Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

salah.k4marAvatar border
TS
salah.k4mar
Panjat Pinang Diusulkan Tak Lagi Dijadikan Lomba Perayaan 17 Agustus
Asep Kambali, sejarawan yang juga pendiri Komunitas Historia mengusulkan agar panjat pinang tak lagi diperlombakan di perayaan kemerdekaan 17 Agustus. Menurut Asep, selama ini banyak yang salah paham tentang panjat pinang. Perlombaan itu justru menjauhkan bangsa Indonesia dari nilai-nilai nasionalisme.

"Apa arti merayakan kemerdekaan dengan panjat pinang, balap karung, makan kerupuk, yang justru tak membangkitkan semangat nasionalisme," terang Asep, Jumat (15/5/2015).

Asep menuturkan, panjat pinang dimulai sejak era Belanda, kemudian dilestarikan di masa orde baru, dan syukurnya mulai memudar di era reformasi. Asep melihat tak ada edukasi lewat panjat pinang atau balap kerupuk. Yang namanya team building, kebersamaan, dan lainnya itu hanya semu.

"Panjat pinang itu saling menginjak untuk dapat hadiah. Panjat pinang menjauhkan masyarakat Indonesia dari nilai sejarah," urai dia.

"Apakah masyarakat tidak tahu, kalau Belanda dan orde baru sengaja melestarikannya?" tambahnya lagi.

Menurut dia, sangat menyedihkan nilai kepahlawanan yang justru harus banyak diketahui dilupakan. Sebaiknya diisi dengan lomba baca teks proklamasi, lomba menyanyi lagu nasional, lomba mirip pahlawan, lomba pakaian adat, dan lainnya.

"Coba saya tanya, apa Anda tahu kalau pahlawan HR Rasuna Said itu perempuan? Nama aslinya Hajjah Rangkayo Rasuna Said, pejuang pendidikan dari Minang. Atau Anda tahu pahlawan di uang Rp 10 ribu, siapa dia? Kita akan durhaka bila tak mengenal pahlawan yang berjuang menuju kemerdekaan," jelasnya.

http://news.detik.com/read/2015/05/1...?991104topnews

diganti apa dong
0
6.8K
92
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
673KThread42.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.