Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ilaliqoAvatar border
TS
ilaliqo
Kritik PSSI Lewat Facebook, Aktivis Save Our Soccer Akan Diperiksa Polisi
JAKARTA, KOMPAS.com - Penyidik Direktorat Kriminal Khusus Polda Metro Jaya memanggil Apung Widadi pada Senin (11/5/2015) yang akan datang. Dia dipanggil sebagai terlapor dugaan pencemaran nama baik dan fitnah melalui media sosial.

Berdasarkan surat panggilan Nomor Spgl/2490/V/2015/DitReskrimsus, Apung dipanggil atas laporan yang dibuat Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) melalui Laporan Polisi Nomor LP/146/Ii/2014/Bareskrim tanggal 13 Februari 2014 silam.

Aktivis kelompok pemerhati sepak bola Save Our Soccer (SoS) tersebut diminta datang ke Subdirektorat IV Cyber Crime Dirkrimsus Polda Metro Jaya pukul 10.00 WIB untuk menghadap Kompol Khairuddin demi dimintai keterangan sebagai saksi dalam dugaan penyebaran berita bohong dan atau pencemaran nama baik dan fitnah melalui media sosial.

Apung sebagai terlapor diancam Pasal 14 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Pidana dan atau Pasal 310 KUHP dan Pasal 311 KUHP dan atau Pasal 45 ayat (1) juncto Pasal 27 ayat (3) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik (ITE).

"Saudara dimintai keterangan berkaitan dengan saudara membuat tulisan di akun grup Facebook Forum Diskusi Suporter Indonesia pada tanggal 8 Februari 2014," demikian tertulis di akhir paragraf surat itu.

Salah satu kuasa hukum Apung, Ahmad Biky membenarkan kliennya dipanggil pekan depan. Surat panggilan tersebut diserahkan langsung ke Apung oleh anggota kepolisian, Rabu (6/5/2015) malam saat Apung tengah menjadi narasumber di MetroTV.

"Soal datang atau tidak, kami kuasa hukumnya akan berdiskusi satu sama lain dulu. Tunggu saja kabar selanjutnya," ujar dia.

Diketahui, Apung pernah menulis di grup Facebook yakni "kasihan ya tim u-19, uang hak siar diputar oleh LNM untuk membiayai persebaya, palsu". Atas postingan Apung, PSSI membuat laporan di Bareskrim Polri.

http://megapolitan.kompas.com/read/2...periksa.Polisi
=======================================================================

Cerita Aktivis Pengkritik PSSI yang Dapat Panggilan Polisi di Sela Syuting Mata Najwa

Jakarta - Apung Widadi, aktivis Save Our Soccer, kaget. Di sela syuting Mata Najwa yang membahas tentang PSSI, Apung dihampiri dua orang polisi dari Polda Metro Jaya. Apung mendapat surat panggilan pemeriksaan pada 11 Mei mendatang.

Syuting Mata Najwa digelar semalam, Rabu (6/5) di Kedoya, Jakbar. Apung yang terkaget-kaget sempat menelepon pengacaranya dari LBH, Elsam, dan Kontras. Akhirnya, Apung menerima surat panggilan itu dan menandatangani surat terima.

"Mba Nana (Najwa) sempat tanya, Mas Apung mau lanjut syuting nggak? Saya bilang lanjut saja, panggilan polisi ini beda konteks dengan diskusi Mata Najwa," jelas Apung, Kamis (7/5/2015).

Apung yang pernah aktif di ICW, IBC, KP2KKN Semarang, dan kini di FITRA menuturkan, panggilan itu diantarkan seorang polisi bernama Iptu Tedy. Apung diperiksa sebagai saksi terkait status facebook pada 13 Februari 2014 lalu.

Di statusnya, Apung menyinggung soal uang hak siar Timnas. Apung mengaitkan uang hak siar dengan pejabat PSSI. Tapi rupanya, status itu menuai persoalan. Apung dilaporkan pejabat PSSI karena status itu ke Polda Metro Jaya.

"Tuduhan kepada saya kasus UU ITE pasal 26 ayat e. Pasal ini telah menjerat hampir 100 orang, dan saat ini Menkominfo mendorong revisi karena bisa untuk kriminalisasi. Beberapa kali saya dipanggil sebagai saksi tahun 2014, tetapi karena panggilan janggal, oleh pengacara saya dari ELSAM, YLBHI, LBH Jakarta, Safenet dan Pilnet suratnya dikembalikan," ceritanya.

Apung menjelaskan, kasus ini sebenarnya sudah mereda. Namun ketika dia kembali muncul ke publik dan bicara soal PSSI, kasus kembali dibuka. Dan di sela Mata Najwa itu dia diminta datang ke Mapolda Metro Jaya

http://news.detik.com/read/2015/05/0...najwa?ntprofil
0
2.3K
21
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.