• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ini alasan pemuda desa lebih memilih jadi buruh pabrik daripada petani

duasatucompAvatar border
TS
duasatucomp
Ini alasan pemuda desa lebih memilih jadi buruh pabrik daripada petani


Sektor pertanian kini seperti kehilangan daya pikat, bahkan bagi para pemuda-pemuda desa. Padahal dari tahun ke tahun kebutuhan produksi hasil pangan terus meningkat seiring bertambahnya jumlah penduduk. Para pemuda sekarang lebih suka jadi buruh di kota besar, sedangkan para petani yang ada sekarang semakin tua.

Suatu kali, Bung Karno pernah berucap bahwa masalah pangan adalah tentang hidup matinya suatu bangsa. Namun sektor ini terancam kurangnya tenaga kerja. Para pemuda bahkan beralasan bahwa bekerja menjadi petani tidak menjamin masa depan.

Menurut salah seorang buruh pabrik di manufacturing mobil asal Jepang Karawang, Zaqi Putra, di desa kehidupannya biasa-biasa saja. "Dulu di desa jadi buruh tani, juga bantu orangtua. Pergi pagi, panas-panasan, capeknya luar biasa tapi pendapatannya ya minim. Lalu saya putuskan ke Karawang karena ada lowongan," katanya kepada brilio.net, Jumat (1/5).

Sementara Dwi Cahyono, pekerja pabrik di Cikarang, Bekasi mengatakan, setelah kerja di pabrik kehidupannya lumayan membaik dan bisa menunjang kebutuhan dan gaya hidupnya. "Yang jelas pendapatan lebih baik, kalau kerja ya berat. Tapi dari bayaran di pabrik saya bisa beli baju-baju reggae dan metal," ujar penggemar Bob Marley dan Burgerkill ini.

Dari dalam hati mereka sebenarnya menyadari bahwa mereka bisa bersekolah dari hasil keringat orangtua mereka yang bekerja sebagai petani di daerah Purworejo, Jawa Tengah. "Tapi ya bapak-ibu di rumah maunya anak-anaknya nggak jadi petani kayak mereka," lanjut Zaqi. Nah loh, kalau sudah begini, bagaimana nasib pertanian kita?


#sumber; http://www.brilio.net/news/ini-alasa...i-150501h.html
0
10.5K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.