News
Batal
KATEGORI
link has been copied
30
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/553fd490128b46ba518b456c/5-kisah-mengharukan-mary-jane-yang-akhirnya-batal-dieksekusi-mati
Terpidana mati asal Filipina, Mary Jane Fiesta Veloso batal dieksekusi mati. Mary dijebloskan ke penjara karena tertangkap membawa 2,6 kg sabu dalam tasnya. Saat menanti detik-detik akhir hukuman mati, pemerintah tiba-tiba saja bermurah hati memaafkan Mary. Mary sendiri sudah dipindahkan dari Lapas Wirogunan Yogyakarta ke Nusakambangan pada Jumat (24/4) malam. Sebelum berangkat Mary Jane sempat be
Lapor Hansip
29-04-2015 01:42

5 Kisah Mengharukan Mary Jane yang Akhirnya Batal Dieksekusi Mati

Quote:
5 Kisah Mengharukan Mary Jane yang Akhirnya Batal Dieksekusi Mati



Terpidana mati asal Filipina, Mary Jane Fiesta Veloso batal dieksekusi mati. Mary dijebloskan ke penjara karena tertangkap membawa 2,6 kg sabu dalam tasnya.

Saat menanti detik-detik akhir hukuman mati, pemerintah tiba-tiba saja bermurah hati memaafkan Mary. Mary sendiri sudah dipindahkan dari Lapas Wirogunan Yogyakarta ke Nusakambangan pada Jumat (24/4) malam.

Sebelum berangkat Mary Jane sempat berdoa bersama dua petugas lapas Wirogunan yang kebetulan juga beragama Katolik. "Dia tidak menangis, dia malah sempat berdoa bersama dua anak buah saya, kebetulan sama-sama Katolik," ujar Kalapas Wirogunan, Zaenal Arifin.

Keharuan sebelum diberangkatkan ini adalah satu dari sekian banyak keharuan Mary Jane selama di lapas. Di lapas Mary Jane kerap kali meneteskan air mata, apa sebabnya? Berikut adalah lima ceritanya:


1.Diberi Rosario

5 Kisah Mengharukan Mary Jane yang Akhirnya Batal Dieksekusi Mati

Dalam kunjungannya ke Lapas Wirogunan, Yogyakarta, Selasa (31/3), rombongan Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan Besar Filipina memberi Mary Jane sebuah Rosario yang merupakan sarana untuk berdoa bagi umat Katolik. Selain itu, mereka juga memberikan uang sebesar Rp 1,5 juta dan sebuah kamus Inggris-Tagalog.

Kalapas Wirogunan, Zaenal Arifin mengatakan dia hanya mengetahui barang-barang yang diberikan pada Mary Jane. Sementara soal isi perbincangan Mary Jane dengan rombongan pemerintah Filipina dia tidak tahu.

"Saya tidak paham apa yang mereka bicarakan pakai Tagalog," katanya.

Meski demikian dari apa yang dia lihat, Mary Jane tampak senang mendapat kunjungan dari pemerintah Filipina. Saat berbicang-bincang tampak berapa kali Mary Jane tertawa.

"Tadi ketawa-tawa orangnya, dia tadi dikasih kalung Rosario, uang dan juga kamus," ungkapnya.

Menurutnya saat ini Mary Jane sudah tahu perihal penolakan PK yang diajukannya. Mary Jane tahu dari keluarganya di Filipina saat menghubungi lewat telpon.

"Waktu pertama, keluarganya sempat menyangka Mary Jane akan dieksekusi pada 27 Maret, tapi setelah lewat tanggal 27, Mary Jane menelepon. Saat itu Mary Jane diberitahu PK-nya ditolak," jelasnya.

Saat mengetahui PK-nya ditolak Mary Jane menangis. Namun tak berselang lama dia sudah kembali seperti biasa. "Sekarang sudah biasa," tandasnya.


2.Menangis di persidangan

5 Kisah Mengharukan Mary Jane yang Akhirnya Batal Dieksekusi Mati

Mary Jane Fiesta Veloso (30) terpidana mati warga negara Filipina menangis dalam persidangan pemeriksaan permohonan PK di PN Sleman, Rabu (4/3). Dia menangis ketika diajak berdoa oleh Pastor Bernhard Kieser dari Gereja St Antonius Kotabaru, yang menjadi saksi dalam persidangan tersebut.

