Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

anonymous616Avatar border
TS
anonymous616
Mengenal Inge Lehmann, Sosok Yang Diabadikan Google Hari Ini


Mengenal Inge Lehmann, Sosok Yang Diabadikan Google Hari Ini

Rabu (13/5), perusahaan mesin pencari terbesar di dunia, Google, kembali merilis Doodle mereka. Jika kamu tak tahu, Google Doodle adalah logo-logo Google yang sengaja dimodifikasi dan ditampilkan pada saat peringatan atau event tertentu. Jika Ki Hajar Dewantara atau RA Kartini pernah dijadikan Doodle, kali ini Google menggaet Inge Lehmann. Siapa sih dia?
Inge Lehmann adalah seorang perempuan asal Denmark. Namun perempuan yang terlahir pada 13 Mei (hari ini), tepat 127 tahun lalu itu bukanlah perempuan biasa. Dia adalah seorang seismolog pertama dan satu-satunya yang berasal dari Denmark. Penemuannya delapan tahun lalu mengubah persepsi setiap manusia akan Bumi. Karena Lehmann menemukan keberadaan inti Bumi.

Spoiler for :


Merayakan hari ulang tahun perempuan yang sudah meninggal pada 21 Februari 1993, Google menampilkan Doodle sesuai penemuan sang ilmuwan. Jika kamu membuka halaman Google, maka kamu akan melihat Doodle berupa gambar ilustrasi Bumi yang dibelah menjadi dua dengan bagian inti cair yang bersinar bak bintang, seperti dilansir Independent.

Sebagai sosok berpengaruh dalam sejarah ilmu pengetahuan, Lehmann rupanya menjalani pendidikan yang unik dan berbeda. Jika mayoritas perempuan kelahiran tahun 1880-an bersekolah di institusi khusus perempuan, Lehmann dengan berani sekolah di institusi campuran. Lehmann selalu berjuang membuktikan jika kedudukan lelaki dan perempuan dalam ilmu pengetahuan itu setara.

Spoiler for :


"Tidak ada perbedaan antara kecerdasan laki-laki dan perempuan. Kalian harus tahu betapa banyaknya pria yang tak berkompeten dan membuatku harus bersaing sia-sia," ungkap Lehmann kepada keponakannya, Niles Groes dan saat diwawancarai ahli sejarah Stephen G Brush di tahun 1980 silam.

Uniknya, penemuan Lehmann akan keberadaan inti Bumi justru diperoleh dari oatmeal (bubur). Menurut Groes, saat ini bibinya tengah berada di kebun dengan sebuah meja besar penuh dengan kardus oatmeal. Di zaman belum ada sistem komputer, Lehmann mengumpulkan seluruh informasi gempa bumi dari seluruh dunia. Melalui benda-benda sederhana itu, Lehmann menemukan teori baru dari perut Bumi. Penemuannya yang berjuluk Master of Black Art itu membuatnya meraih kehormatan tertinggi dari Perkumpulan Geofisikal Amerika yakni medali William Bowie di tahun 1971.


Sumber http://plus.kapanlagi.com/mengenal-i...ni-499400.html
4iinch
4iinch memberi reputasi
1
3.8K
15
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lounge Pictures
Lounge PicturesKASKUS Official
69KThread11.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.