Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ramessesAvatar border
TS
ramesses
Jepang Diminta Hentikan Manipulasi Jugun Ianfu


Kelompok pendukung juguan ianfu menuntut Jepang meminta maaf atas praktik perbudakan seks.

Lebih dari 180 sejarawan dari berbagai negara mengeluarkan surat terbuka kepada pemerintah Jepang agar berhenti melakukan manipulasi, sensor, dan intimidasi terhadap sejarawan yang menulis Perang Dunia II. Sebagian besar berasal dari perguruan tinggi di Amerika Serikat, namun ada pula sejarawan Inggris dan Eropa.

Mereka terdorong menulis surat terbuka setelah muncul kontroversi secara terus menerus tentang perempuan penghibur atau dikenal dengan nama jugun ianfu yang bekerja di rumah bordil militer Jepang di masa perang.

Persoalan itu telah menjadi batu sandungan dalam hubungan Jepang dengan sejumlah negara tetangga. Jumlah perempuan penghibur untuk tentara Jepang tidak diketahui pasti tetapi diperkirakan mencapai puluhan atau bahkan ratusan ribu. Mereka berasal dari Cina, Korea dan negara-negara lain yang dijajah Jepang, termasuk Indonesia.

Seperti dilaporkan oleh wartawan BBC Nick Higham, perempuan penghibur untuk tentara Jepang sering disebut sebagai budak seks. Pemerintah Jepang dituduh berusaha menutup-nutupi fakta sejarah, antara lain ditunjukkan dengan tindakan konsul Jepang di Amerika Serikat Desember lalu.

Ia meminta penerbit McGraw-Hill untuk mengubah beberapa paragraf di dalam buku yang menyebutkan bahwa militer Jepang merekrut paksa perempuan-perempuan muda. Disebutkan pula militer Jepang "membunuh massal mereka untuk menutup-nutupi operasi itu."

Ember

susah bener ngakuin
kalo moyang ente biadab emoticon-Cape d... (S)
0
1.4K
7
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.3KThread11.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.