Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dinsosjakartaAvatar border
TS
dinsosjakarta
Tagana Jaksel Adakan Pengenalan Bencana Sejak Dini
Peringati Hardiknas, Tagana Jaksel Adakan Pengenalan Bencana Sejak Dini

Tagana Jaksel Adakan Pengenalan Bencana Sejak Dini

Untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional, Taruna Siaga Bencana (Tagana) Jakarta Selatan adakan Pengenalan Bencana Sejak Dini untuk anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pengenalan itu berupa arahan kepada anak-anak tentang apa yang harus mereka lakukan ketika bencana.



Itu disampaikan Fathul Bahri, Koordinator Tagana Jakarta Selatan ketika ditemui di Rumah Pintar Terpadu Taman Bacaan Masyarakat, Kel. Lebak Bulus Jakarta Selatan (3/5). Ia melanjutkan bahwa kegiatan ini merupakan kerjasama dengan Saung Piranti, masyarakat peduli yang tergabung dari Pemuda Karang Taruna dan Ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

"Tagana di sini sebagai undangan untuk menjadi narasumber. Kebetulan ketua panitia ini juga dekat dengan Tagana dan tergabung dalam Satuan Petugas Sosial (Satgasos). Jadi kita sampaikan kepada anak-anak di sini, bagaimana cara mereka menghadapi bencana," tukas Fathul.

Pendapat itu diperkuat oleh Mumun, anggota Tagana yang menjadi narasumber. Ia mengatakan, anak-anak ini akan mengetahui apa yang harus mereka lakukan ketika terjadi bencana. Sehingga mereka berperan serta dalam penanganan bencana minimal untuk diri mereka sendiri.

"Kita sampaikan ketika bencana itu lindungi kepala, jangan panik, jangan saling dorong, jangan saling mendahulukan, dan jangan kembali lagi. Kita sampaikan melalui nyanyian, karena mereka lebih paham dengan penyampaian seperti itu," tandas Mumun.

Selain itu, pengetahuan-pengetahuan dini untuk menanggulangi bencana juga ia berikan. Seperti harus ada tas bancana yang berfungsi untuk menyimpan dokumen-dokumen penting agar tidak rusak. Dokumen penting berupa ijazah, surat tanah, dan sebagainya.

"Ya selebihnya kita berikan game-game agar mereka aktif bergerak saja. Yang penting poin-poin yang sederhana itu bisa tersampaikan. Kalau anak-anak seperti mereka jangan dipaksakan terlalu banyak materi. Kita juga berikan doorprise supaya mereka semangat," tutup Mumun.

Tagana Jaksel Adakan Pengenalan Bencana Sejak Dini



Tagana Jaksel Adakan Pengenalan Bencana Sejak Dini


Tagana Jaksel Adakan Pengenalan Bencana Sejak Dini


Diubah oleh dinsosjakarta 04-05-2015 01:58
0
2.1K
10
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.