Seusai memberikan kesaksian, dia diminta Hakim Ketua Marliyus MS, untuk berdoa bersama dengan Mary Jane. Dia pun kemudian membimbing Mary Jane berdoa dalam bahasa Indonesia.

Di tengah doa tersebut Mary Jane menangis tersedu-sedu sembari berusaha terus melafalkan doa.

"Ampunilah kami, seperti mana pun kami mengampuni yang bersalah kepada kami, jangan masukan kami ke dalam percobaan" ucap Mary Jane sambil terisak.

Setelah doa selesai, Romo Bernhard pun kemudian meninggalkan ruang sidang. Dalam kesaksiannya, Romo Bernhard mengaku sudah mengenal Mary Jane sejak tahun 2011, saat dia melayani narapidana yang beragama Katolik di Lapas Narkotika Pakem.

Saat itu dia mengetahui bahwa Mary Jane tidak bisa berbahasa Indonesia atau pun bahasa Inggris. "Sangat sulit (berbahasa Inggris dan Indonesia)," kata Romo Bernhard di persidangan, Rabu (4/3).

Dia pun mengungkapkan saat itu dia nyaris tidak berkomunikasi dengan Mary Jane. Dia hanya datang mengajak berdoa bersama meski Mary Jane tidak memahami doanya.

"Pertemuan kami sangat singkat, 5 menit saja, saya mengutarakan kepada seorang yang terdakwa dukungan. Sejauh mana dia menangkap, saya tidak tahu," tandasnya.


3.Di Filipina lulusan SMP jadi PRT

5 Kisah Mengharukan Mary Jane yang Akhirnya Batal Dieksekusi Mati

Terpidana mati Mary Jane Fiesta Veloso (30) warga negara Filipina, ternyata berprofesi sebagai seorang pembantu rumah tangga (PRT) di negaranya. Mary Jane yang hanya lulus pendidikan setara SMP tidak lagi melanjutkan pendidikan dan kemudian bekerja.

Cerita terlibatnya Mary Jane dalam sindikat penjualan narkotika internasional ketika dia bertemu dengan seseorang bernama Christine. Saat itu Mary Jane dijanjikan akan diberikan pekerjaan oleh Christine jika mau membawa sebuah koper ke Indonesia.

Saat bertemu dengan Christine di Malaysia, Mary Jane kemudian diberi uang sejumlah USD 500 untuk keperluannya selama di Indonesia. Dengan uang tersebut Mary Jane pun kemudian terbang ke Yogyakarta dengan menggunakan pesawat AirAsia.

Dari fakta tersebut Penasehat Hukum Mary Jane, Agus Salim mengatakan bahwa Mary Jane hanyalah korban dari sindikat lalu lintas narkotika internasional.

"Mary Jane adalah korban sindikat lalu lintas narkotika internasional. Terdakwa diperalat untuk mengantarkan narkotika ke Indonesia dengan diiming-imingi pekerjaan," katanya dalam persidangan peninjauan kembali di PN Sleman, Selasa (3/3).

Fakta tersebut juga yang dijadikan bahan untuk melakukan peninjau kembali putusan hukuman mati yang dijatuhkan kepada Mary Jane.

"Kami memohon supaya fakta ini bisa dijadikan bahan untuk mempertimbangkan kembali putusan PN Sleman terhadap terdakwa Mary Jane, selain itu mengingat usia terdakwa yang masih muda memungkinkan terdakwa untuk berubah lebih baik," tandasnya.


4.Main sama anak

5 Kisah Mengharukan Mary Jane yang Akhirnya Batal Dieksekusi Mati

Keluarga terpidana mati Mary Jane Fiesta Veloso diam-diam sudah mengunjungi Mary Jane di lapas Wirogunan Yogyakarta pada hari Kamis (19/2) sampai Sabtu (21/2). Menurut pihak Kejaksaan Tinggi Negeri Yogyakarta, selama berkunjung keluarga Mary Jane selalu didampingi dari pihak Kejaksaan, perwakilan kedutaan besar Filipina dan seorang rohaniawan bernama Ignatius Suryadi.

