Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hobi_linuxAvatar border
TS
hobi_linux
[Pesisir Selatan] Presiden Jokowi Resmikan Kawasan Wisata Mandeh Sumbar 16 Mei


Bisnis.com, PADANG - Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan kawasan wisata Mandeh di Pesisir Selatan, Sumatra Barat pada 16 Mei 2015.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Andrinof A Chaniago memastikan jadwal tersebut tidak akan meleset dan presiden dipastikan hadir.

“Jadwalnya sudah pasti, kecuali ada peristiwa yang amat penting yang menyebabkan presiden tidak bisa hadir,” ujar Andrinof usai menggelar rapat terbatas dan memantau kawasan tersebut, Minggu (26/4/2015).

Menurutnya, kawasan Mandeh yang berada di Kecamatan Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan, Sumbar berpotensi untuk pengembangan objek wisata bahari dan kegiatan wisata air.


“Indah sekali, sayangnya kan selama ini tidak tergarap. Kami dorong pengembangan kawasan mandeh menjadi percontohan pengelolaan wisata dalam negeri,” ujarnya.

Mandeh merupakan kawasan wisata yang masuk dalam Rencana Induk Pembanguan Pariwisata Nasional (RIPPNAS) pada tahun 2004. Keindahan kawasan yang setara dengan Bunaken dan Raja Ampat itu sudah dikenal hingga mancanegara.

Kawasan Mandeh seluas 8.000 hektare terdiri dari deretan pulau-pulau dengan laut yang tenang dan biru. Beberapa pulau yakni Pulau Taraju, Pulau Setan Kecil, Pulau Sironjong Besar dan Kecil, dan Pulau Cubadak yang paling terkenal, serta pulau-pulau kecil lainnya.

Keindahan bawah laut Mandeh juga didukung dengan keberadaan bangkai kapal Belanda, Boelongan yang tenggelam di masa penjajahan. Daerah itu juga didukung 70 ha terumbu karang yang masih sangat terawat, 4 ha hutan mangrove, dan ratusan biota laut.

-
sumber rejeki: http://industri.bisnis.com/read/2015...-sumbar-16-mei
-

Jokowi akan Tinjau Kawasan Wisata Mandeh

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan mengunjungi Sumatra Barat pada 16 Mei 2015. Informasi itu disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Andrinof Chaniago.

"Jika tidak ada perubahan rencana, beliau akan ke Sumbar 16 Mei untuk meninjau Kawasan Wisata Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan," katanya saat meninjau demplot padi organik Korem 032/Wirabraja di Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman, Ahad (26/4).
Menurut dia, persiapan peninjauan Presiden ke Kawasan Wisata Mandeh itu telah hampir 100 persen. "Semua telah disiapkan, tinggal menunggu Bapak Presiden," katanya.

Terpisah, Bupati Pesisir Selatan, Nasrul Abit mengatakan sejak beberapa waktu terakhir, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan telah mempersiapkan infrastruktur penunjang di Kawasan Wisata Mandeh.
"Masyarakat sekitar juga sudah mendapatkan pelatihan untuk melayani wisatawan yang datang agar mereka nyaman berada di Mandeh," katanya.

Ia optimis, Kawasan Wisata Mandeh akan menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Indonesia. Kawasan Wisata Mandeh merupakan salah satu destinasi wisata di Sumatera Barat berupa kawasan kepulauan seluas 18 ribuhektar.
Kawasan itu menyajikan perpaduan perbukitan yang alami dengan keindahan teluk yang dihiasi dengan gugusan pulau-pulau kecil yang terletak di bagian tengah Teluk Carocok Tarusan.

Teluk itu cukup landai dan tidak berombak karena disekitarnya terdapat beberapa pulau kecil diantaranya, Pulau Traju, Pulau Setan Kecil, Sironjong besar dan kecil dan Pulau Cubadak.

Kawasan ini menurut Bupati setempat, Nasrul Abit, memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia karena memiliki keindahan dan kekayaan biota laut yang tidak kalah dengan Raja Ampat.
-
sumber: http://www.republika.co.id/berita/na...-wisata-mandeh
-

Sedikit penampakan:




Kuliner Pesisir Selatan
Putu Kambang


Sate Lokan, sejenis kerang, lamak bana !


last but not least, Pinukuik, sejenis serabi


oke, mantab, langsung jadi TO
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
6.9K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.