debu yang menempel, terutama pada perbatasan heatsink & fan. Jika belum yakin/belum berpengalaman dalam membongkar-pasang laptop, jangan mencoba untuk membongkar sendiri. Sebaiknya serahkan ke teknisi atau service-center terdekat. Karena mungkin saja kerusakan malah akan menjadi semakin berat. Khusus untuk laptop yang masih dalam masa garansi – membongkar laptop dapat merusak sticker garansi (warranty seal) yang masih melekat pada laptop.
    7 Hal ini dapat menyelamatkan Laptop Anda

  2. Jauhkan laptop dari medan magnet yang kuat, bahan cair dan sumber panas/dingin atau perubahan suhu yang ekstrim. Tumpahan cairan juga dapat menyebabkan kerusakan laptop. Gunakan lembaran film-transparan yang umum dikenal dengan ‘keyboard protector’
    7 Hal ini dapat menyelamatkan Laptop Anda

  3. Getaran adalah musuh laptop yang lain. Jauhkan laptop dari alat pengeras suara, misalnya loudspeaker, mesin/kendaraan berat, dan sumber getaran lainnya.

  4. Jangan sekali-sekali meletakkan benda di atas laptop, baik saat layar terbuka atau tertutup. LCD adalah bagian yang paling sering mengalami kerusakan karena tekanan benda berat dari bagian atas laptop atau karena saat menutup layar lupa ada benda di antara LCD dan keyboard.
    7 Hal ini dapat menyelamatkan Laptop Anda

  5. Jangan menaruh laptop di permukaan yg terlalu empuk. Permukaan yg empuk seperti bantal atau kasur dapat menghambat udara panas yang keluar dari laptop . jika udara panas ini tdk bisa keluar karena terhambat atau tertutup kasur, laptop akan menjadi overheating atau terlalu panas.
    7 Hal ini dapat menyelamatkan Laptop Anda

  6. Jauhkan laptop dari anak kecil. Anak kecil biasa memainkan benda-benda di sekitarnya, termasuk menekan atau memukul-mukul. Mereka belum memahami bahwa laptop (terutama keybiard dan LCD) adalah benda yang dapat rusak jika mendapat perlakuan demikian.
    7 Hal ini dapat menyelamatkan Laptop Anda

  7. Memasang dan melepas baterai saat laptop sedang digunakan memiliki konsekuensinya sendiri. Seringkali ada anjuran untuk "melepas baterai saat laptop dipakai, supaya baterai awet". Anjuran itu tidak sepenuhnya salah. Namun harus diingat bahwa jika terjadi pemadaman listrik secara mendadak, laptop dapat tiba-tiba mati (power-off). Jika ini terjadi berulang, harddisk adalah komponen yang paling sering mengalami kerusakan karena kejadian semacam ini.
    Daaan... DATA kita tersimpan di dalam harddisk. Jadi jika sampai harddisk mengalami kerusakan, untuk dapat mengambil data, kita harus membayar jasa "recover data" yang tentu saja tidak murah, bahkan bisa jadi lebih mahal daripada harga baterai laptop baru, karena tidak semua DATA ada dijual di toko. Lain halnya jika baterai tetap terpasang. Memang lambat laun umur baterai akan berkurang, tapi harddisk dalam kondisi yang lebih aman.
    Jadi, pertimbangkan baik-baik pilihan apa yang akan diambil.
    7 Hal ini dapat menyelamatkan Laptop Anda
Diubah oleh BukulawasdotCom 21-05-2015 04:40
0
2.2K
10
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Computer Stuff
Computer StuffKASKUS Official
50.5KThread9.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.