Menurut Jaksa Penuntut Umum kasus Mary Jane, S Anggraeni, keluarga Mary Jane yang datang yaitu Cesar S Veloso Ayahnya, Culin Veloso Ibunya, Maritas Laurante saudara perempuannya dan Mark Daniele dan Mark Daren kedua anaknya.

"Kami kemarin hanya mendampingi saja, mereka bertemu sejak Kamis sampai Sabtu kemarin, ada orang tuanya, anaknya, kakak perempuannya tapi suaminya enggak ada," katanya pada wartawan, Senin (23/2).

Kunjungan tersebut merupakan kunjungan kedua kalinya sejak Mary Jane ditahan. Pertama kali Mary Jane dikunjungi ketika dia masih berada di lapas Narkotika Pakem, Sleman, dan yang kedua di Lapas Wirogunan.

"Mary Jane senang melihat keluarganya berkunjung. Dia sempat bermain-main dengan kedua anaknya. Kelihatan kangen sekali, anak-anaknya dipeluk berkali-kali," ujarnya.

Sementara itu pihak kedutaan Filipina, Ramon CM yang datang mendampingi berharap eksekusi mati Mary Jane ditunda.

"Pihak kedutaan Filipina bilang minta supaya ditunda, mereka bilang mereka menghargai hukum di Indonesia, tapi kalau bisa ditunda," tandasnya.


5.Batasi penjenguk

5 Kisah Mengharukan Mary Jane yang Akhirnya Batal Dieksekusi Mati

Terpidana mati Mary Jane Fiesta Veloso (30) warga negara Filipina membatasi diri dari penjenguknya di Lapas Wirogunan Yogyakarta. Pembatasan tersebut dilakukan supaya tidak ada kejadian-kejadian janggal lagi seperti yang terjadi saat persidangan permohonan PK di PN Sleman, Rabu (5/3) kemarin.

Menurut Kalapas Wirogunan, Zaenal Arifin, Mary Jane sendiri nantinya yang akan memberikan lima nama temannya yang boleh menjenguknya di Lapas. Namun sampai saat ini Mary Jane masih memikirkan lima nama temannya tersebut.

"Dia masih mikir, siapa yang boleh jenguk. Nanti kalau kita yang tentukan malah salah, setelah dipilih, ternyata malah enggak datang. Jadi biar Mary Jane yang menentukan kira-kira siapa temannya yang mungkin akan menjenguk," terangnya pada wartawan di Lapas Wirogunan, Kamis (5/3).

Sementara itu ketika ditanya tentang kondisi Mary Jane pasca sidang permohonan PK, Zaenal mengatakan kondisi Mary Jane biasa saja.

"Kondisinya biasa saja, orangnya memang pendiam. Tadi ini sudah ketawa-ketawa mikir siapa yang bisa jenguk dia," tambahnya.

Dalam keseharian di Lapas, Mary Jane paling suka bermain voli untuk mengisi waktu luang di Lapas. Selain itu dia juga senang ikut permainan tradisional gobak sodor bersama temannya. Dia menempati kamar di blok C bersama dua temannya.


SUMBER



SEMOGA PENUNDAANNYA TIDAK LAMA DAN MARY JANE SEGERA DIEKSEKUSI MATI emoticon-Marah emoticon-Marah
0
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 2
5 Kisah Mengharukan Mary Jane yang Akhirnya Batal Dieksekusi Mati
29-04-2015 01:46

Mary Jane; Mata Tak Ingin Ditutup, Mau Dikubur Mengenakan Gaun Putih

SATU dari 9 terpidana yang sesaat lagi bakal dieksekusi mati di Nusakambangan, Mary Jane Veloso punya permintaan dan pesan khusus. Ibunya, Celia Veloso mengungkap hal tersebut kepada Rappler, Selasa (28/4).

"Putriku tidak ingin ditutup matanya dan tak mau diborgol selama eksekusi. Dia tidak takut," ujar Celia.

Celia juga bereaksi 'dingin' terhadap eksekusi mati anaknya. "Kalau saja kami kaya, aku akan membayar untuk menyelamatkan putriku dari eksekusi. Jika Anda miskin, Anda tidak mendapatkan keadilan," ujarnya.

Selain tak ingin ditutup matanya dan enggan diborgol, Mary Jane juga meminta dirinya dikubur dengan mengenakan gaun berwarna putih, plus mendapat sentuhan make-up dari kakak-kakaknya.

