Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bonge001Avatar border
TS
bonge001
Sejarah dan Asal Mula Rambut Klimis Pomade
Apa Itu Pomade? Bagaimana sejarah dari nama pomade? Apa perbedaan antara pomade dengan wax rambut? Bagaimana dasar penggunaan dari pomade tersebut? Seperti apa penampakan pomade itu?

Dianggap trendi, elit dan gentle sejak jaman Elvis Presley, ternyata gaya ini berawal dari gaya rambut kaum bawah!

Gaya rambut cowok itu nggak menentu musimnya, dulu cowok gondrong dianggap keren. Kesannya rebel, anak gunung, dan kaumnya Kurt Cobain banget. Selanjutnya gaya rambut spike dan rambut poni lempar ala anak emo juga sempat mewabah. Kalau dulu semakin berantakan dan keliatan rebel maka semakin keren, sekarang yang ngetrend adalah gaya rambut rapih klimis ala Elvis Presley. Bagian pinggirnya dipangkas tipis, lalu bagian atasnya disisir ke belakang dan dibuat mengkilat dengan minyak rambut jenis pomade. Se-rebel apa pun baju dan sepatu yang dipakai cowok sekarang, rambutnya sebisa mungkin rapih kayak gentlemen.

Sebenernya dari manakah asal usul gaya rambut ini? Kenapa tiba-tiba banyak banget cowok yang sebelumnya cuek bin dekil jadi pengen juga punya rambut rapih dan gentle gini?! Sejak kapan potongan top collection di abang-abang pangkas rambut nggak laku karena pelanggannya lebih banyak yang request potongan "pinggir tipis, atas biarin aja panjang." gini? Gimana bisa seorang cowok sekarang dandannya sama lama kayak cewek? Biar nggak kena ejek sama Om Jerinx Superman is Dead karena cuma bisa gaya tanpa tau asal usulnya, jadi kita bahas yuk sejarahnya.
Sejarah dan Asal Mula Rambut Klimis Pomade Pompadour Elvis Presley
Apa itu pomade ?
Pomade adalah sejenis minyak rambut yang dibuat dari zat berminyak atau sejenis bahan dari wax (lilin) yang digunakan untuk penataan gaya rambut. Penggunaan Pomade itu sendiri adalah digunakan untuk membuat rambut agar terlihat lebih licin dan mengkilap, dan tidak kering itu. Minyak rambut pomade terbukti bertahan dalam menata rambut lebih lama dari kebanyakan produk perawatan rambut yang lainnya.Anda haruslah mencuci rambut anda untuk menghilangkannya. Pomade yang asli adalah berasal dari abad kedelapan belas dan kesembilan belas yang terbuat dari lemak beruang atau babi. Akan tetapi pembuatan minyak rambut pomade pada zaman modern saat ini telah menggunakan Lanolin, beeswax dan petroleum jelly sebagai bahan dasarnya. Sifat kaku dari pomade itu sendiri biasanya digunakan untuk membuat gaya rambut seperti pompadour atau quiff. Sedangkan sifat pelembab tahan lama membuatnya populer dengan individu dengan rambut berstuktur Africa-asia.
Asal Mula Nama Pomade
Kata bahasa Inggris "pomade" berasal dari bahasa Perancis yang berarti pommade "salep", itu sendiri berasal dari bahasa Latin pomum (buah, apel) melalui Pomata Italia atau pomo (yang berarti "apel" -sebagai resep salep asli terkandung tumbuk apel). Pomade modern mungkin mengandung wewangian, Akan tetapi mereka biasanya tidak beraroma buah-buahan.
Sejarah Dari Pomade
Gaya rambut klimis gentle ini sebenarnya punya istilah tersendiri, yaitu gaya rambut pompadour. Emang sih banyak banget variasi gaya ini, tapi bentuk dasarnya adalah rambut disisir ke belakang pake minyak rambut jenis pomade biar mengilap dengan rambut bagian sampingnya dipangkas tipis. Pinggirnya cepak kayak ABRI, atasnya rapih klimis kayak menteri.
Sejarah dan Asal Mula Rambut Klimis Pomade Elvis Presley


Sejarah dan Asal Usul Rambut Klimis Pomade Elvis Presley
Banyak yang menganggap kalau gaya rambut ini muncul dari scene musik rockabilly di tahun 1950-an, Elvis Presley-lah yang paling memopulerkannya. Inget yah, Elvis Presley, bukan Elvis Sukaesih. Seperti yang disampaikan oleh abang Jerinx SID di tulisannya, selain para greaser (sebutan untuk anak muda Amerika yang doyan Rock and Roll ala Elvis Presley dan kroni-kroninya), gaya rambut pompadour ini banyak dipakai oleh para maniak mobil hot rodd.

Di masa '50-an itu, sebenarnya flower generation dan kaum hippies sedang giat-giatnya menyebarkan tren hidup woles, bebas, dan anti kemapanan. Gaya rambut pompadour jelas ditolak oleh para hippies karena terkesan elit. Karena itulah, peran para greaser dan hot-rodders cukup signifikan dalam mempertahankan gaya rambut pompadour itu. Pabrik-pabrik pomade di Amerika pun nggak jadi bangkrut gara-gara mereka.

Oya, sebenernya Indonesia juga termasuk early-adaptor loh soal gaya rambut pompadour ini. Coba aja inget-inget rambutnya para bapak Bangsa kita. Konon, Ir Soekarno dan Mohamad Hatta juga kerap pake pomade untuk bikin rambut sisir ke belakangnya makin syip.
Sejarah dan Asal Usul Rambut Klimis Pomade Mohammad Hatta 1950


Sejarah dan Asal Usul Rambut Klimis Pomade Soekarno
Hingga di tahun '80-an, budaya rockabilly sedikit-sedikit diadaptasi oleh para punk rocker. Hasilnya, anak punk nggak cuma bergaya rambut mohawk atau spike, tetapi juga klimis macho. Masih menurut abang Jerinx SID, menjamurnya gaya rambut pompadour sekarang ini dipicu oleh banyak munculnya barber shop (bukan toko yang menjual barbel) yang membawa kultur rockabilly, kustom-kulture dan punkrock. Dari Kalifornia, akhirnya fenomena barber shop tersebut menjamur juga ke Eropa, Jepang dan terakhir Asia.
Ternyata lahir dari Thailand
Anggapan kalau gaya rambut pompadour ini dipopulerkan oleh scene rockabilly nggak salah, tapi kalau ditarik lebih jauh lagi, ternyata gaya rambut ini udah ada sejak abad 15 loh. Jangankan lahir, kakek buyut kita juga masih dalam proses pembuatan kali di jaman itu. Nah, adalah penduduk di Siam (Thailand)-lah yang pertama menggunakan gaya rambut ini.
Sejarah dan Asal Usul Rambut Klimis Pomade
Menurut sejarawan bernama Anthony Reid seperti dikutip oleh Majalah Historia, ada beberapa versi sejarah penggunaan gaya rambut yang disebutnya gaya rambut sapu ini. Pertama, karena seorang raja Siam yang marah karena nasinya sering kejatuhan rambut pelayannya. Kedua, gaya rambut ini dipakai oleh perempuan untuk menipu orang Birma (sekarang Myanmar) agar nganggep kaum wanita di garis belakang pertempuran adalah juga serdadu pria. Ketiga, mata-mata Chiengmai harus memotong pendek rambutnya biar keliatan culun dan nggak menarik perhatian. Ya intinya, di masa itu rambut pendek cepak disisir sapu itu diasosiakan sebagai gaya rambut budak deh.
Nah, mungkin karena banyak yang akhirnya memakai gaya rambut tersebut, akhirnya di masa penguasa berikutnya, gaya rambut pompadour dianggap sebagai gaya rambut nasional yang digemari di Kamboja dan Siam.
Pemakaian Pomade
Tidak seperti hair spray dan gel rambut pada umumnya, pomade adalah bersifat tidak kering, dan dapat bertahan lebih lama. Pomade digunakan untuk gaya rambut (termasuk kumis, cambang, dan jenggot), memberikan efek lebih gelap, lebih klimis(terlihat licin), terlihat bersinar, dan sering dikaitkan dengan model gaya rambut klimis pria dari awal hingga pertengahan abad ke-20. Karena sifat berminyak nya, pomade dapat bertahan lebih lama dan harus berkeramas untuk menghilangkannya. Biasanya, mengolesi rambut yang menggunakan pomade dengan minyak zaitun dan berkeramas dengan air hangat juga bisa digunakan untuk menghapus pomade.

Beberapa produk pomade, seperti wax untuk kumis (mustache wax), dipasarkan untuk penggunaan tertentu, sedangkan produk-produk seperti Ultra Sheen, adalah dipasarkan untuk konsumen tertentu juga. Minyak Rambut pomade sering digunakan untuk rambut orang yang bertekstur afro(afrika-asia) agar rambutnya tidak kering. Semua produk ini datang dalam berbagai tekstur dan konsistensi, dan pada dasarnya mencapai efek yang sama baik sebagai wax rambut atau pomade.
Perbedaan antara wax rambut dan pomade
Secara tradisional, perbedaan antara wax rambut (hair wax) dan pomade adalah bahwa pomade memberikan rambut lebih klimis (licin) dan terlihat bersinar, sedangkan wax rambut tidak. Hari ini perbedaan antara pomade dan wax rambut menjadi agak ambigu terutama karena banyak pomade lebih banyak mengandung beeswax. wax rambut dan pomade biasanya sering tidak dipasarkan dengan nama-nama tersebut, tetapi kebanyakannya dicap antara lain sebagai "paste" "putty," "glue" atau "whip".
Sejarah Pelicin Rambut Paling Fenomenal
Penampakan Pomade
Berikut adalah beberapa penampakan pomade yang paling populer dan paling laris karena harganya yang sangat terjangkau yaitu Pomade Murray's.

Ada beberapa varian Pomade Murrays yang tersedia sesuai dengan daya hold dan shine yang anda perlukan untuk gaya rambutmu.
1. Pomade Murray's Supperior
Produk ini adalah produk yang pertama kali dibuat pada tahun 1926,Murray’s adalah salah satu merek yang paling terkenal di dunia.Para penata rambut atau stylists sangat menyukai produk murrays ini dikarenakan kemampuan produk ini membuat rambut sangat mudah untuk di tata dan bergaya

Produk ini membuat rambut lebih bertekstur,mengkilap,dan dapat mengangkat dan menahan rambut tetap bergaya sepanjang hari,sehingga memberikan penampilan yang rapi.produk ini sangat cocok untuk semua jenis rambut
Murray's Original Superior Pomade - Produk Pomade Import Best Seller di INDONESIA
Karakteristik

Sangat Keras (rambut yg sudah di set tahan lama) daya hold sangat kuat dibanding merk2 lain Sedikit Mengkilap
Cocok Untuk Rambut Yang Susah Diatur
Aroma Vanila
Kekuatan 4/5
Kilau 2.5/5
Kemudahan Pemakaian 2.5/5
Made in USA

2. Pomade Murray's Nu Nile
Produk ini adalah produk yang pertama kali dibuat pada tahun 1926,Murray’s adalah salah satu merek yang paling terkenal di dunia.Para penata rambut atau stylists sangat menyukai produk murrays ini dikarenakan kemampuan produk ini membuat rambut sangat mudah untuk di tata dan bergaya

Produk ini membuat rambut lebih bertekstur,mengkilap,dan dapat mengangkat dan menahan rambut tetap bergaya sepanjang hari,sehingga memberikan penampilan yang rapi.produk ini sangat cocok untuk semua jenis rambut
Murray's Original Nu Nile Pomade - Produk Pomade Import Best Seller di INDONESIA
Karakteristik

