Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

SyauqiVonWeigerAvatar border
TS
SyauqiVonWeiger
Sedikit Mengenai Esperanto
Saluton!

Selamat sore agan-agan sekalian yang saya hormati dan menghormati saya *halah*

Di sore ini ane mau berbagi pada agan mengenai satu bahasa (dan juga gerakan) yang tujuannya bisa dibilang mulia. Yakni bahasa Esperanto.
Mungkin di telinga agan-agan masih asing ya, pertama mendengarnya mungkin akan diasosiasikan dengan bahasa Spanyol atau mungkin telenovela emoticon-Malu (S) tapi bukan sama sekali, malah jauh berbeda.
Nah sekarang saya mau bahas tentang Esperanto nih, baik secara umum dan juga pergerakan Esperanto di Indonesia.

Spoiler for Sekilas Mengenai Esperanto:


Spoiler for Esperanto di Indonesia:


Yang menjadi inti dari threadini, yang pertama saya ingin membagi semangat Esperanto saya pada agan-agan sekalian. Dengan Esperanto, kita juga berarti mendukung perdamaian dunia, karena menurut Zamenhof, beberapa konflik di dunia ini bisa saja disebabkan karena masalah bahasa, salah pengertian lah, atau merasa tersinggung saat orang lain berbicara dengan bahasa asing.
Selain itu, jika agan suka jalan-jalan dan pengen jalan-jalan keliling dunia gratis, ada layanan "Pasporta Servo", yakni layanan dari Esperantist yang bersedia memberi tempat tinggal, makan, dan jalan-jalan di tempat mereka pada Esperantist lain yang mengunjunginya (tetap dengan berbagai syarat dan ketentuan yaa emoticon-Kiss (S)).
Selain itu, dikenal pula istilah "Esperantujo"(Tempatnya Esperanto) yang merujuk pada sebuah "negara" khayalan yang terletak dimanapun ada Esperantist, dan kebudayaan di "negara" ini sangatlah maju dengan karya-karya sastra yang dibuat oleh Esperantist.
Untuk agan-agan yang pengen tahu lebih banyak tentang Esperanto, bisa buka halaman ini: Esperanto di Indonesia

Disitu lengkap kok, Insya Allah, ya meskipun ada beberapa yang cuma pake bahasa Esperanto aja. Link buat belajar juga ada di situ.
Oya, berhubung sekarang sudah ada Asosiasi Esperanto Indonesia, agan-agan bisa daftar di Asosiasi Esperanto Indonesia

Sekian dari ane agan-agan yang ane hormati dan menghormati ane emoticon-Kiss, biar ane tutup dengan satu paragraf pake bahasa Esperanto:
Esperantistoj havas belan sonĝon. Ni sonĝas pacan mondon. Nur per Esperanto, laŭ ni, povas unuigi la homaro. Venu kun ni, lernu Esperanton, kaj estu la subtenintoj de la mondpaco! (baca: Esperantistoy havas belan son-jon. Ni son-jas patsan mondon. Nur per Esperanto, law ni, povas unuigi la homaro. Venu kun ni, lernu Esperanton, kay estu la subtenintoy de la mondpatso!)
yang artinya: Esperantist memiliki mimpi yang indah. Kita memimpikan dunia yang damai. Hanya dengan Esperanto, menurut kami, bisa menyatukan umat manusia. Datanglah bersama kami, pelajarilah Esperanto, dan jadilah pendukung kedamaian dunia!

Terimakasih kunjungannya. Pertanyaan, komentar, sekedar pertamax, atau koreksi jika ada kesalahan, saya terima di bagian komentar.

Mi petas al vi la "ĉendol"-on, dankon! emoticon-Blue Guy Cendol (L) Cendol dong gan! Terimakasih emoticon-Big Grin

"Per Esperanto por mondpaco kaj amikeco, ĝis revido!" (Dengan Esperanto, untuk perdamaian dunia, dan persahabatan, sampai nanti!)
0
1.9K
10
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.