Celia juga mengungkap, Mary Jane punya pesan khusus buat kedua putra yang dia tinggalkan. Ini bunyi pesannya.

Saling mengasihi, tidak berantem.Ayahmu memiliki istri lain dan saya akan pergi. Jika Anda gaduh, saya akan mencubit Anda. Jika Anda merasa sesuatu yang dingin, itulah aku.

Adik Mary Jane, Christopher juga sentimen dengan 'program' eksekusi mati Indonesia yang harus melibatkan kakaknya. "Karena kami miskin mereka tidak berada di pihak kami. Tapi seperti kata Mary Jane, kami tidak harus marah pada orang-orang yang melakukan ini padanya," ucap Christopher. (adk/jpnn)

http://www.jpnn.com/read/2015/04/29/...kan-Gaun-Putih
Diubah oleh comANDRE
0 0
0
5 Kisah Mengharukan Mary Jane yang Akhirnya Batal Dieksekusi Mati
29-04-2015 01:54
salut sama pak presiden
0 0
0
5 Kisah Mengharukan Mary Jane yang Akhirnya Batal Dieksekusi Mati
29-04-2015 01:59
Ternyata JKW masih punya nurani...
0 0
0
5 Kisah Mengharukan Mary Jane yang Akhirnya Batal Dieksekusi Mati
29-04-2015 02:00
ada saksi baru
Pk lagi
0 0
0
5 Kisah Mengharukan Mary Jane yang Akhirnya Batal Dieksekusi Mati
29-04-2015 02:02
Nyimal aja lah gua gan .
0 0
0
5 Kisah Mengharukan Mary Jane yang Akhirnya Batal Dieksekusi Mati
29-04-2015 02:10
klo berdasarkn pengamatan sih, emag bener murni Mary Jane ini korban gan, mkany bnyak yg protes juga, dia basisnya TKW, asalny dari Malay, trus dikemariin, eh ketangkep basah di sini,, Jadi, perlu dipertimbangknlah, ga mesti dieksekusi, tapiii klo memang benar adanya, bhwa meri jen ini trbukti sebagai Pengedar/Kurir apalah namany, yg secara sengaja menyebarkn Narkoba, baruuu eksekusi aja. emoticon-Big Grin
0 0
0
5 Kisah Mengharukan Mary Jane yang Akhirnya Batal Dieksekusi Mati
29-04-2015 02:11
hukum matilah yg pantas dihukum mati...kapan saja bisa dilaksanakan,
tapi kalo benar2 Mary Jane tidak bersalah, ya bebaskanlah..

prinsip kejujuran hukum harus dikedepankan


http://nasional.kompas.com/read/2015...campaign=Khlwp
Diubah oleh bentur.lantai02
0 0
0
5 Kisah Mengharukan Mary Jane yang Akhirnya Batal Dieksekusi Mati
29-04-2015 02:13
Spider Man habis dateng ke Mephisto buat nunda eksekusi Mary Jane emoticon-Hammer emoticon-Ngakak (S)
lg bikin kontrak baru ama Mephisto penguasa neraka biar Mary Jane ada peluang lolos dr eksekusi emoticon-Big Grin
0 0
0
5 Kisah Mengharukan Mary Jane yang Akhirnya Batal Dieksekusi Mati
29-04-2015 02:27
Sebener nya jadi gak sih bray,isi berita nya kok membingungkan
Diubah oleh kalibaros
0 0
0
5 Kisah Mengharukan Mary Jane yang Akhirnya Batal Dieksekusi Mati
29-04-2015 02:33
Malu gwe...
ternyata philiphina lebih hebat dari indonesia, demi menyelamatkan 1 nyawa penduduknya mereka melakukan segala hal termasuk skenario penyerahan diri pelaku human trafiking perekrut merry jane. kalo memang korban kenapa ngajuin grasi? kan grasi artinya "mengakui perbuatan dan meminta keringanan hukuman?" kenapa ga dari dulu??

