zhouxianAvatar border
TS
zhouxian
Ada Peran China di Balik Kesuksesan Blockbuster Hollywood
Pekan ini, Avengers: Age Of Ultron resmi menjadi film ke-21 yang mencapai pendapatan hingga 1 miliar dolar AS dalam peredarannya di seluruh dunia. Bukan tak mungkin AOU bisa menyamai pendapatan The Avengers (2012) yang mencapai 1,5 miliar dolar AS. Film pertamanya itu kini menjadi film terlaris ketiga sepanjang masa di belakang Avatar (2009) dan Titanic (1998).

Dua kunci yang bisa membawa Age of Ultron menyalip pendahulunya terletak pada penonton AS dan juga China. Mengapa China? Tak lain karena sebanyak 155 juta dolar AS dari total pendapatannya berasal dari China. Diprediksi, China akan menyumbang sekitar 250 juta dolar bagi Age of Ultron.

Perolehan yang berjumlah fantastis itu tidak lantas menjadi patokan bahwa keuntungan yang diperoleh sebuah studio atas perilisan sebuah film tinggi. Hasil tersebut harus dibagi hampir setengahnya dengan para pemilik bioskop di seluruh dunia dan juga habis di ongkos untuk
pemasarannya. Banyak dari film-film blockbuster Hollywood bergantung kepada penjualan home video, pendistribusian secara digital dan televisi daripada penjualan tiket bioskop.

Namun demikian jumlah tersebut tetap menjadi pertimbangan sebab dari jumlah tersebut, bisa dihitung berapa bonus yang diterima oleh sineas dan para eksekutif studio yang turut berjasa di balik kesuksesan sebuah film. Jika Hollywood menerapkan sistem platinum records seperti yang diterapkan di blantika musik, maka sudah pasti keuntungan mengalir lebih deras ke pada para produser film.

Sebelum terjadi ledakan jumlah bioskop di China, pasar China dipandang tak mampu memberi keuntungan dalam jumlah signifikan kepada perfilman dunia. Kondisi itu berubah sejak tahun 2011 dimana China sudah menjadi salah satu teritori utama dari pemasaran film-film Hollywood. Sejak saat itu, China memegang peranan penting dalam menyumbang pundi-pundi dolar kepada studio-studio besar di AS.

Dari dua belas film yang mencapai jumlah pendapatan fantastis sejak tahun 2011, separuhnya dipastikan tak akan mencapai rekor tersebut jika film tersebut tak dipasarkan di China. Sebut saja dua film terakhir Transformers, Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides, The Hobbit: An Unexpected Journey, perilisan ulang Jurassic Park dan sekarang Avengers: Age of Ultron, semua berhasil mencapai chart film terlaris berkat penonton bioskop di China.

http://www.muvila.com/movies/hot-mov...d-1505187.html

peran gan
0
2.5K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.1KThread10.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.