poem4Avatar border
TS
poem4
kisah (mudah2an inspiratif) perjalanan usaha ane
assalamualaikum...selamat pagi...salam sejahtera agan dan sista semua.
kenalin nama ane sebut aje Tata. umur ane 26 taun. ane udah berkeluarga. sekarang alhamdulillah anak ane udah mau tiga (yang ketiga nunggu hari lahirnya nih bentar lagi)

ane mau cerita ke agan dan sista baik yang kaya/miskin, nikah ato belom mudah2an ada manpaatnye.

kita mulai aja dari suatu hari ane dapet panggilan dari bokap di bogor untuk urus yayasan anak authis yang dibangun beliau. ya, gan...ane punya adik kecil bungsu mengidap downsyndrome. jadi mungkin atas dasar itulah keluarga kami mau membangun yayasan anak berkebutuhan khusus.

bokap: "bang, kamu ke bogor ya ada yang mau bapak omongin.."
ane: "oke dah pak, tapi nunggu sabtu ya biar libur dulu" (ane marketing di salah satu perusahaan gadget.
singkatcerita sabtu ane nemuin bapak. akhirnya bapak ngasih tau apa yang mau disampaikan ama beliau.

bokap: "bang, kamu bapak panggil kesini dalam rangka membangun yayasan ini"
ane: ".......(speechles).."
bokap: "gimana pendapat abang? kira-kira abang keberatan gak?"
ane: "gimana ya pak...hfff.... yayasan ini kan -maaf ya pak- yayasan kecil, mana ada uangnya" (bokap udah paham gaya bicara ane, ngomong apa adanya agak realistis walaupun kebanyakan kagaknya.
bokap: "ya iya sih kalo ngeliat kesitu mah bapak bisa paham, tapi mudah2an kalau abang gak keberatan rejeki abang nambah"
ane: "amin" dengan nada lirih..

singkat cerita ane pamit pulang.
akhirnya sepanjang perjalanan ane mikiriiiii terus gimana ya ini. mau ditolak, ane ngerasa belom pernah punya bakti ke bokap, mau diterima ane bingung untuk kebutuhan harian keluarga. akhirnya ane ceritain ke bini ane yang setia nemenin ane selama ini.

ane: "de...bla bla bla"
bini: "hah!? yang bener aja yah?....kamu kerja udah enak, gaj lumayan, ada insentif..udah jelas...ga usah macem2 lah"
ane: cuma bisa diem sambil nyendok makan. ane bingung mau ngomong apa....

akhirnya hari2 kami lalui tanpa mikirin tawaran bokap lagi. sudah 2 minggu ane gak kasih jawaban ke bapak...tapi kadang kalo ane pikirin hati ane gimnaaa gitu rasanya pengen ngabulin keinginan bapak...ane cuma bisa diem lagi.

tapi suatu ketika sekitar 2 ato 3 hari kemudian ane dikagetkan sama pendapat bini ane, yg mana kita waktu itu lagi jalan2 sore ama anak.
bini; " yah gapapa deh kita ke Bogor, barangkali rejeki kita disana, yah itung 2 kamu nunjukin bakti kamu ke mamah sama bapak"
ane" lah kok???? tiba2.... ya udah kalo kamu gak keberatan sih rapopo.

surat resign ane ajuin, tanggal kepindahan kita atur, mobil temen ane sewa, barang uda ane packing. jalan lah kita malem2 ke bogor supaya agak santai.

sampe sana istirahat biasalah bla bla bla ngobrol skip...skip

ternyata gan!?????????

alhamdulillah!! bener2 kejadian ane kurang duit, kurang makan, serba kurang!! waduh pusing ane gan..tinggal masih serumah ama ortu, tapi yaudah ane jalanin dengan sabar.
perlahan kita sosialisasi ke masyarakat ...akhirnya pelan2 ada yang daftar...sekarang ada 6 orang anak autis yang kita bina,,adik perempuan ane jadi kiblat ane buat yang urusan begini karena dia ahlinya. so bapak cuma minta ane standby bersiin yayasan, nyapu2, bini ane juga sama. ane urut dada tiap hari ...drastis banget perubahan hidup dimari ama di jakarta. walaupun ane pusing gak punya uanmg, pusing kalo mamah nyap-nyap, pusing kalo bapak rewel, belom anak ane kalo nangis kayaknya ade ane gimanaaa gitu...hahhhhh...hari2 berat ane lewatin bersama keluarga kecil ane.