PHILIPHINA ternyata lebih besar dari INDONESIA
emoticon-Berduka (S)
0 0
0
5 Kisah Mengharukan Mary Jane yang Akhirnya Batal Dieksekusi Mati
29-04-2015 02:33
jadi serem bagaimana kalo ada orang asing dengan sengaja memasukkan narkoba ke dalam tas kalian

terus kalian ketangkap basah dan dieksekusi mati emoticon-Hammer2
0 0
0
5 Kisah Mengharukan Mary Jane yang Akhirnya Batal Dieksekusi Mati
29-04-2015 02:42
Bakalan PK lagi nih
0 0
0
5 Kisah Mengharukan Mary Jane yang Akhirnya Batal Dieksekusi Mati
29-04-2015 02:53
Quote:Original Posted By ivan1311
klo berdasarkn pengamatan sih, emag bener murni Mary Jane ini korban gan, mkany bnyak yg protes juga, dia basisnya TKW, asalny dari Malay, trus dikemariin, eh ketangkep basah di sini,, Jadi, perlu dipertimbangknlah, ga mesti dieksekusi, tapiii klo memang benar adanya, bhwa meri jen ini trbukti sebagai Pengedar/Kurir apalah namany, yg secara sengaja menyebarkn Narkoba, baruuu eksekusi aja. emoticon-Big Grin


kalo menurut ane pribadi, KALO memang si terpidaan ini adalah MURNI korban perdagangan manusia dan MURNI menjadi kurir tanpa sepengetahuan dia, ok ok, silahkan bebaskan dari hukuman mati TAPI FAKTA yang membuktikan kalo dia membawa narkoba ke indonesia gak bisa dilupakan. Silahkan hukum sepantasnya, penjara puluhan tahun sampai seumur hidup mungkin.

TAPI kalo sampe yang menyerahkan diri di filipin itu cuma skenario palsu pemerintah filipin hanya demi membebaskan warganya dari hukuman mati, indonesia silahkan gempur filipin abis2an.
0 0
0
5 Kisah Mengharukan Mary Jane yang Akhirnya Batal Dieksekusi Mati
29-04-2015 03:06
Quote:Original Posted By charlies280590


kalo menurut ane pribadi, KALO memang si terpidaan ini adalah MURNI korban perdagangan manusia dan MURNI menjadi kurir tanpa sepengetahuan dia, ok ok, silahkan bebaskan dari hukuman mati TAPI FAKTA yang membuktikan kalo dia membawa narkoba ke indonesia gak bisa dilupakan. Silahkan hukum sepantasnya, penjara puluhan tahun sampai seumur hidup mungkin.

TAPI kalo sampe yang menyerahkan diri di filipin itu cuma skenario palsu pemerintah filipin hanya demi membebaskan warganya dari hukuman mati, indonesia silahkan gempur filipin abis2an.


nah itu dia sih gan, dilema juga, mkanya buat meri jen ini aga banyak yg dukung, krna bnyak yg anggep dia korban, tp betul kata agan, mau dia tau ato ga, d kopernya ada narkoba, yaa tetep, narkobanya gede dan masuk daerah Indonesia, yaa mkanya kdu dihukum, tp harus d usut tuntas smpe akarny, ga cuma di meri jen, klo memang betul si meri jen ini ga tau ap2, kn dia bwa narkobanya banyak kn? ga mungkin ecek2 nihh, ini momentum buat memanifestasikan yg namanya ASEAN Political-Security Community, pemberantasan penyebaran narkoba di Asia Tenggara, semoga para pihaknya bisa bekerja maksimal, trlebih dari kecenderungan regionalisasi di Asia Tenggara ini, yg ditunjukkan dengan ASEAN Community..
0 0
0
5 Kisah Mengharukan Mary Jane yang Akhirnya Batal Dieksekusi Mati
29-04-2015 03:17
Bisa dibuat jadi film ini, kalau benar2 tidak bersalah.
0 0
0
5 Kisah Mengharukan Mary Jane yang Akhirnya Batal Dieksekusi Mati
29-04-2015 03:21
Quote:Original Posted By ivan1311


nah itu dia sih gan, dilema juga, mkanya buat meri jen ini aga banyak yg dukung, krna bnyak yg anggep dia korban, tp betul kata agan, mau dia tau ato ga, d kopernya ada narkoba, yaa tetep, narkobanya gede dan masuk daerah Indonesia, yaa mkanya kdu dihukum, tp harus d usut tuntas smpe akarny, ga cuma di meri jen, klo memang betul si meri jen ini ga tau ap2, kn dia bwa narkobanya banyak kn? ga mungkin ecek2 nihh, ini momentum buat memanifestasikan yg namanya ASEAN Political-Security Community, pemberantasan penyebaran narkoba di Asia Tenggara, semoga para pihaknya bisa bekerja maksimal, trlebih dari kecenderungan regionalisasi di Asia Tenggara ini, yg ditunjukkan dengan ASEAN Community..


