Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

adisinergi1Avatar border
TS
adisinergi1
MINUMAN SUSU KEDELAI
SUSU KEDELAI,ALTERNATIF MINUMAN SEHAT


Minuman susu kedelai merupakan salah satu jenis susu yang cukup populer dikalangan kita. Susu kedelai biasanya dijadikan salah satu jenis susu alternatif selain susu sapi. Hal ini dikarenakan beberapa jenis kandungan kolesterol yang terdapat pada susu sapi tidak begitu diperlukan bagi orang dewasa. Sehingga ketika protein masih sangat diperlukan sedangkan kandungan kolesterolperlu dihindari, maka minuman susu kedelai merupakan suatu solusi yang tepat.
MINUMAN SUSU KEDELAI

Minuman susu kedelaiprotein merupakan komponen utama dalam kedelai kering. Kedelai utuh mengandung 35-40%protein, paling tinggi dan segala jenis kacang—kacangan. Ditinjau dan segi mutu protein, kedelai merupakan merupakan yang paling baik mutu proteinnya dan setara dengan protein daging. Protein dan kacang kedelai merupakan satu-satunya jenis kacang yang mernpunyai susunan asam amino esensial yang paling lengkap.

Minuman susu kedelai merupakan cairan hasil ekstraksi protein biji kedelai dengan menggunakan air panas. Susu kedelai berwarna putih seperti halnya susu biasa dan bergizi tinggi mengandung protein, lemak, karbohidrat, mineral dan vitamin.

Kedudukan susu kedelai akan semakin penting. Hal ini dikarenakan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh susu kedelai, diantaranya adalah tidak mengandung laktosa, proteinnnya tidak menimbulkan alergi, rendah lemak, bebas kolesterol, bergizi tinggi, teknik pembuatannya relatif mudah, biaya produksi juga relatif murah, serta dapat diolah Iebih lanjut menjadi es krim, soyghurt, mayonaisse, dan lain—lain.

Kelebihan Susu Kedelai
dibandingkan Susu Hewan


Beberapa orang seringkali mengalami diare setelah mengkonsumsi susu hewan, hal ini dikarenakan adanya lactose intolerance yaitu gejala berkurangnya aktivitas enzim laktase di dalam tubuh sehingga seseorang tidak bisa mencerna makanan lactosa (gula susu) untuk kemudian diuraikan menjadi glukosa dan galaktosa. Berbeda halnya dengan susu kedelai yang sudah mengandung gula sederhana glukosa dan galaktosa yang sangat mudah diserap oleh usus dan dimanfaatkan untuk proses metabolisme tubuh.

Minuman susu kedelaidisamping kelebihannya tersebut, kedelai sangat cocok untuk menjaga kesehatan tubuh terutama bagi anda yang saat ini menderita osteoporosis. Osteoporosis terjadi dikarenakan menurunnya produksi hormon esterogen sebagai akibat menopouse yang paling banyak menyerang kaum wanita. Biasanya sering dilakukan terapi hormon untuk mengatasi masalah tersebut. Akan tetapi, menggunakan terapi tersebut sangatlah berdampak yang kurang menguntungkan karena adanya efek samping yang ditimbulkan, contohnya adalah sakit kepala, depresi, perasaan ingin muntah menyebabkan seseorang menjadi potensial mengidap kanker payudara maupun kanker rahim.

MINUMAN SUSU KEDELAI
Solusi yang tepat adalah menggunakan cara yang lebih alami dan aman yaitu dengan banyak mengkonsumsi kedelai karena kedelai ini mempunyai senyawa alami yang mirip esterogen yang disebut sebagai fitoesterogen dan terbukti mampu menghambat lajunya osteoporosis. Senyawa inilah yang menyebabkan kenapa wanita jepang sangat suka mengkonsumsi produk olahan dan kedelai seperti tahu, natto, susu kedelai sehingga fase menopouse datangnya menjadi lebih lambat dan jarang mengalami keluhan paska menopouse.

Mutu protein dalam susu kedelai hampir sama dngan mutu protein susu sapi. Mengacu pada Protein Efisiensi Ratio (PER), susu kedelai adalah 2,3 sedangkan PER pada susu sapi adalah sebesar 2,5. (PER 2,3 artinya adalah setiap gram protein yang dimakan akan menghasilkan pertambahan berat badan pada hewan percobaan (tikus putih) sebanyak 2,3 gr pada kondisi percobaan baku.

Minuman susu kedelaitidak mengandung Vitamin Bi 2 dan kandungan mineralnya terutama Kalsium lebih sedikit ketimbang susu sapi. Karena itu dianjurkan penambahan atau fortifikasi mineral dan vitamin pada susu kedelai. Sedangkan untuk komponen karbohidratnya terdiri atas golongan polisakarida dan oligosakarida. Dan secara umum susu kedelai mempunyai kandungan vitamin 82, 82 Niasin, Piridoksin Vitamin E, Vitamin K dan golongan Vitamin B. Dengan melihat banyaknya kegunaan yang dimilikinya, minuman susu kedelai dapat dijadikan alternatif pelengkap makanan kita sehari—hari.
Polling
0 suara
Apa informasi ini bermanfaat?
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
1.4K
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.7KThread10.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.