gak terasa udah 3 bulan ane disitu dlam keadaan stuck. akhirnya ane usul ke bokap mau usaha ayam. ane gak tau mau main di ternak apa distribusi. ane gak ngerti ayam sama sekali. hanya karena ngeliat lahan kosong yg bisa dimanfaatin ane berkesimpulan mau usaha ayam.
kamudian ane sounding kee bapak, bapak oke,,,mamah juga oke..mantap! tapi ternyata modalnya gak ada. hff,,,tarik napes lagi sabar lagi....akhirnya ane keluarin semua sisa2 amunisi terakhir sebesar 600 rb buat beli ayam potong.

awalnya ane ambil yangudah gelondongan di bandar, ane jual keliling pake mootor,,,bngun jam4 pagi..keliling selesai jam 9 kadang jam 11..teruuuus ane lakonin. yah namanya usaha pasti ada untung rugi. dari mulai dapet pesenan hajatan dadakan, diomelin ibu2 gara2 salah nyincang ayam, warga yang rese, orang yang gak suka, ayam nyisa banyak, keabisan modal,,,itu ane rasain semua dan ane jalanin dengan sesabar2 hati. padahal ane orang yg tempramen dan kurang sabar. ane cuma malu ajja ama bini ane gak pernah ngeluh. masa ane harus ngeluh dan cemen depan dia??? OGAH!!!

akhirnya alhamdulilah sekrg ane tetep masih keliling jualan, bisa nabung dikit2 untuk keperluan yg kita belom tau. alhamdulillah juga mulai dapet langganan rutin dari kampung sebelah, trus ada juga yang mau ikut jualan ambil ayam di ane, ane cuma ambil margin 1000 perak untuk yg mau dagang keliling lagi bahkan ane kasihin dah tuh langganan ane semua. gapapa dah dapet dikit marginnya yang penting lancar. sekarang adalah posisi dimana ane harus terjang badai lagi untuk memperbesar usaha ane dengan dana yang sanagaaaaaaaaat minim. ane mau besarin usaha tapi daya prosuksi 9daya beli ane sedikit (karena kurang modal). tapi ane tetep bersyukur gan, ane bisa hisup mmbantu orang disini walaupun ane orang susah. alhamdulillaha ane jadi security komplek di daerah sini, yaa walau gak besar gajinya tapi itu lumayan buat pengaman, terus sore ane ngajar bahasa ara hari senin selasa rabu dan jumat. ane ikhlas dan ga minta bayaran. karena prinsip ane nyari uang bukan di ngajar tapi dagang. walaupun serba sulit ane jalanin sekali lagi ane bersyukuuuur banget masih bisa bersama anak dan istri tercinta, jadi bisa nemenin bokap di usia tuanya (bokap ane 79th) dan yang paling penting di sini ane merasa lebih bermanfaat buat orang.
dari kisah ane yang sama sekali gak seru ini ane berpesan sama agan dan sista semua agar jangan berputus asa dalam menjalani apa yng sekiranya bermanfaat buat orang. mohon doanya ya gan semua supaaya rejeki ane lancar, dan bini ane lahiran dengan selamat.
berikut ada putu2 momen ane beeserta keluarga. tolong ane mohon jangan dibully yaa.
Spoiler for ane:


Spoiler for ane ame bini:


Spoiler for anak2:


Spoiler for usaha ayam:


Spoiler for ngajar bahasa arab:


Spoiler for ade ane yg authis:


Spoiler for ama ade ane pakar authis:


semoga agan dan sista bisa nyengir dan terhibur sama trit culun ane ini.MAaf kalo potonya norak jangan liat potonya tapi liat aja kisahnya gan. ayo gan yang punya potensi ente jangan takut ngembangin diri. moga Tuhan memberkati ente semua. salam kaskus tengkyuh.
maaf acakadut baru kali ini ane bikin trit. tar ane apdet yaa
wassalamualaikum..salam sejahtera

Spoiler for terakhir:

"do an ordinary thing in extra ordinary way"
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 7 suara
menurut agan ini cerita bagus kagak
bagus
100%
kagak
0%
Diubah oleh poem4 16-05-2015 00:29
0
2.9K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.