- Beranda
- The Lounge
Indonesia Mengakui eSport Sebagai Olahraga Resmi
...
TS
StarSky1
Indonesia Mengakui eSport Sebagai Olahraga Resmi
Bantu dan minta nya gan
No beda topik
Kabar gembira buat para gamers .IeSPA Kini Menjadi Bagian FORMI, Indonesia Mengakui eSport Sebagai Olahraga Resmi
Quote:
IeSPa atau Indonesia eSport Assosiation sudah cukup lama bekerja keras agar eSport menjadi sebuah cabang olahraga resmi yang diakui pemerintah. Usaha mereka mulai mencapai titik puncaknya saat beredar foto sebuah surat yang berisi pemberitahuan proyek Pelatnas perdana khusus eSport – olahraga elektronik yang mempertandingkan berbagai judul video game.
Pada tanggal 24 Juni kemarin, akhirnya eSport Indonesia diresmikan dalam sebuah upacara seremonial yang diadakan di Gedung Serba Guna KONI. Dengan Menjadi bagian dari FORMI (atau Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) di bawah Menteri Pemuda dan Olahraga, para gamer profesional kini keberadaanya sejajar dengan atlet-atlet dari cabang olahraga lain.
Selain Haryono Isman – ketua FORMI dan mantan Menpora – acara seremonial ini juga dihadiri nama-nama yang mungkin tidak asing: Eddy Lim selaku Ketua Umum IeSPA, Richard Permana sang kapten tim NXL, juara Asian Cyber Games 2013; hingga Monica ‘Nixia’ Carolina, pemimpin dan founder tim NXA Ladies.
Ada sebuah misi IesPA yang menurut saya menarik. Mereka mencoba mengubah persepsi usang terhadap gamer dan dunia gaming yang terkadang diberitakan dari sudut pandang negatif – bahwa bermain game hanyalah buang-buang waktu, dan gamer memiliki tingkat disiplin yang rendah.
Selain mengupayakan akan ada pelatihan dan turnamen resmi, IeSPA menerapkan satu peraturan unik: saat bertanding dalam turnamen tersebut, gamer profesional tidak diperkenankan mengenakan sendal jepit. IeSPA mencoba menghilangkan budaya ‘tidak terdidik’ yang biasa melekat di kalangan gamer, terutama mereka yang menghabiskan banyak waktu di warnet dan game center.
Pada tanggal 24 Juni kemarin, akhirnya eSport Indonesia diresmikan dalam sebuah upacara seremonial yang diadakan di Gedung Serba Guna KONI. Dengan Menjadi bagian dari FORMI (atau Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) di bawah Menteri Pemuda dan Olahraga, para gamer profesional kini keberadaanya sejajar dengan atlet-atlet dari cabang olahraga lain.
Selain Haryono Isman – ketua FORMI dan mantan Menpora – acara seremonial ini juga dihadiri nama-nama yang mungkin tidak asing: Eddy Lim selaku Ketua Umum IeSPA, Richard Permana sang kapten tim NXL, juara Asian Cyber Games 2013; hingga Monica ‘Nixia’ Carolina, pemimpin dan founder tim NXA Ladies.
Ada sebuah misi IesPA yang menurut saya menarik. Mereka mencoba mengubah persepsi usang terhadap gamer dan dunia gaming yang terkadang diberitakan dari sudut pandang negatif – bahwa bermain game hanyalah buang-buang waktu, dan gamer memiliki tingkat disiplin yang rendah.
Selain mengupayakan akan ada pelatihan dan turnamen resmi, IeSPA menerapkan satu peraturan unik: saat bertanding dalam turnamen tersebut, gamer profesional tidak diperkenankan mengenakan sendal jepit. IeSPA mencoba menghilangkan budaya ‘tidak terdidik’ yang biasa melekat di kalangan gamer, terutama mereka yang menghabiskan banyak waktu di warnet dan game center.
Quote:
Sebagai rencana jangka panjang, IeSPa memiliki keinginan agar tiap turnamen eSport yang dilakukan di Indonesia diadakan dalam gelanggan raksasa yang bisa dinikmati oleh ribuan penonton, serta ditayangkan di televisi. Seperti yang terjadi di Korea Selatan.
Terdengar sangat ambisius bukan? Tapi siapa yang melarang kita untuk bermimpi? Sebagai langkah awal konkretnya, IeSPA akan bekerja sama dengan beberapa game center untuk menyediakan tempat turnamen – dan mengajak mereka menjadi bagian darinya.
Sang ketua umum menjelaskan bahwa dalam waktu dekat ini, IesPA sudah memiliki beberapa judul permainan yang akan dipertandingkan. Mayoritas merupakan judul-judul besutan para publisher yang menjadi partner resmi mereka, yaitu Garena, Lyto dan Megaxus. Di tahun 2014 ini rencananya turnamen seperti CrossFire Stars 2014, Olimpiade Megaxus 2014 dan League of Legends akan diselenggarakan. Selain game-game yang disebutkan itu, IeSPA sedang menjalankan program Pelatnas untuk Dota 2.
Satu hal yang menjadi harapan terbesar saya pada peresmian olahraga elektronik di Indonesia ini adalah dukungan jangka panjang pemerintah terhadap para gamer profesional. Pemerintah Indonesia harus memastikan bahwa apapun yang terjadi, mereka tetap memiliki masa depan yang cerah. Alasannya adalah banyak dari para gamer pro yang mengorbankan pendidikan formal dan masa muda demi mengejar impian mereka.
Lalu yang tidak kalah penting: IeSPA harus selalu objektif dalam memilih judul permainan. Walaupun Lyto, Garena dan Megaxus merupakan partner resmi, IeSPA diharapkan tetap mempertimbangkan judul-judul game dengan standar dunia walaupun bukan milik para partner.
Dengan begitu, akan lebih mudah bagi para gamer untuk berkiprah dalam turnamen kelas mancanegara. Counter-Strike: Global Offensive, StarCraft II, Call of Duty, Halo 4 adalah beberapa contoh permainan dengan hadiah turnamen yang sangat tinggi.
Mungkin setelah Asian Cyber Games, para talenta muda kita bisa berpartisipasi dalam The International, League of Legends World Championship, Major League Gaming Dallas atau Las Vegas, hingga DreamHack Winter.
Terdengar sangat ambisius bukan? Tapi siapa yang melarang kita untuk bermimpi? Sebagai langkah awal konkretnya, IeSPA akan bekerja sama dengan beberapa game center untuk menyediakan tempat turnamen – dan mengajak mereka menjadi bagian darinya.
Sang ketua umum menjelaskan bahwa dalam waktu dekat ini, IesPA sudah memiliki beberapa judul permainan yang akan dipertandingkan. Mayoritas merupakan judul-judul besutan para publisher yang menjadi partner resmi mereka, yaitu Garena, Lyto dan Megaxus. Di tahun 2014 ini rencananya turnamen seperti CrossFire Stars 2014, Olimpiade Megaxus 2014 dan League of Legends akan diselenggarakan. Selain game-game yang disebutkan itu, IeSPA sedang menjalankan program Pelatnas untuk Dota 2.
Satu hal yang menjadi harapan terbesar saya pada peresmian olahraga elektronik di Indonesia ini adalah dukungan jangka panjang pemerintah terhadap para gamer profesional. Pemerintah Indonesia harus memastikan bahwa apapun yang terjadi, mereka tetap memiliki masa depan yang cerah. Alasannya adalah banyak dari para gamer pro yang mengorbankan pendidikan formal dan masa muda demi mengejar impian mereka.
Lalu yang tidak kalah penting: IeSPA harus selalu objektif dalam memilih judul permainan. Walaupun Lyto, Garena dan Megaxus merupakan partner resmi, IeSPA diharapkan tetap mempertimbangkan judul-judul game dengan standar dunia walaupun bukan milik para partner.
Dengan begitu, akan lebih mudah bagi para gamer untuk berkiprah dalam turnamen kelas mancanegara. Counter-Strike: Global Offensive, StarCraft II, Call of Duty, Halo 4 adalah beberapa contoh permainan dengan hadiah turnamen yang sangat tinggi.
Mungkin setelah Asian Cyber Games, para talenta muda kita bisa berpartisipasi dalam The International, League of Legends World Championship, Major League Gaming Dallas atau Las Vegas, hingga DreamHack Winter.
Quote:
Telah Diakui Secara International
Sebelumnya Indonesia e-Sports Association (IeSPA) sudah mendapatkan pengakuan dari IeSF (International e-Sports Federation). Ke depannya IeSPA harus mengikuti aturan-aturan keanggotaan, permainan, penjurian, hingga segala hal yang berurusan dengan pertandingan game secara professional.
Akhir kata saya ucapkan 'Selamat kepada IeSPA', dan terima kasih kepada semua gamer, publisher game, perencana, dan semua pihak yang telah memberikan segala support yang diberikan sehingga bisa terwujudnya e-Sport sebagai salah satu cabang olahraga yang telah mendapatkan dukungan secara resmi oleh pemerintah.
Sebelumnya Indonesia e-Sports Association (IeSPA) sudah mendapatkan pengakuan dari IeSF (International e-Sports Federation). Ke depannya IeSPA harus mengikuti aturan-aturan keanggotaan, permainan, penjurian, hingga segala hal yang berurusan dengan pertandingan game secara professional.
Akhir kata saya ucapkan 'Selamat kepada IeSPA', dan terima kasih kepada semua gamer, publisher game, perencana, dan semua pihak yang telah memberikan segala support yang diberikan sehingga bisa terwujudnya e-Sport sebagai salah satu cabang olahraga yang telah mendapatkan dukungan secara resmi oleh pemerintah.
Sumber
Tambahan
Minta surveynya dari agan seanman
Quote:
Original Posted By seanman►Congratzz sekarang gw informasikan di beberapa thread yaq..
Electroning gaming sport?
jangan dikira main doang, kerja keras gila2an. Apalagi iklim disini blom mendukung, selain kuliah, latihan disiplin harus tinggi.
Yg dah kerja siap2 punya 2 kehidupan siang malam, siang kerja malam latihan.
Semoga player atlit prof Indonesia memiliki disiplin. Dan gw berharap saat pembentukan bibit2 muda ini ada edukasi semacam seminar utk orang tua dan adanya psikolog psikolog anak.
Kepada TS tolong survey dari IESPA ini di taroh di 1st page /1st post
survey IESPA1
Survey IESPA2
Electroning gaming sport?
jangan dikira main doang, kerja keras gila2an. Apalagi iklim disini blom mendukung, selain kuliah, latihan disiplin harus tinggi.
Yg dah kerja siap2 punya 2 kehidupan siang malam, siang kerja malam latihan.
Semoga player atlit prof Indonesia memiliki disiplin. Dan gw berharap saat pembentukan bibit2 muda ini ada edukasi semacam seminar utk orang tua dan adanya psikolog psikolog anak.
Kepada TS tolong survey dari IESPA ini di taroh di 1st page /1st post
survey IESPA1
Survey IESPA2
Diubah oleh StarSky1 26-06-2014 10:59
0
10.9K
Kutip
73
Balasan
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
922.9KThread•82.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru