• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan Itu Ngapain Sih? [BUAT YANG GALAU JURUSAN]

sidarta626Avatar border
TS
sidarta626
Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan Itu Ngapain Sih? [BUAT YANG GALAU JURUSAN]
Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan Itu Ngapain Sih? Masak Masak Ya? [BUAT YANG GALAU JURUSAN]


A : Bro lo jurusan mana sekarang?
B : Jurusan ITP (ilmu dan teknologi pangan) gw sob
A : Ohh ITP, asik dah jadi chefpas lulus
B : ................

Itu pertanyaan sering banget gw dapet semasa gw baru masuk ITP. Bayangin deh kalo lulusan ITP jadinya chefsemua, itu chef-chef di hotel pada punya gelar S. Tp (sarjana teknolog pertanian) semua gw rasa wahahahaha emoticon-Ngakak



Ada beberapa ekspektasi dan realita-realita hidup seorang mahasiswa ITP yang bakalan gw bahas disini, gw yakin pasti lo gak tau.. Check it out! emoticon-Jempol



1. Siapa bilang lo jadi chef doang? Lo bisa jadi lebih dari itu..

Spoiler for Ilustrasi:

Jujur waktu pertama gw masuk ITP, gw kira gw bakal jadi chef loh. Dan jadi chefini cita cita gw dari bocah, gara-gara keseringan nimbrung bareng nyokap nonton aroma (90`s kids pasti tau emoticon-Malu (S) ). TERNYATA pas gw masuk, gw bisa jadi lebih dari seorang chef.

WHY?

Semasa perkuliahan gw diajarin banyak banget cara membuat produk-produk yang biasa kita lihat di supermarket, kayak minuman teh, jus, minuman bersoda, snack, dan masih buaaaaanyaaak banget. Without technology and knowledge about foods, those foods won`t have a long shelf life, dan itu bener banget. Gw diajarin juga gimana tuh produk bisa bertahan bisa sampai bulan bahkan sampai tahunan (gila ye, makanan sampe kuat tahunan, jago juga ye emoticon-Cendol (S) ).

Selain masa simpan yang jadi concern kita, masalah pengembangan produk juga gak kalah asik sob. Sekarang produk makanan tuh udah banyaaak banget jenisnya gak perlu khawatir lo bakalan bosen. Hal sederhana contohnya segala sesuatu yang instan, kayak bubur instant. Kebayang gak sih lo sekarang udah ada bubur instant? praktis banget kan? nah itu salah satu hasil dari produk-produk pengembangan dari ITP. Simple but worth a million dollars loh emoticon-Cendol (S) .

Spoiler for Laper ih:

Kalo gak ada ITP, bisa-bisa kita sekarang masih makan singkong + gigitin tebu kali emoticon-Hammer (S).


2. Apakah kita jadi petani?

Spoiler for Ilustrasi:

Sampai sekarang gw masih yakin kalo ada yang beranggapan kalo kita itu kerjanya jadi petani emoticon-Hammer (S)

REALITANYA GIMANA GAN?

Kita diajarin juga tentang ilmu pertanian, tapi bukan sebagai petani yang langsung bekerja di ladang gitu, itu profesi pak tani sama bu tani. Kita belajar tentang raw material handling yang otomatis kita harus tau kondisi lingkungan penanaman, cara penanaman dan pemanenan suatu komoditi agar kualitasnya prima. Biar kebayang gw kasih contoh deh.

Spoiler for Pisang:


Contohnya adalah teknik handlingpisang yang udah dipanen. Di ITP kita diajarin pola respirasi suatu tanaman pangan, dengan belajar itu, kita bisa tau kondisi apa yang bisa menyebabkan tuh pisang busuk lebih cepet. Kalo kita beli satu sisir terus pas diperjalanan yang busuk cuman dua sih gak apa apa, nah kalo pabrik belinya sampe puluhan ton, berapa coba yang busuk kalo kita gak belajar itu. Penting kaan ilmu dan teknologi pangan itu? bukan jadi petani kalo kita hehe

3. Kuliah di ITP? Asiiiik Bisa Kayak Pak Bondan Winarno, maknyuus~

Spoiler for Pak Bondan:

Siapa sih yang gak kenal Pak Bondan? Beliau dulu yang selalu menghiasi tv gw saat gw baru pulang sekolah, pokoke maknyuss~ emoticon-Malu (S). Ada yang bilang juga kalo anak ITP itu selalu makan-makan aja kerjaannya. Buktinya gw semasa kuliah berat gw naik 10 kg emoticon-Hammer (S).

EMANG IYA BENERAN?

Spoiler for Sensory analysis:

Iya beneran, lo bakal nyicip-nyicip suatu makanan, tapi...... lo gak sekedar cuman bisa bilang enak, gak enak, gak gurih. Lo harus mampu mendeskripsikan itu sebenernya ada rasa apa aja dalam suatu makanan dan harus mampu menuliskan tingkatannya. Kegiatan yang baru gw jelasin itu namanya sensory analysissob. Dan lo harus tau, gaji orang yang punya sertifikat panelis terlatih (lidahnya sensitif abis) gaji bisa diatas 15 juta sebulan sob, dan itu part time emoticon-Takut (S) . Gile masih bisa disambi kerjaan lain tuh, ++ gajinya.

Jadi kalo misalkan lo duduk sebelahan sama anak ITP yang jago analisis rasa dan terjadi percakapan kayak gini jangan kaget :

A : Bro enak ye coklatnya, mahal sih lumayan
B : Iye enak banget bro, rasanya itu little bit milky, medium roast dan ada rasa cooked flavor sedikit
A : ....................

Spoiler for Testimoni Agan Agan:


Oiya gan kalo lo penasaran sama penjelasan gw diatas, gw ada video di youtube yang ngejelasin tentang ekspektasi dan realitas di ITP, serius gw RECOMMENDED banget nih video, sama kayak penjelasan gw, biar kebayang yang gw jelasin itu apa hihiemoticon-Toast.



Diubah oleh sidarta626 09-05-2015 20:34
0
85.5K
552
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.