Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

embolisasiAvatar border
TS
embolisasi
[WUIKK] Sri Sultan Tidak Lagi Diakui sebagai Gubernur dan Ngarso Dalem
BANTUL - Keluarga Keraton Ngayogyokarto tidak lagi mengakui Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X sebagai Ngarso Dalem dan juga Gubernur DIY. Karena Ngarso Dalem Ngayogyakarto menggunakan gelar Khalifatulloh dan Hamengku Buwono, bukan yang Hamengku Bawono. Mereka tidak mengakuinya karena menyebabkan kekisruhan di tubuh Keraton Ngayogyakarto dan Pemerintah Daerah (Pemda) DIY.

Adik Sri Sultan HB X GPPH Yudhaningrat mengatakan, karena tidak mengakui lagi, maka mereka tidak akan pernah menghadiri undangan atau panggilan dari Sri Sultan HB X selama masih menghilangkan sebutan Khalifatulloh dan juga memakai Hamengku Bawono.

Beberapa waktu yang lalu, mereka juga mendapat undangan untuk diberi penjelasan tentang Sabdorojo."Siapa yang mengundang, kalau masih Hamengku Bawono kami tetap tidak akan datang. Seperti kemarin kami kan diundang untuk diberi penjelasan. Penjelasan itu sendiri juga salah," tegasnya usai menyerahkan Dana Keistimewaan (Danais) kepada abdi dalem Keraton Surakarta di Kekanjengan Imogiri, Rabu (6/5/2015).

Gusti Yudha menyebutkan para adik Sri Sultan tetap menuntut agar gelar tersebut dikembalikan sebagaimana mestinya. Karena jika dipaksakan maka ia khawatir keraton dan rakyat Ngayogyakarto juga akan tercerai berai dan tidak amanah. Namun jika Sri Sultan masih tetap ngeyel atau ngotot dengan Sabdorojonya, maka mereka tidak bisa berbuat apa-apa kecuali menyerahkannya kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Menurutnya, tanggal 30 April 2015 lalu menjadi hari yang sangat buruk bagi iklim Keraton Ngayogyakarto. Tanpa ada hujan dan angin, tiba-tiba ada petir yang merusak tatanan keistimewaan Ngayogyakarto Hadiningrat. Tiba-tiba Sri Sultan HB X menghilangkan sebutan Khalifatulloh dan juga menggunakan nama Hamengku Bawono, bukan lagi Hamengku Buwono.

http://daerah.sindonews.com/read/998065/189/sri-sultan-tidak-lagi-diakui-sebagai-gubernur-dan-ngarso-dalem-1430900418

Wah susah juga di era demokrasi masih ada raja dgn sabdanya yg absolut, pasti ada yg tdk setuju dan memberontakemoticon-Big Grin
Kecuali makhluk bodoh panastaikk, mau bener salah asal ngoswi yg bersabda, ya bener aja emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
0
11.9K
128
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.