nah kalo sampe permasalahannya udah di filipin, ane sih pesimis gan.
ok lah, banyak yang bilang kalo hukum di indonesia itu bisa diperjualbelikan, tapi filipin itu lebih mengerikan loh.
gak cuma hukumnya aja yang bisa dibeli, tapi orang dan sekalian setanah2nya bisa dibeli gan.
ane tau persis watak dan peringai orang filipin itu kayak apa, muka bisa alim tapi liciknya udah melebihi kecoak dan tikus.
makanya ane bilang, semoga ini bukan skenario palsu pemerintah filipin untuk ngebebasn warganya dari hukuman dordor di luar negeri.
0 0
0
5 Kisah Mengharukan Mary Jane yang Akhirnya Batal Dieksekusi Mati
29-04-2015 03:28
Thx Jokowi ... emoticon-Big Grin
0 0
0
5 Kisah Mengharukan Mary Jane yang Akhirnya Batal Dieksekusi Mati
29-04-2015 03:44
Quote:Original Posted By charlies280590


nah kalo sampe permasalahannya udah di filipin, ane sih pesimis gan.
ok lah, banyak yang bilang kalo hukum di indonesia itu bisa diperjualbelikan, tapi filipin itu lebih mengerikan loh.
gak cuma hukumnya aja yang bisa dibeli, tapi orang dan sekalian setanah2nya bisa dibeli gan.
ane tau persis watak dan peringai orang filipin itu kayak apa, muka bisa alim tapi liciknya udah melebihi kecoak dan tikus.
makanya ane bilang, semoga ini bukan skenario palsu pemerintah filipin untuk ngebebasn warganya dari hukuman dordor di luar negeri.


beuh? agan kyany pemerhati pilipin? ato emag agan tnggal dsana? emoticon-Bingung (S)
iya juga sih gan, namanya juga politik, ini maa cuma kuat2an citra aja, ntar liat aj siapa yg menang, citra kita, ato sana, yg nilai negara lain, terlalu naif lah, bela2in ini itu, buat cuma seorang doang, demi keadilanlah ini itu, tp intinya pasti ke citra, Indonesia pgn d liat d mata dunia bhwa dia perang thdp narkoba, Filipin pgn liatin k dunia bhwa dia peduli warganya dan membuktikan kebenaran dan keadlian.. emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
5 Kisah Mengharukan Mary Jane yang Akhirnya Batal Dieksekusi Mati
29-04-2015 03:52
Quote:Original Posted By ivan1311

beuh? agan kyany pemerhati pilipin? ato emag agan tnggal dsana? emoticon-Bingung (S)
iya juga sih gan, namanya juga politik, ini maa cuma kuat2an citra aja, ntar liat aj siapa yg menang, citra kita, ato sana, yg nilai negara lain, terlalu naif lah, bela2in ini itu, buat cuma seorang doang, demi keadilanlah ini itu, tp intinya pasti ke citra, Indonesia pgn d liat d mata dunia bhwa dia perang thdp narkoba, Filipin pgn liatin k dunia bhwa dia peduli warganya dan membuktikan kebenaran dan keadlian.. emoticon-Cape d... (S)


ane bukan pemerhati pilipin gan, tapi kebetulan punya pengalaman yang gak enak pas ke filipin, meskipun cuma singgah doang beberapa hari.
kalo sampe tinggal di filipin sih ane gak pernah gan.
yah makanya itu dia, kalo sampe terbukti si emje ini bersalah, silahkan didor seperti yang lainnya...
toh denger2 bakalan ada gelombang ke3 kan yah taun ini...
dan kalo si perancis juga ditolak bandingnya, juga bakalan gabung ke gelombang 3 yah kalo gak salah
0 0
0
5 Kisah Mengharukan Mary Jane yang Akhirnya Batal Dieksekusi Mati
29-04-2015 04:15
Ane cukup bersyukur sampai ada yang komentar "Ini pencitraan Jokodok" emoticon-Big Grin

emoticon-fuck2
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia