Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

anggafirmantiasAvatar border
TS
anggafirmantias
Bandara Internasional Kemayoran
Bandara Internasional Kemayoran

Apa nama bandara internasional pertama di Indonesia? Kalau teman-teman menjawab Bandara Soekarno-Hatta, ternyata salah. Bandara internasional pertama yang dimiliki Indonesia adalah Bandara Internasional Kemayoran yang dibangun oleh Belanda pada tahun 1938 dan secara resmi dibuka pada tahun 1940.

Bandara yang bernama Kemajoran (Djakarta) International Airport itu ternyata digambarkan oleh Georges Remi atau Herge dalam serial petualangan Tintin berjudul Flight 714 To Sydney. Pada tanggal 1 Januari 1983 bandara tersebut sudah tidak beroperasi dan ditutup pada tahun 1984, digantikan oleh Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Bandara Kemayoran sempat menjadi salah satu bagian penting dalam sejarah nasional Indonesia. Lokasi ini pernah berperan penting dalam hubungan bilateral, multilateral, dan kedirgantaraan Indonesia.

Seperti habis manis sepah dibuang, ketika tersedia bandara yang lebih besar, bandara yang luasnya 400 hektar itu ditinggalkan begitu saja. Bahkan generasi 1990-an hanya mengenal bandara soekarno-hatta yang megah dan satu-satunya di Jakarta.

Lokasi disekitar dipenuhi dengan semak belukar, tak terurus. Padahal bekas bandara internasional itu bisa dijadikan lahan yang menghasilkan pendapatan untuk pemerintah daerah, misalnya saja museum. Selain itu dapat juga menyerap tenaga kerja, mendorong perekonomian disekitar lokasi tersebut. Juga agar generasi saat ini mengetahui tentang sejarah bandara internasional pertama yang dimiliki oleh Indonesia.

Hari ini bertepatan dengan berhentinya bandara tersebut beroperasi. Semoga pemerintah setempat dapat memanfaatkan tempat bersejarah tersebut agar tidak menjadi lahan ‘tidur’.

tintin
Bandara Internasional Kemayoran
Ingat JAS MERAH, JAngan Sekali-sekali MElupakan sejaRAH.
oleh: Ridha Fidyana.


nb: latihan Posting
0
2.8K
2
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.