Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

whynourickAvatar border
TS
whynourick
penjelasan IMF tentang utang luar negeri
Dana Moneter International, atau International Monetary Fund (IMF) menegaskan, Indonesia saat ini tidak lagi memiliki utang terhadap lembaga tersebut. Ini untuk menjawab polemik yang meluas di publik dalam negeri.

Demikian disampaikan S‎enior Residence Representative Indonesia‎ IMF Benedict Bingham dalam surat elektroniknya kepada Bank Indonesia yang dikutip detikFinance, Kamis (30/4/2015).

"Ada sejumlah laporan terbaru tentang kewajiban Indonesia untuk IMF. Indonesia saat ini tidak memiliki pinjaman dari IMF. Utang yang dimaksud adalah SDR. Setiap anggota IMF wajib mengalokasikan SDR. Alokasi SDR Indonesia saat ini adalah 1,98 miliar atau sekitar US$ 2,8 miliar. Dalam standar akuntansi, alokasi SDR ini diperlakukan sebagai kewajiban asing Bank Indonesia‎, sedangkan kepemilikan SDR diperlakukan sebagai aset asing BI. Jadi, ketika SDR dialokasikan, tidak ada perubahan dalam utang bersih untuk anggota IMF," ‎jelas Ben.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) juga telah menjelaskan kepada publik, bahwa utang Indonesia kepada IMF seperti yang tercantum dalam statistik Utang Luar Negeri (ULN) bukanlah 'utang' yang sebenarnya, melainkan Special Drawing Rights (SDR).

Mengutip situs resmi IMF, SDR merupakan aset cadangan international yang dimanfaatkan untuk memperkuat cadangan devisa negara anggota IMF. SDR ini dibentuk sejak tahun 1969 dan berlaku bagi negara-negara anggota IMF, termasuk Indonesia. ‎

sumber
http://finance.detik.com/read/2015/0...iliar?f9911013penjelasan IMF tentang utang luar negeri
0
1.9K
11
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.