mimin kaskusAvatar border
TS
mimin kaskus
[SEBELUM DI CLOSED] Pertama di Era Jokowi, Obligasi Negara Tak Laku
Dari target indikatif obligasi negara yang dilelang Rp 10 triliun, pemerintah hanya mampu memenangkan Rp 4,85 triliun.


KATADATA – Dalam tiga bulan terakhir, penjualan surat utang negara (SUN) terus menurun. Hasil lelang pada Selasa (28/04) mencatatkan hasil yang tidak menggembirakan. Dari target penjualan Rp 10 triliun, pemerintah hanya mampu memperoleh Rp 4,85 triliun. Ini pertama di era Presiden Jokowi, lelang obligasi negara tak lagi menarik bagi pembeli.

Berdasar rilis Kementerian Keuangan, Seri SUN yang dilelang merupakan jenis reopening atau bukan jenis kupon yang baru diterbitkan. Keempat seri ini ialah SPN12160204 (tenor 1 tahun), FR0069 (tenor 4 tahun), FR0071 (tenor 14 tahun), FR0067 (tenor 29 tahun).

Pemerintah menerbitkan beragam obligasi sebagai upaya memenuhi pembiayaan APBN. Menurut Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro pemerintah perlu berhati-hati dalam penerbitan surat utang. Pemerintah perlu mengurangi defisit neraca anggaran untuk menjaga stabilitas ekonomi.

“Untuk menambal defisit, mengeluarkan surat utang ke market. Saat ekonomi bermasalah, surat utangnya enggak laku,” ujarnya.

Menurut Kepala Riset NH Korindo Securities Reza Priyambada, pasar obligasi dalam negeri melemah sebagai akibat penguatan dolar menjelang pertemuan The Fed sehingga, “pelaku pasar cenderung wait and see menunggu peluang rebound bagi beberapa seri obligasi”.

Adapula faktor indeks harga saham gabungan (IHSG) dengan kinerja terburuk di Asia di akhir April yang disebabkan oleh beragam sentimen negatif terhadap pasar bursa.

Sumber google webcache. Link asli sudah dihapus /:D/

link sumber asli sudah dihapus sama admin situsnya entah kenapa emoticon-Takut. mungkin disini juga bentar lagi di closed.
Diubah oleh mimin kaskus 07-05-2015 04:15
0
7.7K
80
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.5KThread40.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.