Licin & Basah
Merupakan perpaduan antara Super light & Superior
Hold nya dapet & shine nya juga dapet
Cocok untuk rambut keriting / ikal & lurus
Aroma Soft Coconut
Kekuatan 3,5/5
Kilau 3/5
Kemudahan Pemakaian 3.5/5
Made in USA

3. Pomade Murray's Super Light
Produk ini adalah produk yang pertama kali dibuat pada tahun 1926,Murray’s adalah salah satu merek yang paling terkenal di dunia.Para penata rambut atau stylists sangat menyukai produk murrays ini dikarenakan kemampuan produk ini membuat rambut sangat mudah untuk di tata dan bergaya.

Produk ini membuat rambut lebih bertekstur,mengkilap,dan dapat mengangkat dan menahan rambut tetap bergaya sepanjang hari,sehingga memberikan penampilan yang rapi.produk ini sangat cocok untuk semua jenis rambut.
Murray's Original Super Lihgt Pomade - Produk Pomade Import Best Seller di INDONESIA
Karakteristik

Sedikit Keras (No Hold)
Mudah Disisir Mengkilap, Licin dan Klimis
Cocok Untuk Rambut Halus
Aroma Nanas
Kekuatan 1,5/5
Kilau 5/5
Kemudahan Pemakaian 5/5
Made in USA

4. Pomade Murray's Exelento
Produk yang satu ini mengandung lanolin dan olive oil untuk kesehatan rambut dalam mengatur gaya rambut dan juga sebagai pelindung rambut dari alat catok dan pewarna rambut,produk ini juga dapat merelaksasi rambut serta membantu melawan rambut bercabang,ketombe,dan rambut kusam.
Murray's Original Exelento Pomade - Produk Pomade Import Best Seller di INDONESIA
Karakteristik

Memiliki Ttingkat Shine Yang Sangat Baik
Mudah Disisir Mengkilap, Licin dan Klimis
Mengandung Formula Hair Care untuk merawat rambut
Cocok Untuk Semua Jenis Rambut
Aroma Rose
Kekuatan 1,5/5
Kilau 5/5
Kemudahan Pemakaian 5/5
Made in USA

4. Pomade Murray's Hair-Glo
Pomade dengan tingkat hold ringan/light. Bahkan hampir tdk ada hold nya,Tingkat kilau/shine sangat sangat tinggi. Bagi yang ingin mencari pomade dengan kilau yang sangat tinggi. Bahan dasarnya lanolin & oil. sangat lembut dan sangat encer. Biasa digunakan untuk digabung dengan pomade heavy supaya jadi lembut karena bahan dasarnya lanolin

Pomade ini nilai shine'nya sangat tinggi dan pomade ini hampir tidak ada hold nya.

Sebenarnya pomade ini tdk cocok disebut pomade, lebih tepatnya adalah Hair Dressing. Ibaratnya topping nya pomade (hanya tambahan aja) karena tdk ada hold sama sekali.

Murray's Original Hair-Glo Pomade - Produk Pomade Import Best Seller di INDONESIA
Karakteristik

Light Pomade (Sangat Mengkilap)
Mudah Disisir, Licin dan Klimis
Mengandung Minyak Kelapa & Lanolin (Perawatan Rambut)
Cocok Untuk Semua Jenis Rambut
Aroma Coconut
Kekuatan 1,5/5
Kilau 6/5
Kemudahan Pemakaian 5/5
Made in USA

Demikainlah informasi dari saya mengenai apa itu pomade .Semoga bermanfaat bagi anda yang mencari tentang info tersebut dan pasti kamu bakal lebih pede lagi untuk jadi CCP (cowok-cowok pomade).
- See more at: http://dadakanshop.blogspot.com/2015....o2q75q2Y.dpuf

emoticon-Blue Guy Peace
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 1 suara
NAMA IBUMU
MASMIRAH
100%
PAISAH
0%
0
7.5K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.